Kamu akan mudah tersesat dan kesulitan jika belum berpengalaman dalam bahasa desain. Untuk membuatnya mudah, berikut ini adalah kumpulan istilah UX yang harus diketahui setiap desainer sebelum berkarir lebih jauh.
25 Istilah UX yang Perlu Diketahui Setiap Desainer (Bag.1)
1. Persona
Sering dianggap sebagai istilah marketing, istilah ini sering digunakan dalam desain UX juga. Persona adalah profil pengguna yang kamu kembangkan untuk mendapatkan ide tentang apa yang diinginkan audiens. Misalnya, kamu tidak boleh mendesain situs web untuk manula dengan elemen desain yang menarik bagi millennial. Oleh karena itu, deskripsi satu atau dua halaman dari audiens-mu yang mencakup tujuan, pola perilaku, informasi latar belakang, sikap, keterampilan, dan lingkungan kerja sangat penting.2. End User
Bisnis berbasis layanan memiliki klien. Seorang desainer UX, bagaimanapun, memiliki audiens yang berbeda: pengguna akhir atau end user. Inilah orang-orang yang akan kamu rancang. Jadi, sementara studio desain UX memiliki klien, orang-orang di ujung rantai yang berinteraksi dengan desain adalah pengguna akhir.Baca juga: 12 Tren User Experience (UX) Terpopuler di Tahun 2019 (Bag. 1)
3. Pain Point
Pain point adalah masalah yang dihadapi pengguna yang menciptakan gesekan dalam aliran pengguna tertentu. Setelah desainer mengidentifikasi ini, mereka dapat membuat desain yang ramah pengguna. Studi kasus UX membagikan bagaimana pain point pengguna digali dan bagaimana desain menyelesaikannya, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:4. User Research
User Research atau riset pengguna adalah salah satu istilah desain UX yang lebih jelas. Ini semua adalah penelitian yang kamu lakukan untuk memahami pengguna akhir-mu dengan lebih baik. UX Booth mendefinisikan penelitian pengguna sebagai "berbagai metode investigasi yang digunakan untuk menambah konteks dan wawasan untuk proses desain." Proses ini menggabungkan tugas analitis seperti penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif berkaitan dengan pengumpulan data numerik untuk memahami perilaku pengguna. Di sisi lain, penelitian kualitatif adalah upaya deskriptif untuk memahami masalah, motivasi, pendapat, dan alasan audiens target melalui proses seperti wawancara. [embed]5. Elemen UI
Elemen User Interface (UI) atau antarmuka pengguna adalah item virtual pada antarmuka situs web yang memungkinkan pengguna untuk terlibat dengan desain. Contoh item tersebut termasuk tombol, panah slider, bilah navigasi, daftar dropdown, kotak pesan, dan apa pun yang memungkinkan pengguna untuk bernavigasi melalui situs web.6. User Centered Design (UCD)
Istilah UX lain yang sering digunakan adalah desain yang berpusat pada pengguna. Ini menekankan pengguna akhir di seluruh proses desain dan pengembangan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan desain yang selaras dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Untuk tujuan ini, UCD berputar secara terus menerus meneliti, menguji, dan memeriksa fitur-fitur di dalam produk untuk menghasilkan desain yang menarik bagi pengguna. [embed]Baca juga: 12 Tren User Experience (UX) Terpopuler di Tahun 2019 (Bag. 2)
7. Pengalaman Arsitektur
Pengalaman arsitektur adalah peta yang menjabarkan garis besar jalur yang akan diambil pengguna dari awal hingga tujuan yang dituju. Ini adalah kombinasi dari beberapa proses UX dan desain:- Arsitektur informasi : menata dan mendesain model informasi
- Desain interaksi : mengembangkan struktur dan pola tindakan atau perilaku untuk desain dan penggunanya
- Desain pengalaman : mengetahui bagaimana suatu desain akan berfungsi di berbagai platform