Google Tingkatkan Penggunaan AI, Fitur ImageFX yang Bisa Hasilkan Gambar dengan Teks

Lutfiyah Fathiyani . February 06, 2024

Google AI ImageFX

Teknologi.id Google semakin serius dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) pada setiap produknya. Salah satu terobosan terbaru adalah peluncuran sejumlah tools berbasis AI Generatif, termasuk ImageFX yang memungkinkan pembuatan gambar berdasarkan perintah teks.

ImageFX, yang diberi tag SynthID dan menggunakan metadata IPTC, merupakan platform AI berbasis teks-ke-gambar. Google menyatakan bahwa tool ini akan memberi tahu pengguna jika gambar tersebut dihasilkan oleh AI, terutama ketika muncul dalam hasil pencarian Google atau digunakan di browser Chrome.

Selain ImageFX, Google juga melakukan pembaruan pada dua alat lainnya, yakni MusicFX dan TextFX. MusicFX mengalami peningkatan pada model MusicLM untuk memberikan musik dengan kecepatan lebih tinggi, kualitas audio yang lebih baik, dan sejumlah fitur baru. Sementara itu, TextFX mengalami peningkatan pada navigasi dan pengalaman penggunanya.

Meskipun ketiga produk ini belum tersedia untuk semua pengguna, akses ImageFX, MusicFX, dan TextFX baru dapat dinikmati oleh pengguna di Amerika Serikat, Kenya, Selandia Baru, dan Australia. Sayangnya, bahasa yang digunakan masih terbatas pada bahasa Inggris, dan pengguna dapat mengakses produk-produk tersebut melalui AI Test Kitchen.

Baca juga Aplikasi Ngaji.AI, Cara Baru Belajar Mengaji di Era Digital

Selain pengenalan tools baru, Google juga mengumumkan dukungan Model Imagen 2 pada gambar baru dalam ImageFX. Teknologi ini menggunakan AI generatif pada beberapa produk dan layanan Google, termasuk Bard, Search, Ads, Duet AI di Workspace, dan VertexAI. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas gambar pada area bidang yang sulit diatasi sebelumnya.

Terakhir, Google melakukan perluasan cakupan pengguna Gemini Pro di Bard, memungkinkan layanan tersebut dapat diakses dalam 40 bahasa di 230 negara. Hal ini menandai langkah signifikan dalam memperluas aksesibilitas terhadap fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh Google menggunakan teknologi AI.

Baca Berita dan Artike di Google News.

(LF)

Share :