Bypass Charging: Fitur Pengisi Daya Tanpa Melalui Baterai

Vanessa Netanya . September 03, 2024

bypass charging

Foto: KabarWarga


Teknologi.id - Tidak hanya melalui charger biasa, pengisian daya ponsel juga dapat dilakukan langsung menuju sistem ponsel tanpa melewati baterai terlebih dahulu. Proses ini dinamakan bypass charging.

Penggunaan teknologi bypass charging sudah ada sejak lama. Teknologi ini umumnya dipakai pada laptop, diperhitungkan dengan penggunaan yang dibutuhkan secara terus menerus.

Ponsel tenaga bypass pertama kali diluncurkan oleh Sony yang mengeluarkan Sony Xperia 1 II pada Februari 2020. Fitur ini disebut sebagai Heat Suppression Power Control, dikutip dari KompasTekno pada Selasa (3/9/2024).

Lantas, apa yang dimaksud dengan bypass itu sendiri? Berikut adalah penjelasan bypass charging secara lengkap.

Apa Itu Bypass Charging

Bypass charging adalah fitur pada beberapa perangkat elektronik, seperti smartphone, yang memungkinkan perangkat melakukan pengisian daya tanpa melewati baterai. Alih-alih mengisi daya baterai, energi dari sumber eksternal langsung digunakan untuk menjalankan perangkat.

Dengan begitu, baterai tidak mengalami beban tambahan. Hal ini membantu memperpanjang umur baterai dan mengurangi panas berlebih ketika ponsel digunakan pada saat pengisian daya.

Bypass memungkinkan ponsel dapat tetap hidup tanpa memiliki baterai. Proses pengisian daya yang langsung menuju sistem pada perangkat ini membuat baterai ponsel tidak akan bertambah.

Di sisi lain, ponsel yang terhubung pada pengisian bypass akan ikut mati ketika arus listrik terputus. Ponsel secara otomatis akan menjalankan perangkatnya dengan sisa baterai yang dimiliki.

Fitur ini dapat aktif ketika perangkat terhubung ke adaptor daya yang mendukung bypass charging. Umumnya, bypass diaktifkan ketika baterai perangkat sudah hampir penuh atau dalam kondisi tertentu, seperti saat perangkat digunakan untuk aktivitas yang memerlukan daya tinggi (misalnya, bermain game berat).

Kelebihan Bypass Charging

Bypass charging memiliki beberapa kelebihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemilik ponsel. Berikut adalah beberapa kelebihannya.

  • Memperpanjang umur baterai

Bypass charging memungkinkan perangkat untuk langsung menggunakan daya dari sumber eksternal tanpa mengisi ulang baterai. Hal ini dapat mengurangi siklus pengisian baterai yang berlebihan sehingga umur baterai bisa lebih panjang.

  • Mengurangi panas berlebih

Penggunaan intensif pada perangkat ketika sedang melakukan pengisian daya, seperti bermain game atau menjalankan aplikasi berat, membuat ponsel lebih cepat panas. Pengisian daya yang tidak perlu melewati baterai dapat membantu menjaga suhu perangkat tetap stabil dan nyaman digunakan.

  • Mengoptimalkan performa perangkat

Melalui fitur bypass, perangkat dapat menjalankan aplikasi atau game yang memerlukan daya tinggi dengan lebih lancar, tanpa khawatir daya baterai cepat habis.

  • Pengisian daya yang lebih aman

Bypass charging membantu mencegah pengisian berlebihan pada baterai, yang bisa mengurangi risiko kerusakan baterai atau masalah keamanan lainnya, seperti overheating.

Penggunaan Bypass Charging

Perlu diingat, penggunaan bypass harus diperhatikan oleh penggunanya. Gunakan fitur ini pada waktu yang tepat, sesuai dengan keperluan pada perangkat ponsel.


  • Saat bermain game berat atau menggunakan aplikasi yang membutuhkan daya tinggi

Penggunaan bypass yang paling direkomendasikan adalah ketika pengguna memainkan game berat atau menjalankan aplikasi yang membutuhkan daya tinggi. Bypass charging bisa membantu menjaga performa optimal perangkat tanpa membebani baterai dan mengurangi panas berlebih.


  • Saat baterai sudah hampir penuh 

Ketika baterai sudah mendekati kapasitas penuh, bypass charging dapat diaktifkan untuk mencegah pengisian berlebih. Hal ini juga dapat membantu memperpanjang umur baterai.


  • Saat menggunakan peranggkat dalam waktu lama

Bagi pengguna yang ingin menggunakan perangkat dalam waktu lama sambil tetap terhubung ke sumber daya eksternal, penggunaan bypass charging dapat membantu menghindari keausan baterai yang disebabkan oleh pengisian terus-menerus.

Baca juga: Baterai Penuh Tapi HP Android Tiba-tiba Mati? Begini Solusinya!

Ponsel yang Menggunakan Bypass Charging

Setelah kemunculannya pada perangkat Sony Xperia 1 II, bypass kembali dihadirkan pada ROG Phone 3 dan ZenFone 7. Walaupun tidak semua ponsel memiliki fitur ini, bypass banyak dihadirkan melalui berbagai merek dan jenis ponsel.

Beberapa rekomendasi ponsel yang menggunakan bypass antara lain:

  • Samsung Galaxy Z Fold6
  • Samsung Galaxy Z Flip6
  • vivo X Fold3 Pro
  • Seri Infinix Note 40
  • Seri Samsung Galaxy S24
  • Seri iPhone 15

Demikian penjelasan fitur bypass charging.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(vn)


Share :