Mempermudah Supervisi&Pelaporan Data Field Team dengan T-Rec

Alisya Mandawa . September 28, 2021


Teknologi.id - T-Rec merupakan sebuah platform teknologi asal Indonesia yang berguna untuk memudahkan supervisi dan pelaporan data tim lapangan secara real-time dalam industri FMCG dan bisnis retail di Indonesia.

 

T-Rec merupakan singkatan dari Tracking & Recording. Tracking (supervisi) tim lapangan dan Recording(merekam) data-data saat mereka bertugas.

 

Bermula saat Founder dan CEO, Dagi Hendrawan, bekerja di salah satu perusahaan Multinational FMCG dimana ia mengalami kesulitan saat harus me-manage ribuan Field Team di seluruh Indonesia (SPG/B, Merchandiser, Salesman). Setelah resign dan melakukan riset dan development selama satu tahun, T-Rec terbentuk pada bulan November 2015.

Melihat dinamika kondisi lapangan di Indonesia, dengan tipikal Field Team yang ‘unik’ dan workflow yang berbeda, disitulah mulai terpikir konsep untuk membuat platform yang bisa mensinergikan tim lapangan dengan Back Office(menjalankan supervisi dan proses operasional tanpa interaksi) melalui pendekatan Data-Driven-to-Action,dimana seluruh informasi dari lapangan dapat tersaji dalam live dashboard sehingga membantu mempercepat proses pengambilan keputusan.  

T-Rec sendiri bergerak di ranah Software as a Service (SaAS) dengan aplikasi mobile berbasis Android. [4] Aplikasi ini di design sesuai workflow / business process di Indonesia dengan modul-modul yang user-friendly, mudah untuk digunakan sesuai kondisi di lapangan. 


Dengan teknologi Geo-Tagging berakurasi tinggi dan anti Fake-GPS untuk validasi lokasi Tim, T-Rec menjadi solusi perangkat lunak seluler untuk Organisasi dalam melakukan supervisi [5] pada aktivitas harian tim lapangan merekadengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas, validitas data dan kecepatan pelaporan.

 

“Dalam industri FMCG, speed adalah hal utama. Oleh karena itu kami berkomitmen untuk membantu klien dalam menghasilkan data dengan tingkat validasi tinggi melalui proses yang cepat (real-time) sehingga perusahaan mendapatkan gambaran yang lebih luas (helicopter-view) mengenai kondisi yang dihadapi di lapangan saat ini agar action dapat lebih cepat dan tepat sasaran.” ujar Dagi.

 

Dalam kesempatan lainnya, ia menjelaskan mengenai cara T-Rec untuk mendorong akuntabilitas dan mempromosikan efisiensi kerja, yaitu: 

 

  1. Akuntabilitas : Melalui fitur keamanan pada aplikasi dan shared-information melalui Live dashboard, memudahkan supervisi dan evaluasi hasil kerja, mendorong transparansi antar individu – antar team – dan antara tim lapangan dengan back office.

  2. Efisiensi kerja : Melalui digitalisasi proses kerja, workflow yang simple dan straight- forward, beralih meninggalkan proses manual (less paperwork, increased speed and agility).


Hingga September 2021, T-Rec telah melayani ribuan user di 90 Kota dan 34 Provinsi, baik dari perusahaan lokal maupun multinasional, dengan berbagai macam merk dan kategori produk yang tersebar di 800.000+ outlet di seluruh Indonesia.


Ke depan, T-Rec akan terus berbenah mulai dari penambahan fitur, efisiensi workflow, UI / UX, Infrastruktur, danpeningkatan kemampuan dashboard untuk Analisa Big Data melalui teknologi Artificial Intelligence. Selain itu, ia berharap dapat berkolaborasi dengan platform lain seperti HRIS / Payroll,Image Recognition, DMS, dll) supaya dapat lebih melengkapi solusi yang ada dalam platform T-Rec Retail Solution and Beyond.

 

T-Rec dapat di akses melalui situs Website https://t-rec.id . Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk pelaku bisnis disektor FMCG dan industri ritel, atau bisnis yang melibatkan tim lapangan. Selain berguna untuk menghubungkan semua pihak terkait dalam satu platform, tujuan utama nya adalah untuk menyediakan data yang andal, terkini, dan komprehensif untuk membantu Manajemen dalam merumuskan keputusan bisnis, baik taktis maupun strategis.




Share :