UMKM Naik Kelas Gapai Pasar Global dengan Website

Novita Nurjannah . December 06, 2024

Sumber foto: Digipemad

UMKM memiliki peranan besar pada perekonomian negara seperti yang diungkapkan Sri Mulyani pada acara BRI Microfinance Outlook Maret 2024 lalu. Kontribusi UMKM terhadap PBD di Indonesia mencapai 61% dan ini jauh lebih tinggi dibandingkan negara ASEAN dan di selected G20. Tidak hanya sebagai penggerak perekonomian domestik, diharapkan UMKM juga bisa berkontribusi secara masif terhadap ekspor. Salah satu industri yang memiliki peluang besar dalam ekspor adalah industri fashion.  Bank Indonesia (BI) mencatat nilai ekspor komoditas modest fashion selama periode Januari - Juli 2024 mencapai 632,76 juta dolar AS, atau secara tahunan meningkat sebesar 3,38 persen. Pelaku bisnis di industri fashion harus bisa menangkap pertanda baik ini dengan menyiapkan strategi untuk memasuki pasar global. Salah satu strategi ampuh yang bisa dilakukan untuk menghadapi pasar ekspor adalah membuat website sebagai alat branding yang bisa diakses dari mana saja. 

Pelatihan UMKM 

Untuk menjawab kebutuhan ini, digipemad sebagai salah satu perusahan yang menawarkan IT solution untuk UMKM hadir di kegiatan pelatihan UMKM Ruby di Rumah BUMN Yogyakarta dengan topik The Art of Fashion Entrepreneurship untuk memberikan materi edukasi pentingnya website untuk UMKM fashion yang tertarik untuk melakukan ekspor. Kegiatan berlangsung pada 14 November 2024 lalu dengan acara utama yang diisi oleh Sutardi sebagai owner Farah Button dan STRD yang membagikan pengalamannya terkait bisnis di bidang fashion. Di sesi ketiga, digipemad fokus menjelaskan kenapa UMKM harus naik kelas dan menjangkau pasar global dengan cara go digital dan memprioritaskan website sebagai alat marketing yang tepat dan strategis. 

Website: Membangun Toko Online sebagai Rumah

Aneq, Staf Marketing Communication dari digipemad saat itu menjelaskan dari awal terkait tantangan yang dihadapi UMKM terutama saat ingin memasuki pasar global. Terdapat beberapa tantangan utama yang akan dihadapi para UMKM di pasar global yaitu persaingan pasar yang ketat akibat minimnya eksposur, kesulitan menjangkau pasar internasional karena terlalu berfokus pada pasar lokal, dan kurangnya identitas brand yang kuat di online. Meskipun tantangan UMKM untuk memasuki pasar global memang ada tapi peluang ekspor pun ternyata tergolong besar terutama untuk fashion seperti data yang ditunjukkan BI. Peluang ekspor ini harus dimanfaatkan oleh pebisnis dengan memiliki website toko online yang bisa diakses oleh customer dari berbagai negara. Website jadi alat tempur digital yang tepat untuk para UMKM terutama untuk yang mengembangkan bisnisnya karena biaya operasionalnya jauh lebih murah dibandingkan membuka toko offline ke luar negeri. Selain itu, yang paling fundamental, Aneq mengatakan saat itu “kita sebagai pebisnis harus punya rumah sendiri yaitu website. Jangan ketergantungan dengan marketplace yang tidak bisa kita kelola sefleksibel kita mengelola website terutama untuk pasar global”. 

Sumber foto: Digipemad

4 Alasan Utama Pentingnya Website

1. Memiliki Value Eksklusif

Dengan memiliki website sendiri, pebisnis sudah selangkah lebih maju dibandingkan pebisnis yang masih fokus berjualan secara offline atau pun hanya memanfaatkan marketplace. Website adalah wajah dari bisnis itu sendiri yang bernilai eksklusif yang membuat bisnis lebih unggul terutama untuk meyakinkan customer dari berbagai negara. Melalui website, tampilan katalog serta desain juga bisa dibuat custom sesuai yang diinginkan dan mampu merepresentasikan identitas bisnisnya. 

