7 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Menyewa Kantor

Bemudayana . July 25, 2023



Menyewa kantor akan menjadi sebuah pilihan tepat bagi perusahaan yang belum memiliki lokasi kantor pribadi. Apalagi sekarang ada banyak sekali pilihan bangunan yang terbuka untuk disewa sebagai kantor. Salah satunya adalah bangunan Patra Jasa yang bisa jadi pilihan bagi kantor-kantor di daerah Jakarta Selatan. Hanya saja Anda memang harus lebih teliti jika ingin mengambil pilihan tersebut. 

Kesalahan saat Menyewa Kantor

Sebenarnya menyewa kantor bisa jadi pilihan yang menguntungkan jika Anda melakukannya dengan tepat. Namun hal tersebut juga bisa jadi sebuah keputusan yang merugikan jika Anda melakukan kesalahan fatal. Berikut ini 7 kesalahan yang sebaiknya dihindari jika ingin menyewa kantor:

1.   Tidak Mencari Perbandingan

Kesalahan pertama, banyak orang tidak berusaha mencari perbandingan saat ingin menyewa lokasi kantor. Begitu melihat iklan bangunan kantor disewakan kemudian cek lokasi dan langsung deal. Ini dilakukan karena mereka merasa sudah cocok tanpa berusaha mencari perbandingan terlebih dahulu. Padahal bisa jadi ada lokasi bangunan atau kantor lain yang jauh lebih bagus dan potensial. 

 

Biasanya kesalahan ini terjadi karena penyewa tidak ingin ribet dan butuh kantor dalam waktu cepat. Padahal sangat disarankan untuk mencari beberapa pilihan jadi bisa dipertimbangkan mana yang terbaik. Semakin banyak pilihan kantor yang Anda miliki maka akan semakin mudah untuk menemukan yang terbaik. 

2.          Mengabaikan Legalitas

Kesalahan berikutnya yang juga sering terjadi adalah mengabaikan legalitas. Padahal faktor legalitas ini jelas sangat penting untuk diperhatikan. Sangat berbahaya jika Anda menyewa bangunan kantor yang tidak legal untuk dipakai. Misalnya saja masih ada masalah perizinan atau kendala lain yang membuatnya kurang aman untuk digunakan sebagai kantor. 

 

Masalah legalitas ini seharusnya jadi pertimbangan utama Anda saat mencari kantor sewa. Pastikan semua surat atau kebutuhan dokumen sudah lengkap. Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa tidak ada kendala legalitas yang mungkin akan merugikan Anda di masa depan. 

3.          Tidak Mempelajari Surat Perjanjian Sewa

Banyak juga orang yang tidak mempelajari surat perjanjian saat menyewa kantor. Seringkali pihak pengelola bangunan sudah memberikan surat perjanjian sewa namun tidak dipelajari atau dibaca secara cermat. Hal ini tentu akan menjadi kesalahan fatal yang merugikan diri Anda sendiri sebagai pemilik perusahaan. Apalagi jika ada banyak peraturan dari pengelola gedung yang ternyata merugikan Anda. 

 

Jika Anda sudah menerima surat perjanjian sewa dari pihak pengelola gedung, maka pelajari dan baca dengan cermat. Jangan diabaikan begitu saja karena bisa jadi ada banyak peraturan yang memang harus dipahami dan diikuti. Nantinya isi surat perjanjian tersebut bisa jadi bahan diskusi antara Anda dan pihak pengelola gedung. 

4.          Mengabaikan Perhitungan Biaya Lainnya

Kesalahan lain yang juga harus dihindari saat ingin menyewa gedung adalah mengabaikan perhitungan biaya atau bujet lain-lain. Seringkali penyewa hanya memperhatikan biaya sewa gedung saja. Padahal bisa jadi ada banyak biaya lain-lain yang harus diperhitungkan dengan cermat. Jika hal ini tidak dihitung dengan teliti dan dipersiapkan jauh-jauh hari maka bisa merugikan Anda. 

 

Dari segi biaya, Anda bisa saja kewalahan mempersiapkan keseluruhan bujet untuk menyewa bangunan karena tidak melakukan perhitungan secara lengkap. Anda mungkin juga mengabaikan biaya-biaya lainnya tadi karena merasa nominalnya tidak begitu besar. Padahal bisa jadi nominal biaya lain-lain tadi jauh lebih besar dan membebani Anda. 

5.          Tidak Memperhatikan Detail Fasilitas

Saat menyewa bangunan kantor, Anda juga harus memperhatikan setiap detail fasilitas yang tersedia. Seringkali penyewa terburu-buru melakukan deal perjanjian dan tidak memperhatikan apa saja fasilitas yang bisa didapatkan di sana. Padahal hal ini sangat penting untuk dijadikan bahan pertimbangan. Jangan sampai Anda tidak mendapatkan fasilitas yang mencukupi sesuai kebutuhan. 

Jika Anda teliti memperhitungkan bujet, pastinya masalah fasilitas ini juga harus dipertimbangkan dengan baik. Anda pasti ingin menyewa kantor yang biaya sewanya sepadan dengan fasilitas. Jika kurang sepadan dan dirasa merugikan, maka sangat disarankan untuk mencari alternatif lokasi kantor lainnya. 

6.          Mudah Tergiur Biaya Murah

Saat ada lokasi kantor yang disewakan dengan biaya murah, siapa yang tidak mudah tergiur? Banyak sekali penyewa yang asal-asalan memilih bangunan kantor berdasarkan biaya. Jika biayanya terjangkau maka bisa jadi pilihan tanpa mempertimbangkan faktor-faktor lainnya. Padahal harga sewa yang murah tidak menjamin banyak keuntungan di masa depan. 

 

Bisa saja bangunan kantor yang Anda sewa tidak punya fasilitas lengkap. Bisa jadi harganya terjangkau karena ada masalah perizinan. Jadi jangan langsung tergiur dengan penawaran harga sewa yang murah. Lakukan pertimbangan matang dengan memperhatikan berbagai faktor. 

7.          Melewatkan Riset Lokasi Kantor

Banyak juga yang melewatkan riset lokasi kantor karena merasa hal ini hanya membuang-buang waktu. Seringkali calon penyewa enggan melakukan riset lebih dalam untuk mengetahui detail fasilitas bangunan dan informasi di dalamnya. Padahal ini sangat penting untuk dilakukan karena pada akhirnya bangunan tersebut akan dipakai sebagai kantor.


Cobalah untuk meluangkan waktu melakukan riset lokasi kantor yang ingin disewa. Cari tahu informasi detail tentang bangunan tersebut dan kalau perlu mintalah saran dari orang-orang yang berpengalaman. Tidak ada salahnya bertanya dengan orang-orang yang sudah lebih dulu bekerja di area perkantoran tersebut sehingga Anda bisa menilai secara matang. 


Pastikan Anda lebih teliti saat memilih bangunan untuk disewa sebagai kantor. Kantor tersebut harus bisa memenuhi kebutuhan operasional perusahaan Anda dan sesuai dengan ekspektasi. Pastikan juga lokasinya aman dan menjanjikan untuk disewa dalam jangka waktu panjang.

Share :

Bemudayana

Bemudayana