Permasalahan Medium Startup dan Solusinya?

Irsyad Al Mukharom . May 12, 2022


Sebelumnya, sebenarnya apa itu Startup? Startup merupakan bisnis rintisan yang didirikan oleh oleh sekumpulan individu yang terbentuk dalam organisasi yang bergerak sebagai perusahaan dalam bidang industri teknologi. Bisnis startup mengalami perkembangan yang cukup pesat di Indonesia. Kondisi ini dikarenakan oleh dampak baik dari dukungan pemerintah yang menyatakan secara eksplisit mendorong untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan kekuatan industri digital terbesar, dengan visi Indonesia sebagai The Digital Energy Of Asia.

Permasalahan yang Umum Terjadi Dunia Medium Startup

Di tengah besarnya perhatian oleh berbagai pihak dalam upaya untuk pengembangan visi The Digital Energy of Asia dengan upaya pengembangan industri digital di tanah air terdapat satu pembahasan yang perlu lebih diperhatikan, yaitu sebuah data kondisi startup di tanah air. Indonesia memiliki jumlah 992 startup yang tersebar dari sabang hingga merauke.53% dari startup tersebut berada di jabodetabek dengan jumlah 552. Kemudian posisi kedua di isi oleh Jawa Timur dengan jumlah 114 startup berdasarkan survey yang tercatat di database MIKTI(Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi). Dalam jumlah begitu banyak dan tersebar, startup di Indonesia masih menemui berbagai masalah.

Apa saja masalah yang masih sering di alami oleh medium startup?

  • SDM dan Keuangan

Sebagaimana yang pernah diungkapkan Enda Nasution selaku ketua Yayasan Startup Indonesia adalah Indonesia masih kekurangan talenta digital dan banyak startup yang menemui masalah keuangan saat menjalankan bisnisnya.

  • Budaya Mendefinisikan Masalah

Selain itu Salah satu kekurangannya di kita adalah kurangnya budaya mendefinisikan masalah," kata Neil dalam konferensi pers Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif for Startup (BEKUP) 2020 di Jakarta.

  • Skill Memanajemen

"Ini sangat penting karena orang-orang memulainya sebagai proyek sampingan, tidak expect suatu saat akan manage, menggaji, atau memecat orang. Para pendiri startup kadang kagok juga untuk mengambil keputusan seperti ini. Jadi management skill sangat penting," ungkap Alyssa.

  • Pertumbuhan Startup di Indonesia Masih Terpusat

Perusahaan startup Indonesia mayoritas berasal dan berpusat di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Depok. Berdasarkan data Masyarakat Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi (MIKTI) pada 2019 mengungkapkan, 52,7% startup berbasis di Jabodetabek. Selain itu terdapat 168 startup berada di Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Pada kasus ini kami meneliti berbagai permasalahan pada startup di bidang transportasi dan otomotif sebagai contoh kasus permasalahan.

Belajar Dari Permasalahan Pada Startup Transportasi dan Otomotif Bengkelijo.id

Layanan Bengkelijo.id Bengkelijo.id-Service Motor Panggilan adalah aplikasi mobile yang mendukung program pemerintah New Normal dalam masa pandemi yang menawarkan service motor panggilan di rumah. Cukup pesan layanan service dan buat janji lalu tunggu teknisi bengkelijo.id #dirumahaja #dikantorbisa

Alur pelayanan

Analisa Berdasarkan Pengguna

Rating Playstore

Kelebihan Berdasarkan Ulasan

  • Pelayanan sudah sesuai dengan apa yang mereka tawarkan
  • Respon yang Bengkelijo.id berikan sesuai dengan kemampuan
        

         

Kekurangan Berdasarkan Ulasan

  • Tidak terhubungnya komunikasi dua arah dengan baik.
  • Masih terpusat di satu daerah dan belum merata.
  • Belum dipromosikan dengan baik.

          

 

          

Bagaimana Menanggapi Permintaan Customer dan Bagaimana Solusinya?

Value Proposition

Memperbaiki value proposition dengan memperhatikan lebih keluhan dan saran dari customer. Dengan perbaikan value teratur startup akan mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya masalah yang terjadi.

Key Resource

Evaluasi key resource dari team hingga infrastruktur akan berdampak kepada kinerja internal yang akan membantu mempermudah pertumbuhan startup secara eksternal.

Key partner

Setelah evaluasi dan perbaikan di jalankan, dan dampak baiknya mulai terlihat pada kinerja internal maka selanjutnya adalah bagaimana memperluas jangkauan layanan dengan memperluas key partner dengan cara mengembangkan relasi key partner yang dimiliki sebelumnya.

Marketing

Ketika produk layanan sudah menjadi lebih baik dan mulai memperluas jangkauan maka hal yang harus terus diperhatikan adalah bagaimana orang lebih mengenal produk anda hingga sampai tahap mereka membicarakan produk layananmu berdasarkan pengalaman customer.

Customer Relationship

Setelah mengalami perkembangan pada startup hal yang tak kalah penting adalah bagiamana merawat customer yang dimiliki atau biasa di sebut customer relationship.

Harapan

Setelah memahami masalah dan contoh masalah di atas muncul harapan agar akan ada semakin banyak startup lokal penyedia layanan berupa solusi yang betul-betul dibutuhkan masyarakat.

Startup yang bisa berhasil adalah mereka yang dapat betul-betul mengenali masalah besar masyarakat, kemudian menyediakan jalan keluar, kata Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Josua Puji Mulia Simanjuntak.

Share :