Rebranding Clubhouse: Logo Baru & Tak Perlu Undangan Lagi

Muhammad Iqbal Mawardi . July 23, 2021

Foto: Logo Wik


Teknologi.id – Setelah sekitar satu tahun, Clubhouse akhirnya keluar dari fase beta. Sekarang, siapa saja yang ingin memiliki akun Clubhouse bisa mendaftar tanpa perlu undangan.

Selain itu, dalam rangka merayakan keluarnya Clubhouse dari fase beta, pihak Clubhouse mengenalkan logo barunya yang mirip seperti emoji melambaikan tangan.

Aplikasi audio chat ini juga meluncurkan ikon komunitas mereka yakni Justin 'Meezy' Williams, seorang pebisnis di dunia hiburan Amerika Serikat.

"Sistem 'undangan' atau invite telah menjadi bagian penting dari sejarah awal Clubhouse," ucap pihak Clubhouse.

Popularitas Clubhouse melejit pada awal tahun 2021. Ketika itu, aplikasi ini hanya tersedia di iOS. Clubhouse mengklaim berhasil menggaet 10 juta pengguna baru setelah meluncurkan aplikasi untuk Android pada Mei 2021.

Baca juga: Clubhouse Rilis Fitur Pesan Bernama Backchannel

"Hingga kini, Clubhouse terus mengembangkan aplikasi ini dengan memungkinkan para pengguna untuk menambahkan orang baru dalam komunitas Clubhouse, menyambut orang baru setiap minggu di room 'Wednesday Orientations', dan berbicara dengan komunitas setiap hari Minggu di room 'townhall'," tambah pihak Clubhouse.

Melansir data Sensor Tower, Clubhouse mencapai puncak popularitasnya pada bulan Februari 2021 lalu dengan total download sebanyak 9,6 juta. Pada bulan Juni, Clubhouse diinstal 7,7 juta kali di Android dan iOS.

Guna dapat bersaing dengan platform lain dan terus menyegarkan aplikasinya, Clubhouse berencana akan mengeluarkan update besar setiap satu atau dua minggu.

Jumlah rooms yang menjadi tempat diskusi juga berkembang pesat dari yang asalnya 50.000 menjadi 500.000 setiap harinya. Clubhouse menjelaskan rata-rata pendengar diskusi menghabiskan satu jam setiap hari di aplikasi tersebut.

Dibukanya Clubhouse untuk publik diumumkan hanya seminggu setelah mereka mengenalkan fitur messaging bernama Backchannel. Fitur ini sudah digunakan untuk mengirim 90 juta direct messages dalam waktu seminggu setelah diluncurkan.

Setelah ini, Clubhouse akan menghadapi persaingan yang lebih hebat. Di saat mereka masih membangun aplikasinya untuk Android, produk diskusi audio online langsung ramai bermunculan, seperti Twitter Spaces, yang langsung tersedia untuk semua penggunanya.

(MIM)

Share :