Alasan Kenapa HP Dicas Malah Berkurang, Ada Solusinya!

Maudita . April 14, 2022


Charger HP Android

Foto: Pikiran Rakyat


Teknologi.id - Kenapa HP dicas malah berkurang? Kejadian ini sering kali terjadi dan menjadi masalah utama pemilik HP, khususnya Android.


Jika permasalahan tersebut tidak ditangani dengan baik, maka efeknya akan sangat berpengaruh pada performa HP kesayangan.


Lantas, apa yang menjadi alasan saat HP dicas, tetapi malah berkurang persentase baterainya? Ini perlu Anda cari tahu sebagai pemilik HP.


Ada berbagai alasan kenapa HP dicas malah berkurang, salah satu paling umum adalalh kabel data rusak.


Beberapa orang masih memakai kabel data tidak resmi untuk HP miliknya. Meski sepele, tapi hal tersebut mampu memicu kerusakan, hingga HP pun sulit bertambah baterainya saat dicas.


Masih ada alasan lain kenapa HP dicas malah berkurang. Selain itu, adapun cara untuk mengatasinya. Yuk, simak penjelasan berikut!

Alasan kenapa HP dicas malah berkurang

Setelah mengetahui bahwa kabel data rusak menjadi salah satu alasan kenapa HP dicas malah berkurang, di bawah ini terdapat alasan lain yang perlu diketahui, yaitu:

1. Port USB kotor

Port USB kotor masuk ke dalam alasan kenapa HP dicas malah berkurang. Menjaga kondisi HP supaya tetap tampil bagus dan baik memang penting.


Namun, menjaga kebersihannya pun tak kalah pentingnya. Port USB kotor merupakan salah satu hasil dari ketidakpedulian pemilik HP pada kebersihan.


Port USB yang kotor bukan hanya menghambat pertambahan baterai HP saat ingn dicas, tetapi juga berisiko membuat bagian lain pada HP terkena kotoran. Bila ini terjadi, HP akan cepat rusak.

2. Dicas sambil dipakai

Kebiasaan umum pemilik HP adalah menggunakannya saat sedang dicas. Memang, beberapa pekerjaan mengharuskan para pekerja memakai HP-nya 24 jam non-stop.


Namun, Anda juga harus tahu batasan kapan HP perlu didiamkan untuk dicas saja dan kapan bisa dimainkan.


Kestabilan pemakaian seperti ini dapat menjaga kesehatan baterai HP. Karena, ketika Anda memainkan HP sambil dicas, pengisian daya jadi tidak efektif.

3. HP mengalami error

Alasan lain kenapa HP dicas malah berkurang juga bisa saja terjadi, karena alat elektronik Anda mengalami error.


Contohnya, ketika sedang mengisi daya HP, persentase terhenti di angka 80 persen saja, tidak menunjukkan terjadinya kesalahan.


Baca juga: 5 Cara Mengatasi APK Tidak Terpasang Khusus Android

Cara mengatasi kenapa HP dicas malah berkurang

Dari tiga alasan di atas mengenai kenapa HP dicas malah berkurang, tentu Anda ingin mengetahui bagaimana cara mengatasinya.


Beberapa langkah di bawah ini bisa Anda lakukan. Disarankan untuk mengikuti cara mengatasi kenapa HP dicas malah berkurang ini di HP Android, buka iOS.

1. Bersihkan port USB

Port USB yang terletak di HP harus rajin Anda bersihkan. Sebab, port USB bersih mampu meningkatkan performa HP dari segi mengisi daya.


Namun, pastikan untuk berhati-hati saat membersihkannya. Di dalam port USB terdapat konektor untuk menghubungkannya dengan kabel daya. Bentuknya yang kecil dan tipis membuatnya sangat rentan patah.


Apabila ingin membersihkannya, gunakan benda kecil dan usahakan bertekstur halus seperti tisu.


Anda juga bisa membawanya ke tempat servis untuk membersihkan atau mengganti port USB saat terjadi kerusakan.

2. Bersihkan ujung kabel pengisi daya

Hampir mirip dengan cara membersihkan port USB, ujung kabel pengisi daya pun perlu diperhatikan.


Jika terlihat kotor atau ada kotoran menumpuk, sebaiknya bersihkan sesegera mungkin. Bila kotoran hanya sekadar debu, maka bersihkanlah menggunakan tisu kering.


Sebaliknya, jika kotoran sampai menempel dengan kabel pengisi daya, gunakanlah kertas ampas yang tidak terlalu kasar. Gunakan dengan hati-hati, agar tidak merusak bagian lainnya.

3. Hindari pengisian saat HP dalam keadaan panas


Alasan kenapa HP dicas malah berkurang adalah karena Anda melakukannya saat perangkat dalam keadaan panas.


HP yang kondisinya panas akan lebih lama proses pengisian baterai. Ini dikarenakan daya yang dihasilkan akan lebih tinggi.


Untuk itu, sebaiknya diamkan HP selama beberapa menit atau Anda bisa mematikannya. Setelah agak reda panasnya, silakan nyalakan dan isi daya HP kembali.

4. Ganti adapter dan kabel pengisi daya

Penting diketahui, bahwasannya menggunakan adapter dan kabel tidak resmi mampu mengambat proses pengisian daya baterai HP.


Sebab, adapter dan kabel tidak sinkron dengan apa yang dibutuhkan oleh HP. Selain itu, jika HP sudah terlalu lama memakai pengisi daya tak resmi, besar kemungkinan salah satu performa pada sistem menurun.

5. Bawa HP ke service center

Cara mengatasi kenapa HP dicas malah berkurang yang terakhir adalah membawanya ke service center. Langkah ini menjadi cara terakhir setelah semua hal di atas tidak lagi memberikan efek perbaikan.


Bisa jadi, permasalahan utama HP tidak bertambah saat mengisi daya karena ada masalah pada IC charger.


IC charger berfungsi untuk menghantarkan daya. Jika komponen ini rusak, maka hanya pekerja ahli saja yang dapat memperbaikinya.



(mdt)

Share :