Wajib Tahu, 8 Perusahaan Software Outsourcing Terbaik Indonesia Tahun 2024!

Andi Nabiilah Nur Ashiilah . August 13, 2024

Perusahaan Software Outsourcing Terbaik Indonesia Tahun 2024
Foto: Great Learning

Teknologi.id - Outsourcing adalah salah satu cara yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengembangkan software bisnis apabila belum memiliki tim software development internal.

Dengan semakin berkembangnya teknologi di Indonesia saat ini, banyak perusahaan yang saling berlomba untuk mendorong bisnisnya melalui digitalisasi. Salah satu contoh umum dari upaya digitalisasi adalah dengan berfokus pada pengembangan aplikasi.

Hal ini berfungsi untuk menunjang operasi bisnis dan juga meningkatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan tentunya mengikuti perkembangan zaman.

Melalui outsourcing, perusahaan bisa mendapatkan solusi yang efektif dalam waktu singkat dalam hal pengembangan software yang efisien dan aman. Selain itu, juga dapat membantu perusahaan dalam menjaga biaya pengembangan software agar tetap dalam batas anggaran yang sesuai.

Baik perusahaan mapan maupun perusahaan rintisan, ada baiknya untuk lebih memperhatikan dalam hal memilih penyedia layanan outsourcing yang terpercaya.

Berikut ini adalah 8 perusahaan software development outsourcing terbaik di Indonesia tahun 2024.

1. Sagara Technology

Salah satu perusahaan software outsourcing terbaik yang ada di Indonesia saat ini tentunya adalah Sagara Technology. Perusahaan yang menjadi platform outsourcing terbesar ini selalu mampu untuk menyediakan solusi yang efektif bagi seluruh customer nya. Selain itu, Sagara Technology bukan hanya menyediakan layanan untuk customer Indonesia, namun juga dari luar negeri seperti Australia.

Sejak berdirinya pada tahun 2014, Sagara Technology berhasil menyelesaikan berbagai proyek kerja sama dari perusahaan besar seperti Ruang Guru, Blue Bird Group, BUMN dan berbagai perusahaan lainnya.

Perusahaan yang berbasis di kota Jakarta dan Bandung ini menyediakan 3 jenis layanan yang dapat dipilih oleh customer sesuai kebutuhannya, yaitu proyek digital, proyek kreatif dan layanan Web3.

Berdasarkan data dari 8 tahun terakhir Sagara Technology, terdapat 84 persen dari klien startup nya yang berhasil mendapatkan pendanaan seri-A dan lainnya. Selain itu, 82 persen dari klien korporat nya masih terus mengandalkan layanan dari perusahaan ini untuk berbagai kebutuhan. Dan terakhir, 96 persen dari proyek yang ditangani berhasil mencapai KPI yang telah ditetapkan.

Maka dari itu, terbukti bahwa Sagara Technology menjadi salah satu pilihan perusahaan software outsourcing terbaik yang ada di Indonesia tahun 2024.

Baca Juga: Pemerintah Prioritaskan ASN Jomblo untuk Dipindah ke IKN

2. Suitmedia

Perusahaan software outsourcing berikutnya adalah Suitmedia. Suitmedia memiliki misi untuk selalu memberikan standar layanan terbaik melalui inovasi digital untuk membantu klien mencapai tujuan bisnis.

Perusahaan yang telah berdiri lebih dari 15 tahun ini tentunya memiliki jumlah proyek berhasil yang mencapai lebih dari 900 proyek digital. Selain itu, Suitmedia juga telah sukses bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar seperti KPK, Bank Indonesia, GoTo Group, Jasamarga dan berbagai perusahaan lainnya.

Terdapat beberapa layanan digital yang ada di Suitmedia, antara lain adalah layanan kreatif, strategi, teknologi dan komunikasi. Selain itu, perusahaan ini juga berpengalaman di berbagai bidang industri seperti yang ditampilkan pada website perusahaan.

3. JMC Indonesia

Dengan slogan "Menghadirkan Aplikasi Untuk Kemajuan Bisnismu," JMC Indonesia menawarkan berbagai keunggulan seperti biaya operasional lebih efisien, informasi dapat diakses real-time, dan mencegah manipulasi data.

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2008 di Yogyakarta ini memiliki layanan lengkap mulai dari pembuatan aplikasi, aplikasi E-Gov, dan ERP. Biaya yang ditawarkan pun terkenal cukup affordable dan sebanding dengan kualitas proyek yang dikerjakan.

