Biar Nggak Cuma Nonton Kartun, Ini 5 Alternatif Situs Edukasi Seru untuk Anak

Nimas Disri . July 23, 2020

Foto: Reading Rockets

Teknologi.id - Beberapa orang tua mungkin bingung jika harus memilih situs yang sesuai untuk anak-anak, apakah situs tersebut aman, menyenangkan, dan juga tepat diberikan untuk anak. Biar cepat, terkadang orang tua memutuskan untuk memberikan tayangan kartun yang dianggap ramah anak.

Namun sekarang, sebagai orang tua, kakak, atau paman/bibi, kamu tidak perlu bingung lagi memilih situs yang tepat untuk anak. Bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2020 ini, kami akan memberikan rekomendasi beberapa situs edukasi untuk anak yang tidak hanya belajar, tetapi juga bisa seru-seruan sambil bermain.

Baca Juga: 12 Situs Belajar Coding Gratis yang Wajib Kamu Coba

Selain itu, kamu bisa mengawasi sekaligus ikut bermain bersama karena materi pembelajarannya seru dan dijamin tidak membosankan. Yuk, simak kelima situs menarik ini!

1. ABCmouse.com

Foto: ABCmouse.com

Situs ini merupakan situs pembelajaran untuk anak-anak berusia 2-8 tahun. ABCmouse.com memiliki lebih dari 1.000 jenis aktivitas yang bisa diikuti oleh anak-anak, seperti membaca, mendengarkan musik, bermain game, mewarnai, dan lain sebagainya.

Situs ini memberikan hasil yang langsung untuk setiap aktivitas yang dikerjakan oleh anak. Jadi, kamu bisa sekaligus memantau perkembangan kognitif mereka di ABCmouse.com. Situs ini mengharuskan kamu berlangganan dengan biaya US$9,95 per bulan. Namun, kamu bisa menjalani masa coba satu bulan gratis sebelum akhirnya berbayar. 

2. International Children's Digital Library (ICDL)

Foto: ICDL

Situs ini merupakan situs perpustakaan daring gratis untuk anak berusia 3-13 tahun. Buku-buku anak yang tersedia di sini hadir dalam 59 bahasa dan bisa diakses langsung tanpa akun sehingga memudahkan anak-anak untuk berbagi bacaan. 

Fitur yang tersaji di situs ini juga dibuat semudah dan seramah mungkin untuk anak, sehingga mereka dapat memilih sendiri buku-buku kesukaan bahkan mengelompokkannya berdasarkan genre favorit. 

International Children's Digital Library ini dikembangkan oleh University of Maryland, College Park dan didirikan pada tahun 2002 oleh Benjamin B. Bederson. 

3. Disney Junior

Foto: Disney

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh-tokoh pencipta kebahagiaan masyarakat dunia ini? 

Sebuah situs diluncurkan Disney untuk membantu anak mengasah memori, koordinasi tangan dan mata, pencocokan warna, hingga keterampilan untuk mengembangkan pikiran. Situs Disney Junior ini menawarkan aktivitas mewarnai dan beberapa video menarik untuk dinikmati anak-anak. Bahkan anak-anak bisa membuat cupcakes hingga dekorasi dinding kamar, lho. Menarik bukan? 

4. Coolmath4kids

Foto: Coolmath4kids

Matematika menyeramkan? Mungkin kamu belum bertemu dengan Coolmath4kids. Anak-anak pasti akan semangat belajar matematika jika materi pembelajaran dibawakan secara fun dan mudah seperti yang ditawarkan oleh Coolmath4kids ini. 

Di situs ini, anak-anak dapat memainkan game matematika yang membantu mereka dalam melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lain sebagainya. Tema yang diusung setiap permainan juga unik, dijamin tidak membuat anak-anak cepat bosan. 

5. the Kidz Page

Foto: the Kidz Page

Situs ini memiliki 5.000 jenis aktivitas bermain dan belajar untuk anak. the Kidz Page menawarkan teka-teki puzzle, mewarnai, hingga permainan kata. Menariknya, jenis permainan akan berbeda-beda sesuai dengan tema yang diangkat. Dijamin seru!

Situs ini sangat cocok menjadi referensi untuk mengisi waktu luang anak, baik saat sekolah maupun saat liburan. 

Baca Juga: 8 Skill IT yang Dibutuhkan Pada Tahun 2021

Kelima situs di atas memiliki penawaran masing-masing yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi di situasi pandemi seperti saat ini, anak -anak pastinya menghabiskan banyak waktu di rumah dan memerlukan banyak alternatif permainan yang seru tetapi juga mengedukasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(nd)

Share :