Jaga Privasimu, Simak Cara Menyembunyikan Nomor Telepon (HP) di Telegram

Tampilan Pengaturan Telegram agar Bisa Menyembunyikan Nomor Telepon. Foto: Teknologi.id

Teknologi.id - Telegram, aplikasi pesan instan populer yang memiliki sistem seperti WhatsApp, dimana penggunanya membutuhkan nomor telepon agar bisa melakukan pendaftaran akun. Sehingga, penggunaan momor telepon memiliki peran penting karena digunakan sebagai media login. Selain itu, agar dapat berkirim pesan antar pengguna Telegram, maka pengguna perlu untuk berbagi nomer telepon.

Namun, dengan maraknya penipuan online saat ini, maka menjaga privasi menjadi hal yang penting terutama dalam hal nomor telepon. Untuk mengatasi masalah ini, Telegram memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menyembunyikan nomor HP agar tidak terlihat oleh siapapun. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna lain tidak dapat menambahkan nomor ponsel kamu ke dalam daftar kontak Telegram mereka.

Meskipun banyak penggunanya menggunakan platform ini untuk menonton film atau mencari teman baru, penting bagi kamu untuk tetap memperhatikan privasi. Oleh karena itu, Teknologi.id telah merangkum bagaimana cara menyembunyikan nomor telepon di akun Telegram untuk menjaga privasi dengan lebih baik. Berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu ikuti,  seperti yang dilansir dari Alphr.

Baca Juga: Bot Telegram ini Bisa Ambil Data Milikmu, ini Cara Ceknya

Sebagai informasi, Telegram menyediakan dua pilihan untuk menyembunyikan nomor HP melalui platformnya. Pilihan pertama adalah menyembunyikannya dari semua orang dan pilihan kedua adalah kecuali dari kontak yang telah disimpan. Tentunya, adanya dua pilihan ini, akan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhannya, apakah ingin menampilkannya nomornya kepada pengguna yang di kontak atau menyembunyikannya dari semua orang.

Cara Menyembunyikan Nomor HP di Telegram (Menyembunyikan dari Semua Orang):

  • Membuka aplikasi Telegram di perangkat Anda.
  • Klik ikon tiga garis di bagian kiri atas untuk membuka menu
  • Lalu, pilih "Pengaturan" (Settings) dari menu tersebut.
  • Kemudian, pilih "Privasi dan Keamanan" (Privacy and Security).
  • Setelah itu, di menu tersebut, pilih opsi "Nomor Telepon" (Phone Number).
  • Terakhir, agar nomor kamu tidak terlihat oleh siapapun, bisa centang "Tidak Ada" (Nobody) untuk menyimpan perubahan yang telah dibuat.
  • Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, nomor telepon kamu tidak akan ditampilkan kepada siapa pun saat pengguna Telegram lain mencari akunmu karena telah disembunyikan. Selanjutnya, terdapat pilihan untuk menyembunyikan nomor telepon kecuali dari kontak yang telah disimpan, berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Menyembunyikan Nomor HP di Telegram (Kecuali untuk Kontak yang Disimpan):

  • Membuka aplikasi Telegram di perangkat Anda.
  • Klik ikon tiga garis di bagian kiri atas untuk membuka menu
  • Lalu, pilih "Pengaturan" (Settings) dari menu tersebut.
  • Kemudian, pilih "Privasi dan Keamanan" (Privacy and Security).
  • Setelah itu, di menu tersebut, pilih opsi "Nomor Telepon" (Phone Number).
  • Terakhir, agar nomor kamu tidak terlihat oleh siapapun kecuali dari kontak yang telah kamu simpan, bisa centang "Kontak Saya" (My Contacts) untuk menyimpan perubahan yang telah dibuat.
  • Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, nomor telepon kamu sekarang tidak akan lagi ditampilkan kepada siapa pun, kecuali kontak yang telah disimpan sebelumnya.

Baca Juga: Deretan Bot Kencan Telegram Terbaik untuk Temukan Pasangan

3 Pilihan yang Disediakan Oleh Telegram untuk Menyembunyikan Nomor Telepon

Sebagai informasi bahwa terdapat tiga pilihan yang disediakan oleh Telegram dalam menyembunyikan nomor telepon penggunanya, yaitu "Semua Orang" (Everybody), "Kontak Saya" (My Contacts), dan "Tidak Ada" (Nobody).

  • "Semua Orang" (Everybody), memungkinkan semua orang untuk menambahkan nomor telepon kamu ke dalam daftar kontak mereka di Telegram.
  • "Kontak Saya" (My Contacts), memungkinkan penggunanya untuk menyembunyikan nomor teleponnya dari semua orang, kecuali dari daftar kontak yang telah disimpannya.
  • "Tidak Ada" (Nobody), memungkinkan pengguna lain tidak dapat menambahkan nomor teleponmu sebagai kontak mereka di Telegram.

Sekarang kamu sudah bisa menyembunyikan nomor telepon kamu sesuai dengan kebutuhan. Dengan fitur privasi ini, memungkinkan kamu untuk menjaga privasi nomor telepon lebih aman dan nyaman saat menggunakan aplikasi Telegram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(raa)

Share :