Facebook dan Instagram Tawarkan Layanan Bebas Iklan, Pengguna Cukup Bayar Segini

Silviya Zukhruf Aini . October 31, 2023

Foto: NYPost

Teknologi.id - Dalam rangka mematuhi regulasi Uni Eropa, Meta menawarkan paket berlangganan premium kepada penggunanya untuk aplikasi Facebook dan Instagram.

Beberapa wilayah di Eropa yang dapat menikmati tawaran tersebut yakni Uni Eropa, Wilayah Ekonomi Eropa (European Economic Area/EEA), termasuk Jerman, Perancis dan Swiss. Penawaran ini akan berlaku mulai bulan November.

Dikutip dari Antara, Regulasi Uni Eropa mengancam akan membatasi kemampuan Meta dalam mempersonalisasi iklan bagi pengguna tanpa persetujuan pengguna dan mengganggu sumber pendapatan utamanya.

Beberapa aplikasi di bawah naungan Meta, seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, hingga Messenger, menurut regulator, mengumpulkan data pribadi pengguna tanpa persetujuan. 

Pihak Meta mengklaim tidak akan menggunakan data pengguna untuk kepentingan iklan apabila pengguna memilih untuk berlangganan.

Baca juga: Diam-diam Instagram dan Facebook Urus Izin Social Commerce di Indonesia 

Meta menawarkan dua opsi untuk berlangganan. Pertama, bagi pengguna Facebook dan Instagram versi web, akan dikenakan tarif sebesar 9,99 euro atau sebesar Rp 168.000/bulan. Kedua, bagi pengguna Android dan iOS, akan dikenai tarif sebesar 12,99 euro atau Rp 218.000/bulan. 

Dilansir dari Kompas.com, harga tersebut berlaku untuk satu akun, termasuk akun yang saling terhubung di Facebok dan Instagram. Artinya, apabila pengguna memiliki satu akun Facebook yang terhubung ke akun Instagramnya, akan dikenakan biaya seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Ketentuan ini hanya berlaku hingga 1 Maret 2024.

Setelah melewati batas tanggal tersebut, akan ada biaya tambahan pada setiap akun yang terhubung sebesar 6 euro atau sekitar Rp 101.000/bulan bagi pengguna web. Sedangkan bagi pengguna Android dan iOS akan dikenakan biaya tambahan sebesar 8 euro atau Rp 134.000/bulan.

Perlu diketahui bahwa pusat bisnis Meta fokusnya terletak pada penawaran media sosial gratis ke pengguna dan menjual iklan ke perusahaan yang ingin menjangkau audiens di jejaring sosialnya. Dengan menawarkan opsi berlangganan, Meta setidaknya dapat mematuhi regulasi dan berbagai kebijakan lain di Eropa tanpa mengganggu bisnis iklannya.

Pengguna aplikasi Facebook dan Instagram di wilayah Uni Eropa, EEA, dan Swiss masih dapat menikmati aplikasi tersebut tanpa perlu berlangganan. Pengguna diberikan kebebasan untuk memilih berlangganan aplikasi tanpa iklan atau gratis dengan iklan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(sza)


Share :