Mix Flip, Gadget Terbaru Keluaran Xiaomi, Simak Kelebihannya!

Muhammad Haris Aminan . September 27, 2024

mix flip
Foto: Xiaomi

Teknologi.id - Dalam merespon persaingan pasar global di industri gadget, Xiaomi mencoba mengikuti trend. Oleh sebab itu, terbaru Xiaomi resmi meluncurkan ponsel lipat terbarunya yakni Xiaomi Mix Flip dalam acara Xiaomi Event yang diselenggarakan di Tempodrom, Berlin, Jerman, pada Kamis (26/9/2024). Peluncuran ini menjadi debut ponsel lipat Xiaomi di pasar global dengan desain clamshell yang telah lebih dulu hadir di pasar Tiongkok pada bulan Juli lalu. Mix Flip merupakan ponsel pertama Xiaomi yang menggunakan desain lipatan vertikal, memberikan tampilan yang unik seperti cangkang kerang. Selain Mix Flip, Xiaomi juga meluncurkan Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro dalam acara yang sama.

Mengenai keunggulan, gadget ini menonjolkan salah satu kelebihannya yakni dari sisi layar. Mix Flip memiliki keunggulan dengan layar sekundernya yang berukuran besar, menutupi seluruh bagian belakang ponsel ketika dilipat. Jennifer Zheng, Product Marketing Manager Xiaomi International, mengungkapkan bahwa, 

"Mi Mix Flip memiliki layar sekunder 4 inci, terbesar di pasaran, dengan rasio 16:9 yang memberikan akses penuh ke berbagai aplikasi." 

Desain layar yang tipis pada bezel membuat penggunaan layar menjadi lebih intuitif, terutama ketika pengguna tidak perlu membuka layar utama untuk menjalankan aplikasi.

Selain keunggulan layarnya, Xiaomi Mix Flip juga dibekali dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 3, RAM 12 GB, dan penyimpanan internal 512 GB. Xiaomi memastikan performa ponsel tetap stabil dengan teknologi pendingin 3D vapor chamber. Ponsel ini hadir dengan layar utama OLED 6,86 inci yang mendukung resolusi 1,5K dan refresh rate 120Hz, serta tingkat kecerahan hingga 3.000 nits pada layar sekunder. Sementara itu, layar utama bagian dalam memiliki kecerahan maksimum 1.600 nits.

Adanya trend pasar dimana kualitas kamera gadget menjadi komoditas yang dicari  menjadikan Mix Flip juga mengebangkan fitur kameranya dengan dukungan dari Leica. Ponsel ini dilengkapi dengan dua kamera belakang, yaitu kamera utama 50 MP dengan OIS dan kamera telefoto 50 MP, sementara kamera depan beresolusi 32 MP. Teknologi kamera yang disematkan memberikan kualitas gambar yang tajam dan kaya detail, setara dengan seri flagship lainnya.

Foto: Xiaomi

Tidak hanya unggul dari beberapa aspek diatas,  Xiaomi juga menyadari akan adanya ekosistem AI yang semakin berkembang. Hal ini membuat pihak mereka beradaptasi dan menghadirkan fitur kecerdasan buatan dalam produk mereka. Mix Flip  membawa berbagai fitur AI yang dikembangkan bersama Google. Beberapa fitur yang dihadirkan antara lain AI Interpreter untuk penerjemahan bahasa real-time, AI Recorder untuk perekaman dan transkrip otomatis, serta AI Image Editing yang memudahkan pengguna untuk menghapus objek dalam foto hanya dengan satu sentuhan. Fitur-fitur ini menjadikan Mix Flip sebagai perangkat yang cocok bagi mereka yang membutuhkan fleksibilitas dan efisiensi dalam beraktivitas.

Pada aspek daya, ponsel ini ditenagai baterai berkapasitas 4.780 mAh yang didukung pengisian cepat 67 watt. Dengan kapasitas daya ini, pengguna dapat menggunakan ponsel lebih lama tanpa khawatir kehabisan baterai. Mix Flip juga berjalan di atas sistem operasi Android 14 dengan antarmuka HyperOS terbaru, yang menawarkan pengalaman pengguna yang lebih responsif dan cerdas.

Baca juga : 5 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik 2024: Performa Tangguh, Harga Terjangkau

Untuk menambah keamanan dan daya tahan, Xiaomi menyematkan pelindung Dragon Crystal Glass pada layar sekundernya. Engsel fleksibel pada ponsel ini memungkinkan Mix Flip dilipat dalam beberapa sudut, mulai dari 45 hingga 135 derajat, memberikan kenyamanan lebih saat digunakan dalam berbagai posisi.

Soal harga, Xiaomi Mix Flip tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Purple, White, dan Black. Untuk varian dengan RAM 12 GB dan penyimpanan 512 GB, ponsel ini dibanderol mulai dari 1.299 euro atau sekitar Rp 21,9 juta. Hingga saat ini, belum ada informasi mengenai peluncuran ponsel ini di pasar Indonesia.

Dengan spesifikasi premium, fitur canggih, dan dukungan AI yang kuat, Xiaomi Mix Flip menawarkan kombinasi sempurna antara desain inovatif dan performa tinggi, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang mencari smartphone lipat dengan teknologi terkini.

Baca berita dan artikel lain di Google News.

(mha)

Share :