Google One Lite Hadir Sebagai Paket Langganan Google Versi Mini, Indonesia Kebagian!

Vanessa Netanya . September 12, 2024

Google One Lite
Foto: Beebom

Teknologi.id - Secara tidak terduga, Google merilis paket berlangganan Google One Lite pada Selasa (10/9/2024). Paket ini menjadi versi 'mini' dari paket berlangganan Google One yang biasanya.

Google One menawarkan paket berlangganan untuk menambah tempat penyimpanan eksklusif, termasuk Gmail, Google Drive, dan Google Photos. Tempat penyimpanan tersebut dinamakan Cloud Storage. Terdapat juga fitur premium lainnya yang dapat diakses, seperti Google Workspace dan Gemini AI.

Baca juga: Tak Perlu Bingung, Ini Tips Pakai Google Gemini untuk Pemula


Sebelumnya, Google One menawarkan paket dengan penyimpanan 100 GB, 200 GB, hingga 2 TB. Kini muncul pilihan paket dengan harga yang lebih terjangkau dan tempat penyimpanan yang lebih sedikit.

Awal kemunculan Google One Lite terlihat dalam beberapa server Google dalam jumlah terbatas. Sesuai dengan keterangan dari The Indian Express, beberapa akun memiliki akses coba gratis paket berlangganan yang baru, dikutip pada Jumat (13/9/2024).

Google One Lite hanya menyediakan fitur berupa tempat penyimpanan tambahan hingga 30 GB, dari tempat penyimpanan gratis dengan jumlah 15 GB. Walaupun tidak sebanyak penyimpanan yang lain, penawaran ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang ingin menambah sedikit ruang tambahan.

Namun, versi Lite tidak menyediakan fitur berbagi penyimpanan dengan pengguna lain. Pada paket berlangganan lainnya, pengguna dapat berbagi akses penyimpanan dengan 5 orang lainnya.

(Perbandingan paket Google One Lite dan Basic. Foto: 9To5Google)

Untuk saat ini, pengguna yang kedapatan masa uji coba dapat mengakses paket Lite secara gratis selama sebulan. Harga aslinya ditetapkan pada 59 Rupee per bulan (sekitar Rp11 ribu). Sementara itu, paket Google One Basic di Indonesia dibanderol mulai dari Rp26.900.

Google telah mengonfirmasi fitur ini akan ditambahkan ke pengguna terbatas di berbagai negara lainnya, seperti Brasil, Meksiko, dan Indonesia.

Namun, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kesamaan fitur dan kapan Google One Lite dapat dirasakan oleh pengguna lain di luar India.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(vn)

Share :