GoPay Hadirkan Fitur Baru "Split Bill" yang Mudah Digunakan!

Andi Nabiilah Nur Ashiilah . October 04, 2024
GoPay split bill

Foto: Gopay

Teknologi.id - Aplikasi GoPay dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), kini menghadirkan fitur baru yang memudahkan penggunanya, yaitu Split Bill. Fitur ini memungkinkan kamu untuk membagi tagihan pembayaran dengan mudah, terutama ketika ada banyak orang yang ingin Split Bill dalam satu struk.

Meskipun tampak sederhana, masalah pembagian tagihan sering kali cukup merepotkan, apalagi ketika harus membagi pajak dan bukan hanya harga barang. Sedangkan penggunaan kalkulator untuk menghitung bagian masing-masing itu sendiri sering kali memakan waktu.

Menjawab tantangan ini, kini GoPay menghadirkan solusi yang tidak hanya membantu kamu menghitung, tapi juga langsung membayarkan tagihan. Fitur Split Bill di GoPay dapat memungkinkan kamu untuk langsung membayar dengan akun GoPay atau dengan Virtual Account. Berbeda dengan aplikasi lain yang mungkin hanya menghitung jumlah tagihan tanpa melakukan pembayaran, GoPay menghadirkan kedua fungsi tersebut dengan efisien.

“Banyak aplikasi yang hanya menghitung, tapi nggak bisa menagih dan membayar. Ada juga yang bisa bayar dan transfer, tapi tidak menghitung. Kami melihat masalah ini, dan dengan fitur ini, masalah tersebut teratasi. Kamu cukup foto struknya, dan kami akan mengirim notifikasi melalui Gojek, GoPay, atau WhatsApp,” jelas Kevin Timotius dalam peluncuran fitur ini di Jakarta Selatan.

Baca Juga: Love and Deepspace, Game Otome dengan Pendapatan Tertinggi

Yang menarik, fitur ini tidak hanya dapat digunakan untuk struk belanja fisik saja. Jika kamu melakukan pembelian online atau transaksi tanpa struk, cukup masukkan nominalnya, dan GoPay akan menghitung serta membagi jumlah yang harus dibayar oleh tiap orangnya. Fitur Split Bill GoPay ini dapat memudahkan kehidupan sehari-hari, terutama dalam mengatur pembayaran bersama secara lebih cepat dan praktis.

Jika kamu tertarik dengan fitur Split Bill GoPay, kamu dapat mencoba langsung menggunakannya dengan cara-cara berikut:

Dengan struk

  1. Buka Aplikasi GoPay dan pilih fitur "Split Bill" dari menu yang tersedia.
  2. Pilih Opsi "Hitung Otomatis Pakai Struk" untuk menghitung pembagian tagihan langsung dari struk pembelian yang kamu miliki.
  3. Ambil foto struk pembelianmu menggunakan kamera ponsel. Pastikan foto yang diambil jelas dan semua item pada struk dapat terbaca dengan baik.
  4. Setelah foto diunggah, sistem akan secara otomatis menghitung total tagihan. Pastikan perhitungan dari struk sudah benar, termasuk harga barang, pajak, dan biaya layanan jika ada. Kamu bisa mengedit jika ada kesalahan kecil pada perhitungannya.
  5. Pilih siapa saja yang akan ikut membayar tagihan tersebut. Kamu bisa memilih teman atau anggota keluarga dari daftar kontak yang ada di aplikasi GoPay atau menambahkan orang lain secara manual.
  6. Tentukan siapa yang membayar untuk item tertentu di struk sehingga pembagian tagihan lebih akurat dan adil.
  7. Pilih "Kirim" untuk mengirimkan tagihan ke teman-teman atau anggota keluargamu. Mereka akan menerima notifikasi melalui GoPay, Gojek, atau bahkan WhatsApp dengan rincian tagihan yang harus dibayar.
  8. Split Bill Berhasil Dibuat!

Baca Juga: Telkomsel Terapkan AI Secara End-To-End, Ini Cara yang Dilakukan

Tanpa struk dengan mengatur nominal sendiri

  1. Buka aplikasi GoPay di ponselmu dan pilih fitur "Split Bill".
  2. Pilih opsi"Atur Jumlahnya Sendiri" untuk memasukkan nominal secara manual sesuai kebutuhan tanpa menggunakan struk.
  3. Masukkan jumlah total tagihan yang ingin kamu bagi.
  4. Pilih teman atau anggota keluarga yang akan ikut berbagi tagihan dari daftar kontak di GoPay. Kamu bisa menambahkan beberapa orang sekaligus untuk patungan.
  5. Pilih Metode Pembagian. Jika semua orang ingin berbagi jumlah yang sama, pilih opsi "Bagi rata". Jika pembagian tidak merata atau ada anggota yang ingin membayar jumlah berbeda, pilih opsi "Tentuin nominal". Kamu dapat memasukkan jumlah yang berbeda untuk setiap anggota sesuai dengan kontribusi mereka.
  6. Kirim dan Selesai!: Setelah semuanya siap, klik "Kirim". Split Bill kamu berhasil dibuat, dan anggota yang dipilih akan menerima notifikasi di GoPay mereka untuk membayar sesuai dengan nominal yang telah dibagi.

Itu dia informasi mengenai fitur terbaru GoPay yaitu Split Bill yang dapat menjadi penolongmu saat membagi struk belanjaan. Kini kamu tidak perlu lagi pusing menghitung biaya yang harus kamu atau temanmu keluarkan saat sedang berbelanja bersama.

Baca berita dan artikel lainnya di: Google News

(ANNA)

Share :