Eye Tracking Fitur Baru iOS 18, Ini Daftar iPhone yang mendukung dan Cara Aktifkannya

Muhammad Haris Aminan . September 27, 2024

Foto : The Mac Observer

Teknologi.id - Apple melalui iOS 18 terus mengembangkan fiturnya dengan menawarkan berbagai kemudahan bagi penggunannya. Terbaru, Apple meluncurkan fitur Eye Tracking yang telah dapat digunakan oleh pengguna perangkat ini. Fitur ini menjadi salah satu inovasi guna memfasilitasi para pengguna yang membutuhkan aksesibilitas. Jika sebelumnya telah dikeluarkan inovasi berupa interaksi dengan gadget berbasis suara yang dinilai berhasil memudahkan pengalaman digital pengguna. Kini melalui inovasi terbaru, pengguna tidak perlu lagi menyentuh layar ataupun mengeluarkan suara ketika harus beraktivitas menggunakan gadgetnya. 

Lantas apa itu Eye Tracking? Apakah fitur ini tersedia di semua perangkat iOS? Dan bagaimana cara mengaktifkannya? Simak penjelasan berikut!

Adanya fitur Eye Tracking memungkinkan pengguna dapat menggunakan gadget, navigasi dan interaksi hanya dengan menggunakan gerakan mata. Hal ini semakin memudahkan pengguna untuk beraktivitas digital kapanpun dan dimanapun. Efektivitas dan efisiensi yang ditawarkan melalui fitur ini memungkinkan untuk meningkatkan produktivitas penggunanya.

Fitur ini dapat digunakan untuk berbagai aktivitas seperti menggulir halaman, membuka aplikasi, dan berinteraksi dengan elemen di layar. Contohnya, pengguna bisa menggulir ke bawah dengan menggerakkan mata ke bagian bawah layar atau menatap ikon aplikasi untuk membukanya.

Dengan hadirnya Eye Tracking, iPhone menjadi lebih inklusif, terutama untuk individu yang mengalami kesulitan fisik atau berbicara. Ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan aksesibilitas teknologi dan memberikan lebih banyak orang kesempatan untuk memanfaatkan perangkat mereka dengan cara yang paling sesuai untuk mereka.

Pengguna dapat mengaktifkan Eye Tracking melalui menu aksesibilitas di pengaturan iPhone. Setelah diaktifkan, proses kalibrasi mata diperlukan untuk menjamin deteksi gerakan yang tepat. Kalibrasi ini mencakup langkah-langkah di layar yang harus diikuti untuk menyesuaikan pengaturan eye tracking dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Cara Mengaktifkan Eye Tracking

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dan memanfaatkan fitur eye tracking di iOS 18:

  1. Aktifkan Eye Tracking:  Langkah pertama terlebih dahulu masuk ke pengaturan iPhone, dan cari  Aksesibilitas.  Setelah menemukan maka aktifkan opsi Eye Tracking dengan geser tombol ke kanan. 

  2. Kalibrasi Mata: Pastikan terlebih dahulu fitur telah aktif. Dan jika sudah, maka perhatikan titik-titik warna yang muncul dilayar dan ikut. Hal ini penting agar iPhone dapat secara akurat mendeteksi gerakan mata pengguna.i.

  3. Gunakan Eye Tracking: Dengan mengikuti berbagai langkah tersebut, maka fitur Eye Tracking sudah dapat digunakan. Pengguna dapat melakukan beberapa percobaan terlebih dahulu memastikan fitur ini aktif sebagaimana seharusnya. Beberapa percobaan seperti menggeser layar, membuka aplikasi, dan berinteraksi dengan konten. Pastikan posisi iPhone berada pada jarak sekitar 45 cm untuk memudahkan navigasi, di mana Apple juga akan menampilkan AssistiveTouch di layar dapat digunakan.

Foto: Inet.detik.com

Baca juga : iOS 18 Hadir di Indonesia: Fitur-fitur Baru yang Wajib Dicoba


Setelah mengetahui langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Eye Tracking diketahui, lantas apa saja perangkat yang bisa menggunakan fitur ini?

Daftar Perangkat yang Mendukung

Meskipun iOS 18 dan iPadOS 18 memperkenalkan fitur ini, tidak semua perangkat dapat menggunakannya. Berikut adalah daftar perangkat yang mendukung Eye Tracking:

Baca berita dan artikel lain di Google News

(mha)

Share :