Tiga Fitur Baru WhatsApp yang Bantu Pelaku Bisnis di Indonesia

Zoyabelle Ratu Arbian . August 23, 2024


Sumber : WhatsApp Business


Teknologi.id - Aplikasi komunikasi milik Meta, WhatsApp khususnya WhatsApp business meluncurkan tiga fitur terbaru untuk mendukung bisnis di Indonesia.

Vice President of Southeast Asia and Emerging Markets Meta, Benjamin Joe, mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang menerima fitur Meta Verified (Verifikasi Meta) pada Juni 2024 secara bertahap di tiap pengguna.

Pada hari Kamis (22/8/2024), di acara WhatsApp Business Summit di The Ritz-Carlton Jakarta, Joe pun berkata verifikasi Meta untuk WhatsApp Business dihadirkan untuk UMKM di Indonesia yang memenuhi syarat. Ia menambahkan bahwa badge atau lencana bisnis yang terverifikasi dapat membantu meningkatkan citra usaha.

Baca juga: WhatsApp Akan Dilengkapi Fitur Username dengan PIN untuk Cegah Spam

Selain itu, bisnis yang menggunakan fitur Meta Verified akan menerima dukungan akun tingkat lanjut juga multi-device yang dapat digunakan anggota karyawan. Lencana centang biru ini akan tampil di profil dan halaman WhatsApp Channels dan Business mereka, sehingga dengan mudah dapat dilihat di media sosial.

Fitur berikutnya yang juga sangat membantu adalah Business Call, yang memungkinkan akun bisnis berskala besar di WhatsApp untuk menerima dan melakukan panggilan telepon langsung dengan pelanggan.

Fitur ini diharapkan dapat memfasilitasi komunikasi yang lebih cepat dan efisien, terutama dalam menanggapi pertanyaan atau masalah yang memerlukan penjelasan langsung.

Dengan adanya Business Call, pelaku usaha dapat memberikan layanan yang lebih personal dan responsif, membagikan informasi yang dibutuhkan dengan akurat, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Fitur ini akan menjangkau lebih banyak bisnis dalam waktu dekat. Saat ini, bisnis yang sudah menggunakan WhatsApp Business Call adalah akun milik MyRepublic.

Fitur terakhir yang patut dinantikan adalah Meta AI yang dapat memudahkan interaksi bisnis dan pelanggan. Dengan penerapan AI, WhatsApp berharap dapat menciptakan platform perpesanan yang meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan para pengguna.

Public Policy WhatsApp Asia Pacific, Esther Samboh mengungkapkan usaha WhatsApp dalam pengembangan Meta AI dan segera meluncurkan fitur tersebut di Indonesia.

Dengan adanya Meta AI, bisnis dapat menjangkau lebih banyak pelanggan sekaligus memberikan layanan yang konsisten dan berkualitas.

Baca juga: Deretan Fitur-fitur Terbaru WhatsApp 2024: Revolusi Komunikasi di Era Digital

Ketiga fitur baru tersebut dapat dipastikan memberikan manfaat yang berguna bagi keberlangsungan usaha di Indonesia. Centang biru membantu dalam membangun kredibilitas usaha dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Fitur Business Call dapat menjadi media pelaku usaha untuk memberikan informasi yang dibutuhkan konsumennya dengan cepat dan tepat. Terakhir, penerapan AI dalam suatu usaha tentunya memberikan kemudahan yang lebih mendasar yang tak perlu diragukan lagi, hingga dapat meningkatkan efisiensi dalam operasional.

Dalam konteks persaingan bisnis yang semakin ketat, penggunaan teknologi canggih seperti yang ditawarkan oleh WhatsApp Business dapat menjadi keunggulan kompetitif.

Pelaku usaha yang mampu memanfaatkan fitur-fitur ini dengan baik dapat meningkatkan kualitas layanan mereka dan pada akhirnya, memperkuat posisi mereka di pasar.

Dengan perkembangan ini, WhatsApp Business tidak hanya menjadi alat komunikasi, tetapi juga platform yang memberdayakan bisnis untuk berkembang di era digital.

Pelaku usaha di Indonesia sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk mengintegrasikan fitur-fitur ini ke dalam strategi bisnis mereka guna mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan dan mencapai keberlanjutan usahanya.

Baca berita dan artikel lainnya di : Google News.

Share :