Apple Buat Laptop Versi Murah, Ingin Saingi Chromebook?

Reza Arafah Suharli . September 07, 2023

Ilustrasi

Foto: Www.rbc.ua

Teknologi.id- Raksasa teknologi Apple terus berusaha mengembangkan produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tidak hanya berfokus kepada produk yang dimiliki, Apple kini tengah mencoba untuk menciptakan produk baru. 

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Apple kini tengah mengembangkan laptop MacBook versi murah. Langkah ini diduga dilakukan untuk bersaing dengan Chromebook buatan Google. Laptop ini sendiri dikabarkan akan diluncurkan pada semester kedua tahun 2024.

Apple Kembangkan Laptop Versi Murah

Ilustrasi
Ilustrasi laptop milik apple. Foto: Ktarnews

Bocoran mengenai Apple yang tengah mengembangkan laptop versi murah ini pertama kali dikatakan oleh salah satu outlet media lokal di Taiwan yaitu Digitimes. Dalam laporan ini disebutkan bahwa Apple akan meluncurkan berbagai produk baru yang berbeda dengan seri laptop MacBook Air dan MacBook Pro yang dimilikinya. 

Perbedaan ini dikatakan terdapat pada jenis bahan material serta komponen mekanis yang digunakan. Dimana kedua hal tersebut menggunakan bahan dengan harga yang lebih murah. Kemungkinan besar, langkah ini dilakukan demi mewujudkan motivasi Apple yang ingin menawarkan laptop dengan harga lebih murah bagi masyarakat. 

Namun hingga saat ini, MacBook versi murah dikatakan tetap menggunakan casing bahan logam yang sama layaknya series MacBook lainnya. Hal ini dilakukan demi mempertahankan estetika yang dimiliki oleh perangkat buatan perusahaan Apple.

Baca Juga : 5 Pengumuman Besar Apple di Acara "One More Thing"

Meskipun belum terdapat informasi lebih lanjut mengenai kapan produk ini akan dirilis, namun banyak masyarakat yang berpendapat bahwa laptop ini akan dirilis pada semester kedua tahun 2024 atau akhir tahun 2024.

Pendapat ini muncul berdasarkan pemasok komponen Apple seperti Quanta Computer dan Foxconn yang belum menunjukan tanda-tanda produksi perangkat. Kabar ini pun masih dianggap rumor karena informasi tersebut belum dapat di pastikan secara resmi. 

Laptop Murah Apple Ingin Saingi Chromebook


Ilustrasi chromebook. Foto: Wikipedia

Chromebook adalah jenis laptop dengan harga terjangkau yang bergantung pada ekosistem cloud milik Google. Laptop ini sendiri memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan dengan laptop konvensional. Chromebook memang dirancang untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari seperti pekerjaan, pendidikan, dan hiburan.

Dalam beberapa waktu terakhir popularitas Chromebook kian meroket. Dimana pada tahun 2021, laptop ini berhasil terjual sebanyak 33,5 juta unit. Apalagi banyak institusi pendidikan yang mulai melirik penggunaan Chromebook dalam beberapa tahun terakhir. Dimana hal tersebut membuat penjualan iPad kurang diminati pada sektor pendidikan. 

Popularitasnya yang meroket serta menyebabkan turunnya minat penggunaan iPad mungkin secara tidak langsung mendorong perusahaan teknologi Apple untuk meluncurkan perangkat yang serupa. Hal ini dilakukan demi mendorong daya saing produk Apple di pasaran dunia. 

Baca Berita dan Artikel yang lain di  Google News

(ras)

Share :