Pusat Informasi Anti Hoax
Teknologi.id - Selain jadi media sosial paling eksis di kalangan millennial masa kini, Instagram juga mulai punya fungsi penting lain yaitu sebagai marketplace. Online shop atau olshop tentunya sudah tidak asing lagi. Sekarang banyak orang yang menekuni bidang ini karena jumlah keuntungan yang menjanjikan. Selain lebih fleksibel, banyak media yang dapat digunakan untuk menjajakan barang dagangan, seperti Facebook, Twitter, blog, dan Instagram. Namun banyak orang yang lebih memilih lewat instagram. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata Instagram sendiri akan membuat aplikasi belanja online? Kini instagram, sedang fokus memisahkan sebagian fungsi di platform-nya menjadi aplikasi mandiri. Setelah fitur pesan DM (Direct Message), sekarang giliran layanan belanja online-nya akan dijadikan aplikasi mandiri. Dikabarkan, Aplikasi itu bernama 'IG Shopping' yang mempunyai fungsi membantu pengguna Instagram mencari koleksi barang yang dijual oleh akun toko online atau pengguna lain yang di-follow. Tetapi IG Shopping masih dalam tahap mengembangan, sehingga ada kemungkinan aplikasi ini tak jadi diluncurkan. Namun, banyak isu yang beredar bahwa Instagram berada dalam posisi baik untuk ekspansi ke bisnis e-commerce. Namun, pihak Instagram sendiri memilih menolak berkomentar terkait isu ini. Instagram boleh percaya diri soal keputusannya merambah ke industri e-commerce. Karena, tidak sedikit pengguna memanfaatkan media sosial berbagi foto dan video ini untuk berjualan. Informasi dari keuangan kuartal kedua 2018, Chief Operation Officer Facebook Sheryl Sandberg berkata ada 25 juta lebih pebisnis memiliki akun Instagram, dan 2 juta di antaranya adalah pengiklan. Empat dari lima pengguna Instagram mengikuti akun toko online. Itu dapat dikatakan sebagai alasan instagram bikin aplikasi sendiri untuk belanja online. Dengan menyediakan wadah untuk aktivitas belanja online yang semakin populer di Instagram, berarti membuka peluang meraih pendapatan tambahan di luar bisnis media sosial. Sudah terlihat sejak bulan November 2016 lalu, langkah Instagram yang mengarahkan layanannya ke e-commerce. Ketika perusahaan menguji fitur tag harga pada foto. Fitur yang mengizinkan pengguna beli langsung dari foto itu kemudian dirilis pada Maret 2017. Saat ini, Instagram juga mengujicobakan fitur belanja lewat Stories. Ternyata hal ini mirip dengan yang dilakukan oleh perusahaan induknya, Facebook. Sebelumnya Facebook juga sudah mulai mengembangkan aplikasi yang didedikasi untuk platform e-commerce. Beberapa merchant dikabarkan juga sudah terdaftar dalam layanan tersebut.
Baca juga: Cara Hide Akun Instagram Agar Tak Bisa Dilihat Orang lain