Centang Biru di X Cuma Perlu Berlangganan, Intip Apa Saja Keuntungannya

Afanin Hazimah . September 16, 2024

cara berlangganan Centang Biru X

Foto: Akun X verified (Pinterest.com)

Teknologi.id - Sejak diakuisisi oleh Elon Musk pada 2022, aplikasi jejaring sosial yang sebelumnya bernama Twitter ini telah banyak mengalami perubahan. Mulai dari perubahan nama menjadi X pada Juli 2023 hingga memperkenalkan fitur-fitur terbaru lainnya pada platform ini. Salah satu fitur yang saat ini laku di kalangan pengguna adalah fitur verifikasi X Blue (akrab juga dengan sebutan Twitter Blue.

Fitur X blue ini merupakan fitur yang bisa didapatkan secara berbayar di aplikasi X. Fitur ini setara dengan menggunakan X secara premium. Para pengguna X premium tidak hanya mendapatkan centang biru sebagai pembeda, tetapi juga mendapatkan banyak keuntungan yang ditawarkan oleh aplikasi ini. 

Munculnya fitur ini sempat memicu kontroversi di kalangan pengguna X. Bagaimana tidak, berarti siapapun pengguna X bisa mendapatkan lencang biru layaknya tokoh publik terkenal hanya dengan berlangganan X premium. Namun, saat meluncurkan fitur ini, Elon Musk telah mengantisipasinya terlebih dahulu dengan merilis tiga jenis akun verified untuk mencegah penyalahgunaan X blue. Tiga jenis akun tersebut tentu memiliki keuntungan yang berbeda sehingga para pengguna yang tertarik untuk berlangganan X premium dapat menyesuaikan dengan kepentingan dalam berlangganan. 

Lalu, apa saja keuntungan dari berlangganan X premium? Berikut penjelasan secara lengkap. 

Baca juga Elon Musk: Twitter Blue Rp 125.000 per Bulan, Akun Biasa Bisa Dapat Centang Biru

Foto: Berlangganan X Premium

Untuk berlangganan X premium, terdapat tiga opsi jenis akun berdasarkan tingkatan dan dua opsi durasi berlangganan. Jenis akun yang ditawarkan di antaranya, akun premium tingkatan dasar, premium, dan premium+. Semua tingkatan tersebut dapat dinikmati dalam durasi bulanan maupun tahunan.

1. Tingkatan dasar

   

Foto: keuntungan premium tingkat dasar (x.com)

Akun premium tingkat dasar ini menawarkan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan pengguna. Di antaranya boost kecil pada balasan yang membuat balasan Anda memiliki peluang untuk lebih dilihat, Direct message terenskripsi sehingga lebih aman, adanya folder markah dan tab sorotan, bisa mengedit postingan hingga memosting video dan postingan yang lebih panjang dari standar biasanya. Namun, premium pada tingkatan dasar ini belum memberikan centang biru pada akun Anda. 

Premium tingkat dasar ini bisa didapatkan mulai dari 33 ribu/bulan untuk tagihan setiap bulan. X juga menawarkan harga lebih murah untuk tagihan per tahun, yaitu 350 ribuan saja untuk tagihan per tahun (mulai 29 ribuan per bulan).

2. Tingkatan premium

Foto: keuntungan tingkatan premium (x.com)

Naik satu tingkat dari tingkatan dasar, keuntungan yang ditawarkan lebih banyak pada tingkatan premium. Keuntungan yang didapatkan oleh pengguna di antaranya, semua keuntungan pada tingkatan dasar, iklan yang muncul akan lebih berkurang pada tab Untuk Anda dan Mengikuti, mendapatkan Boost yang lebih besar pada balasan Anda di akun pengguna lain, berkesempatan untuk melakukan monetisasi konten di akun X, dan pengalaman membaca ringkasan trending dengan asisten AI Grok. Para pengguna X premium tingkat ini juga akan mendapat centang biru pada akunnya hingga akses X pro, Analystic, Media Studio, dan Langganan kreator yang dapat digunakan. 

Fitur premium ini bisa didapatkan dengan berlangganan secara tahunan atau bulanan. Untuk berlangganan per bulan, fitur ini bisa didapat dengan harga Rp120.000. Adapun untuk langganan tahunan, pengguna bisa membayar sejumlah Rp1.250.000. 

3. Tingkatan premium+

Foto: tingkatan premium+ (x.com)

Tingkatan premium ini merupakan yang paling tinggi dalam berlangganan X premium. Pada fitur ini, keuntungan yang ditawarkan semakin lengkap dan lebih banyak dari dua tingkat sebelumnya. Pengguna dapat menikmati berbagai keuntungan, di antaranya seluruh keuntungan pada tingkat premium, penggunaan X tanpa ada iklan sama sekali, mendapatkan Boost paling besar untuk balasan pengguna, hingga para pengguna dapat menulis artikel di postingannya. Dengan menggunakan fitur ini, para pengguna bisa mendapatkan pengalaman menggunakan aplikasi X yang luar biasa.

Fitur premium+ bisa didapatkan dengan berlangganan secara bulanan ataupun tahunan. Langganan premium+ per bulan bisa didapat pada harga Rp180.000 dan langganan tahunan bisa didapat pada harga Rp1.875.000.

Fitur-fitur premium tersebut bisa didapatkan pengguna dengan berlangganan X premium. Dengan adanya fitur X premium, kini untuk mendapatkan centang biru bisa dengan cara berbayar dan sekaligus mendapatkan berbagai keuntungan dari X

Apakah kamu tertarik untuk mencoba fitur X premium?

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(ah)

Share :