Apple Dikabarkan Siap Meluncurkan homeOS, Sistem Perangkat untuk Smart Home

Vanessa Netanya . October 02, 2024

Apple homeOS

Foto: MacRumors

Teknologi.id - Apple memiliki sistem operasi yang digunakan khusus untuk perangkat buatannya, yang dinamai OS. Kabar terbaru, perusahaan asal California, Amerika Serikat itu akan melebarkan sayap dengan membuat sistem operasi untuk perabot pintar (smart home).

Sistem operasi yang diciptakan oleh Apple telah dipakai pada setiap perangkat yang diciptakan, seperti iOS pada iPhone, macOS pada MacBook, visionOS pada Vision Pro, watchOS pada Apple Watch, dan tvOS pada Apple TV.

tvOS inilah basis yang akan digunakan dalam pembuatan homeOS. Dengan informasi tersebut, besar kemungkinan cara kerja smart home akan menyerupai Apple TV.

Dikutip dari Bloomberg pada Rabu (2/102/24), Mark Gurman selaku Chief Corresponden Bloomberg membocorkan teknologi terbaru dari Apple yang sedang dalam proses pembuatan OS untuk smart home. Sistem operasi tersebut disinyalir memiliki nama homeOS.

"Also in Power On: Apple is ramping up work on a low-end iPad-based smart display for next year with homeOS and Apple Intelligence. It’ll be a precursor to future high-end tabletop robot," (Dalam Power On: Apple sedang meningkatkan pengerjaan pada layar pintar berbasis iPad dengan harga rendah untuk tahun depan, yang dilengkapi dengan homeOS dan Apple Intelligence. Ini akan menjadi pendahulu bagi robot meja kelas atas di masa depan) tulisnya dalam akun @markgurman di X.

Apple juga akan mengeluarkan dua perangkat sekaligus yang dapat mendukung sistem operasi homeOS. Model pertama akan dinamai J595 dengan fitur yang lebih premium.


Dikabarkan smart home yang akan mendatang ini memiliki bentuk layar seperti iPad, dengan tidak hanya satu tetapi dua layar sekaligus. Kemudian, device juga akan ditambah dengan tangan mekanikal. Bisa dibilang, perangkat ini akan memiliki bentuk seperti robot. Tangan berbentuk robot yang dipasangkan memiliki fungsi untuk mengatur posisi layar agar dapat dilihat dari berbagai sudut.

Model yang kedua adalah J490, dengan fitur yang tidak sebanyak model sebelumnya. J490 dapat digunakan untuk mengakses berbagai fitur yang sudah dimiliki oleh pengguna sistem operasi OS, seperti Calendar, Notes, dan yang lainnya. Harga dari model ini tentu saja akan lebih terjangkau dibandingkan versi premium.

Sayangnya, belum ada bocoran ilustrasi terkait bentuk asli dari perangkat perabot pintar ini.

Nama tertera sebelumnya berupa bocoran semata hanya merupakan kode dari perangkat, bukan nama yang akan disebar di pasaran. Belum terungkap nama resmi dari perabot pintar yang akan dikeluarkan oleh Apple. Namun, dikabarkan perangkat tersebut akan disokong oleh kecerdasan buatan (AI) dari Apple, yakni Apple Intelligence.

Gurman menuliskan bahwa perangkat ini merupakan kombinasi antara kecerdasan buatan dengan perangkat smart home.

Baca juga: Mantan Desainer Apple Konfirmasi Kerja Sama Bersama OpenAI, Rancang Perangkat AI Baru

Perlu diingat kembali, perangkat ini masih menjadi bocoran yang belum dikonfirmasi secara langsung oleh pihak Apple. 

Dengan adanya Apple Intelligence, perangkat ini tentu memiliki fungsi untuk melaksanakan perintah yang diberikan pengguna melalui prompt. Masih belum diketahui apakah robot ini memiliki kemampuan mendengar suara yang dapat semakin mempermudah pemakaian perangkat.

homeOS juga dapat dipakai untuk melakukan panggilan telepon atau FaceTime, seperti sistem operasi Apple yang lain. Selain itu, berbagai fitur dari Apple juga akan dimasukkan ke dalam sistem perangkat terbaru ini.

Gurman menyebutkan bahwa kemungkinan besar perangkat ini akan diperkenalkan pada awal tahun depan. Meskipun begitu, Apple tidak sekalipun berbicara tentang homeOS hingga detik ini.

Jika kabar tersebut benar, Apple tentu akan ikut bersaing dengan berbagai merek perabot pintar yang telah lebih dulu berada di pasaran, seperti Google Nest dan Amazon Echo.

Melalui unggahan di kanal media, Mark Gurman juga menuliskan beberapa berita terbaru dari Apple lainnya, termasuk prototipe Vision Pro yang baru saja dipamerkan. Lebih lanjut, berikut adalah artikel resmi yang dikeluarkan oleh Mark Gurman melalui Bloomberg: https://www.bloomberg.com/news/newsletters/2024-09-29/meta-steps-up-pressure-on-apple-vision-with-orion-ar-glasses-and-cheaper-quest-3-m1nkq76p?srnd=undefined

Sembari menunggu perangkat perabot pintar ini keluar, nantikan juga peluncuran Mac versi terbaru yang memiliki chip M4 pada bulan Oktober ini. 

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(vn)

Share :