Pria Jepang Tempuh 7.000 KM, Lamar Kekasih Lewat Tulisan "MARRY ME" di Google Earth

Della Azzahra Soepardiyanto . December 12, 2022


Foto: Google on Youtube

Teknologi.id - Beberapa waktu lalu, Google mengunggah sebuah video pada akun YouTube-nya tentang seorang seniman yang memecahkan rekor dengan menempuh perjalanan sejauh 7.163 KM selama 6 bulan untuk membuat pesan kejutan lamaran pernikahan menggunakan "Google Earth". 


Seniman tersebut bernama Yasushi "Yassan" Takashi, seorang laki-laki asal Tokyo, Jepang. 


"Hi, aku Yassan. Aku membuat GPS ART menggunakan Google Earth. Pada tahun 2008, aku berpikir untuk mengirimkan kekasihku sebuah pesan kejutan dengan bepergian melintasi Pulau-Pulau di Jepang," pungkas Yassan pada video di YouTube Google berjudul "How an Artist used Google Earth to Craft a Record-setting Wedding Proposal". 


Menurut Interesting Engineering, Yassan memulai perjalanan pada ulang tahunnya yang ke-31 dan membutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk menyelesaikannya. Ia bepergian dari sebelah Utara Jepang, Pulau Hokkaido, hingga sebelah selatan Jepang, Pantai Kagoshima. 


Untuk mewujudkan rencana ini, Yassan bahkan keluar dari pekerjaannya. Selain itu, sebelumnya Yassan tidak pernah benar-benar bepergian keluar dari Tokyo. Setelah perjalanan ini, dia menjadi berkesempatan untuk merasakan pengalaman yang sebelumnya hanya diketahuinya melalui buku. 

Baca juga: Program "Bangkit 2023" Google Resmi Dibuka, Pelajar SMK Bisa Daftar

Setelah perjalanan yang sesuai dengan perencanaannya sudah selesai, Yassan mengunggah GPS data-nya ke Google Earth. Selanjutnya, ia memberikannya kepada pacarnya sebagai pesan kejutan. Yassan menuliskan kalimat "MARRY ME" dilengkapi dengan gambar "love" pada pesan kejutan tersebut. Pesan ini ia tujuan untuk melamar kekasihnya pada saat itu. 


"Tentu saja aku mengatakan iya," ucap kekasih Yassan terhadap pesan kejutan tersebut. 


Ngomong-ngomong soal GPS ART seperti yang dibuat Yassan, kalian tahu nggak, sih, apa itu GPS ART? Memangnya bisa membuat karya seni dari Google Earth? 


Apa itu GPS ART? 


Menurut New York Times, GPS ART adalah kegiatan menggunakan kemampuan pemetaan Global Positioning System dari aplikasi pelacakan pada ponsel modern, seperti Google Maps, Google Earth, atau Strava untuk membuat gambar digital menggunakan rute tertentu. 


Mudahnya, GPS Art adalah ketika kalian menggunakan sebuah aplikasi pelacakan (GPS Apps) pada rute spesifik untuk membuat sebuah gambar atau simbol pada Google maps, Google Earth, atau Strava (aplikasi pelacakan kebugaran). 


Untuk dapat membuat GPS ART, kalian bisa mengaktifkan GPS Tracker (Google Maps, Google Earth, atau Strava) pada lokasi spesifik, sehingga pergerakan kalian akan terlacak. Kemudian, jika kalian tidak ingin pergerakan kalian terlacak, kalian bisa mematikan GPS Tracker tadi. Saat sudah selesai kalian bisa menyimpan datanya. Pada data tersebut, akan terlihat tulisan, gambar, atau simbol yang telah kalian rencanakan sebelumnya. 


Bagaimana? Kalian tertarik enggak untuk menjadi seniman GPS ART? 


Selamat mencoba! 

(das)

Share :