Terdapat lebih dari 600 customers yang telah mempercayai JMC Indonesia untuk mengerjakan berbagai proyeknya, seperti aplikasi KDPL dari Isuzu, CMS website terintegrasi dari Dirjen Minyak & Gas, serta aplikasi DMS Excelitas dari Excelitas Technology.

4. GITS Indonesia

Perusahaan berikutnya adalah GITS Indonesia. Terkenal sebagai spesialis pengembangan aplikasi mobile dan web, perusahaan ini sering kali menyediakan berbagai solusi yang canggih dan juga mudah digunakan.

Perusahaan yang berbasis di kota Bandung ini telah berdiri selama 15 tahun dan berhasil mengembangkan lebih dari 100 aplikasi hebat yang telah diunduh lebih dari 15 juta kali. Selain itu, GITS Indonesia juga memiliki cabang di luar negeri yaitu di Amerika Utara.

Perusahaan ini menawarkan berbagai jenis layanan, seperti layanan terkelola cloud, ruang kerja digital, data, pemeliharaan, modernisasi aplikasi dan konsultasi digital. Customers dapat memilih langsung jenis layanan yang dibutuhkan sesuai keinginan.

5. Sangkuriang International

Perusahaan yang berbasis di Indonesia sejak tahun 2010 ini memiliki lebih dari 50 ahli berpengalaman yang sebagian besar berasal dari Universitas ternama di Indonesia.

Sangkuriang International terus berinovasi dalam layanan dan produk yang ditawarkan. Dengan menyediakan teknologi terkini yang sesuai dengan kebutuhan, perusahaan ini dapat menghasilkan proyek yang lebih efisien, aman, ramah pengguna dan lebih mudah diakses.

Terdapat 6 layanan yang ditawarkan, antara lain Big Data Intelligence, Information System, IT Planning, IT Procurement, Web portal dan Data Center.

Selain itu, Sangkuriang International juga memiliki 5 unit bisnis, yaitu Salution (Sangkuriang Solution), Sagadio (Sangkuriang Game Studio), DAKSA (Dana Aksara Sangkuriang), OborTech (Obor Technology), Sang Byte, dan Dunia Bahasa. 

Baca Juga: Masuki Tahap Akhir Penerbitan, Simak Perbedaan Rupiah Digital dan Uang Elektronik

6. Mitrais

Mitrais adalah perusahaan yang menargetkan sektor pertambangan dan kesehatan yang telah berdiri lebih dari 33 tahun.

Perusahaan ini menawarkan berbagai layanan seperti custom software, pengembangan software, design produk digital, pengembangan aplikasi web, pengembangan aplikasi seluler, konsultasi DevOps, dan Tim pengembangan Agile yang berdedikasi.

Selain itu, Mitrais juga menawarkan program pelatihan komprehensif untuk SPRY Scheduler dan Enterprise Architect dari SPARX System. Program ini ditujukan bagi pemula yang mencari wawasan dasar dan profesional yang ingin menyempurnakan keahlian mereka.

Mitrais memiliki kantor pusat di kota Bali dan kantor cabang di kota Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.

7. Icehouse

Perusahaan berikutnya adalah Icehouse. Icehouse telah berdiri sejak tahun 2012 dan berhasil menyelesaikan proyek kerja sama dengan berbagai perusahaan besar seperti Gojek, Matahari Mall, Halo Doc, Lion Parcel, dan berbagai perusahaan lainnya.

Dikenal sebagai agensi Google pertama yang tersertifikasi di Asia Tenggara, Icehouse memiliki beberapa kantor selain di Indonesia, yaitu di Singapore, Australia dan Belanda.

Perusahaan ini menawarkan 2 jenis layanan yaitu software development dan UI/UX design.

8. Hugaf

Perusahaan software outsourcing yang terakhir adalah Hugaf, yang menawarkan gratis konsultasi pembuatan website perusahaan. Berbasis di Jakarta, Hugaf menawarkan solusi pembuatan web dengan biaya yang kompetitif dan didukung oleh tim berpengalaman.

Perusahaan yang berdiri sejak 2013 ini menawarkan jasa pembuatan website yang profesional dan responsif, optimasi SEO website, serta harga terjangkau berkualitas tinggi.

Hugaf telah berhasil menyelesaikan beberapa proyek dari perusahaan besar seperti Bank BTPN, LKPP, Jenius, dan berbagai perusahaan lainnya.

Itu dia 8 perusahaan software development outsourcing terbaik di Indonesia. Tiap perusahaan tentu memiliki keunggulannya masing-masing, dan kembali lagi kepada customer untuk memilih perusahaan outsourcing yang sesuai dengan kebutuhannya.


Baca berita dan artikel lainnya di: Google News

(ANNA)

Share :