Apa yang sangat membedakan website dengan marketplace bagi pebisnis? Jelas melalui nilai eksklusivitasnya yang lebih intimate dengan customer dan tidak ada kompetitor di dalam websitenya. 

Marketplace itu bisa diibaratkan seorang pebisnis menumpang di lapak orang lain untuk berjualan sehingga akan banyak memiliki batasan-batasan yang sudah diatur oleh pemilik lapak serta harus membayar uang sewa. Berbeda dengan website, pebisnis seperti miliki rumah sendiri yang bisa diatur sedemikian rupa tanpa perlu intervensi dari pihak lain dan dapat mengatur pengelolaan anggarannya sendiri secara lebih fleksibel. 

2. Dapat Menjangkau Pasar Global

Pasar global tidak melulu harus dijangkau dengan membuka cabang secara offline di negaranya namun bisa dimulai melalui website yang bisa diakses dari seluruh dunia. Website memungkinkan customer dari negara mana saja dengan perbedaan jam untuk diakses dan juga bisa melakukan proses pembelian langsung. Website memiliki peran yang strategis karena mampu menampilkan informasi produk, terdapat fitur e-commerce yang memudahkan customer bertransaksi serta fitur multi bahasa yang dapat disediakan oleh Pemad sebagai perusahaan penerjemah yang memiliki layanan 25 lebih bahasa di seluruh dunia. Selain itu, website dapat didorong dengan optimasi SEO sehingga toko online yang sudah dibuat tadi mampu tampil di peringkat awal google. Website mampu membantu pebisnis tidak hanya dikenal customer global namun juga memperluas jangkauan bisnis secara lokal maupun global. 

3. Toko Online Buka 24/7

Pebisnis tidak mungkin menjaga sebuah toko 24 jam nonstop jika itu adalah sebuah toko offline. Nyatanya hal ini tidak perlu menjadi permasalahan lagi jika pebisnis ingin memaksimalkan jam operasionalnya karena website mampu diakses tanpa batasan waktu. Website bisa diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu tanpa henti untuk para customer mencari informasi, melakukan pesanan, atau berinteraksi kapan saja. Akses nonstop yang diberikan website memberikan kenyamanan bagi customer yang memiliki zona waktu yang berbeda-beda terutama bagi customer yang berada di Asia, Amerika, Eropa, dll. Kenyamanan untuk melakukan pembelian kapan saja ini bisa meningkatkan penjualan produk/layanan bisnis. Berbagai fitur unggul seperti chatbot atau FAQ yang tersedia sepanjang waktu dapat memastikan pengalaman customer tetap optimal tanpa memerlukan kehadiran tim secara langsung.  

4. Kredibilitas Yang Kuat

Membangun website artinya pebisnis tidak hanya membangun alat untuk meningkatkan penjualan namun juga untuk menaikkan citra bisnis di mata para customer. Branding yang kuat melalui website bisa menambah kepercayaan sebuah bisnis karena ini menunjukkan keseriusan pebisnis dalam memperkenalkan produknya/layanannya. Melalui website, customer dapat mengakses informasi terkait produk, layanan, kontak, hingga testimoni pelanggan lain yang dapat berkontribusi pada rasa percaya. Selain itu, domain yang tepercaya dengan tampilan yang modern bisa lebih meyakinkan yang juga bisa  memengaruhi penjualan. Komitmen pebisnis untuk memiliki kepercayaan dari customer bisa dilihat dari seberapa niat website yang dikerjakan. Ini menjadi hal yang penting untuk memperkuat reputasi serta menjaga hubungan jangka panjang dengan customer. 

Pebisnis yang masih melakukan promosi secara konvensional harus mulai naik kelas dengan go digital membuat website untuk bisnisnya. UMKM naik kelas ini juga sejalan dengan visi pemerintah yang mendukung UMKM untuk membuka toko onlinenya sehingga dapat bersaing di era digital yang semakin cepat ini. Pebisnis mungkin akan mengalami kesulitan di awal untuk membangun websitenya sehingga digipemad hadir untuk memberikan solusi pembuatan website yang mudah dan terjangkau terutama dengan fitur layanan multi bahasa yang dibutuhkan untuk menargetkan pasar global terkait ekspor.

Share :