Ternyata Lingkaran Hijau, Tosca, dan Biru Saat Mengisi Daya Samsung Ada Artinya

Sekar Arum Pangastuti . September 23, 2024
sumber: samsung.com


Teknologi.id – Saat melakukan pengisian daya di HP Samsung, layar HP Anda akan menampilkan animasi lingkaran bewarna hijau, tosca, dan biru sekaligus ikon satu petir dan dua petir. Ternyata animasi lingkaran bewarna hijau, tosca, dan biru serta ikon satu petir dan dua petir saat melakukan pengisian daya pada HP Samsung tersebut punya arti lho.

Warna dan jumlah ikon petir pada pengisian daya HP Samsung menandakan indikator kecepatan pengisian daya yang berbeda. Dikutip dari KompasTekno, Samsung mulai menerapkan indikator fast charging pada HP dengan sistem operasi (user interface/ UI) OneUI 5.0.

Menurut diskusi di laman Komunitas Samsung, saat ini Samsung memiliki tiga kecepatan pengisian berbeda yaitu 15w, 25w, dan 45w yang masing-masing ditandai dengan warna yang berbeda. Berikut ini arti warna beserta penjelasannya:

Baca Juga: Samsung Galaxy S25 Ultra Akan Hadir dengan Konektivitas Satelit

-          Lingkaran hijau dengan satu ikon petir menandakan HP Samsung Anda mendukung fitur Fast Charging 15 watt. Artinya, HP Samsung Anda diisi daya dengan kecepatan 15 watt. Jika baterai Samsung Anda berkapasitas 5000 mAh, maka baterai akan terisi penuh dalam waktu 2 jam 30 menit.

-          Lingkaran tosca dengan dua ikon petir menandakan HP Samsung Anda mendukung fitur Super Fast Charging 25 watt. Artinya, HP Samsung Anda diisi daya dengan kecepatan 25 watt. Jika baterai Samsung Anda berkapasitas 5000 mAh, maka baterai akan terisi penuh dalam waktu 80 hingga 100 menit.

-          Lingkaran biru dengan dua ikon petir menandakan HP Samsung Anda mendukung fitur Super Fast Charging 2.0 45 watt. Artinya, HP Samsung Anda diisi daya dengan kecepatan 45 watt. Jika baterai Samsung Anda berkapasitas 5000 mAh, maka baterai akan terisi penuh dalam waktu 50 hingga 60 menit.

Kecepatan pengisian daya di atas dipengaruhi oleh jenis HP, adapter, dan kabel yang digunakan untuk mengisi daya. Sebagian besar HP Samsung Entry level dan Middle Range sudah mendukung pengisisan daya Super Fast Charging 25 watt. Sedangkan fitur pengisian daya Super Fast Charging 2.0 45 watt hanya tersedia untuk HP Samsung Flagship seperti Galaxy S series, Galaxy Flip, Galaxy Z Fold, dsb.

Baca Juga: Riset Counterpoint: Xiaomi Ungguli Apple, Samsung Masih Top 1

Akan tetapi, meski HP Samsung Anda sudah mendukung fitur Super Fast Charging, terdapat beberapa kasus di mana HP Samsung Anda diisi daya dengan kecepatan 15 watt.  Pertama, Anda melakukan pengisian daya menggunakan adapter yang tidak mendukung fitur Super Fast Charging. Kedua, Anda belum menghidupkan fitur Super Fast Charging. Cara mengetahuinya adalah ketika hanya terdapat satu ikon petir ketika sedang melakukan pengisian daya di HP Samsung Anda. Jika kasus ini terjadi, Anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu fitur Super Fast Charging di HP Anda. Berikut caranya:

-          Buka “Setting” di HP Samsung Anda.

-          Pilih opsi “Battery”.

-          Pilih opsi “Charging Setting”.

-          Ketuk tombol “Fast Charging” untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Sebenarnya, Samsung telah mengaktifkan fitur tersebut secara bawaan. Akan tetapi, fitur tersebut bersifat opsional alias bisa dihidupkan atau dimatikan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(sap)

Share :