OpenAI Resmi Rilis Advanced Voice Mode, Berbicara dengan AI Semakin Menyenangkan

Sekar Arum Pangastuti . September 25, 2024
Type your caption


Teknologi.id – OpenAI resmi rilis Advance Voice Mode (AVM) kepada pelanggan berbayar ChatGPT pada Selasa (24/9/2024). Fitur AVM ini berfungsi untuk memudahkan pengguna saat berbicara dengan ChatGPT.

Awalnya fitur ini akan dikhususkan kepada pengguna ChatGPT Plus dan ChatGPT Teams. Sementara pengguna ChatGPT Enterprise dan ChatGPT Edu akan dapat menikmati fitur ini pada minggu depan.

Dalam perilisannya, AVM juga mendapatkan desain baru yang berupa animasi bola bewarna biru dana bukan titik-titik hitam seperti yang ditampilkan OpenAI pada pengumumannya di bulan Mei lalu. Open AI menyebutkan bahwa pengguna akan menerima notifikasi dari ChatGPT ketika fitur AVM sudah tersedia.

Baca Juga: OpenAI Dikabarkan Tengah Menggalang Dana Investasi Hingga 150 Miliar Dollar

Pada akun X resminya, OpenAI mengatakan bahwa fitur Advanced Voice Mode akan tersedia bagi pengguna ChatGPT Plus dan ChatGPT Teams selama seminggu. Lebih lanjut, OpenAI mengaku bahwa pihaknya juga menambahkan Custom Instructions, Memori, lima suara baru, aksen suara yang telah ditingkatkan. Saat ini ChatGPT juga bisa mengucapkan kalimat “Maaf saya terlambat,” dalam lebih dari 50 bahasa.

Fitur Custom Instructions memungkinkan pengguna untuk mengatur sendiri bagaimana ChatGPT akan merespon. Sedangkan fitur Memori, memungkinkan ChatGPT untuk mengingat percakapannya dengan pengguna sebagai referensi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikutnya.

Lima suara baru ChatGPT, masing-masing diberi nama Arbor, Maple, Sol, Spurce, dan Vale. Pengguna kini bisa mencoba suara-suara baru milik ChatGPT tersebut. Saat ini, ChatGPT memiliki total sembilan suara setelah adanya penambahan. Empat suara lainnya disebut Juniper, Ember, Breeze, dan Cope.

Baca Juga:AI o1 Buatan Induk ChatGPT Punya IQ 120, Lebih Tinggi dari Rata-rata Manusia

Dalam pembaruan kali ini, OpenAI mengklaim bahwa suara ChatGPT saat ini mampu memahami aksen dengan lebih baik. Kini suara OpenAI juga mampu berbicara dengan lebih lancar dan cepat. Meski terkadang masih terjadi gangguan, tapi perusahaan mengatakan dengan pembaruan ini, suara OpenAI menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Namun, suara Sky dalam aplikasi ini telah dihilangkan akibat kemiripannya dengan suara aktris Scarlett Johansson.  Sebelumnya, Scarlett Johansson memerankan karakter AI pada film “Her” dan mengklaim bahwa suara Sky mirip dengan suaranya pada film tersebut. OpenAI pun akhirnya menghapus suara Sky dan mengatakan tidak berniat untuk meniru suara Scarlett Johansson, meskipun beberapa pegawainya menggunakan film “Her” sebagai referensi untuk menciptakan suara OpenAI.

Selain suara Sky, OpenAI juga menghilangkan fitur Video ChatGPT dan fitur Share Screen. Padahal, fitur tersebut memungkinkan AI untuk meproses informasi dengan bahan berupa video dan audio. Kini OpenAI tidak memberikan pernyataan terkait kapan fitur ini akan diluncurkan kembali.

Baca Berita dan Artikel yang lain di 
 
Google Berita
 
.

(sap)

Share :