Teknologi.id - Baru-baru ini, sejumlah pengguna smartphone Samsung Galaxy di seluruh dunia melaporkan telah menerima notifikasi misterius dari aplikasi Find My Mobile.
Dilansir dari laman The Verge, Jumat (21/2/2020), isi notifikasi itu hanya menampilkan dua angka '1' yang disusun vertikal. Setelah dibuka, pesan itu secara otomatis menghilang, sehingga pengguna tidak bisa mengetahui apa yang sedang terjadi.
Hal ini sontak membuat pengguna Samsung Galaxy khawatir, lantaran aplikasi ini biasa digunakan untuk melacak lokasi smartphone, menghapus data perangkat, hingga memblokir akses ke Samsung Pay.
Mereka khawatir bahwa pesan ini menunjukkan jika data pribadi mereka telah bocor, ataupun perangkatnya telah dihack.
Baca juga: Android 11 Versi Developer Resmi Dirilis, Ini Dia Fitur-fitur Barunya
Para pengguna pun beramai-ramai membagikan keluhan tersebut di media sosial Twitter.
Anyone else get that find my mobile push notification that just about gave me a heart attack?
— Josh Broom (@BroomDoom) February 20, 2020
Jesus christ Samsung
Penjelasan SamsungAw shit I got this weird "find my mobile" notif and my dumb ass clicked on it and nothing happened but I'm lowkey creeped out now
— Heaven's lust (@SusetheViktoria) February 20, 2020
Samsung sendiri menyadari bahwa kejadian ini membuat khawatir pengguna. Oleh karena itu, perusahaan segera memberikan informasi pada para pengguna mengenai apa yang sebenarnya terjadi.
Melalui akun Twitter resmi Samsung Inggris, perusahaan mengatakan notifikasi itu dikirim secara tidak sengaja pada pengguna selama uji coba internal.
Tidak dijelaskan pengujian apa yang sedang dilakukan oleh Samsung. Namun, perusahaan meyakinkan pengguna bahwa pesan tersebut tidak akan memberikan dampak apapun ke perangkat mereka.
Baca juga: Beda Spesifikasi Mi Note 10 dan Mi Note 10 Pro, Selisih Rp 800 Ribu Mending Pilih Mana?
Recently, a notification about “Find My Mobile 1” occurred on a limited number of Galaxy devices. This was sent unintentionally during an internal test and there is no effect on your device. We apologize for any inconvenience this may have caused our customers. ^LF
— Samsung Help UK (@SamsungHelpUK) February 20, 2020
(dwk)