Meta AI Studio: Bisa Bikin Karakter AI untuk Interaksi dengan Pengguna Lain

Sekar Arum Pangastuti . July 30, 2024


karakter AI Meta AI Studio
Foto: about.fb.com

Teknologi.id – Meta baru saja meluncurkan AI Studio yang memungkinkan pengguna untuk membuat, membagikan, dan berinteraksi menggunakan karakter AI-nya sendiri. Dengan adanya AI Studio, para content creator dapat membuat perpanjangan dirinya sendiri dalam rangka mendapatkan lebih banyak penggemar.

AI Studio dibuat menggunakan teknologi 3.1 Llama sehingga semua orang bisa membuat karakteknya sendiri di ai.meta.com/ai-studio atau di aplikasi Instagram. Anda dapat memanfaatkan template yang tersedia atau membuatnya sendiri untuk memberikan perintah pada AI sesuai minat Anda. AI juga dapat membuat karakter khusus untuk Anda yang dapat dibagikan kepada teman, pengikut, dan bahkan membuatnya tersedia untuk siapa saja yang dapat diajak mengobrol melalui Instagram, Messenger, WhatsApp, dll.

Meta menyebutkan pengguna dapat menyesuaikan karakter AI-nya berdasarkan konten Instagram, topik yang perlu dihindari, dan tautan yang ingin dibagikan. Selain itu, AI Studio mampu membuat pengguna membatasi dengan siapa karakter AI-nya bisa berbicara.

Baca juga: Meta AI Luncurkan Fitur Imagine Me, Bisa Jadi Gladiator Hingga Karakter Game!

Apabila Anda tertarik membuat karakter AI sendiri, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

·         Buka situs ai.meta.com/ai-studio atau mulai pesan baru di Instagram.

·         Pilih “Buat obrolan AI”.

·         Sesuaikan nama, kepribadian, nada, avatar, dan moto karakter AI.

Dengan AI Studio, konten kreator Instagram dapat membuat membuat karakter AI-nya sebagai perpanjangan dirinya yang dapat menjawab pesan direct massage (DM) dan balasan cerita dengan cepat. Karakter AI juga dapat diatur untuk berbagi fakta mengenai dirinya sendiri, menyambungkan ke merek favorit, atau membagikan video lama. Maka dari itu, diharapkan konten kreator bisa menjangkau lebih banyak audiens dan penggemar mendapatkan balasan lebih cepat.

Melalui professional dashboard di Instagram, kreator bisa menghidupkan atau menonaktifkan fitur  auto replied dan memutuskan dengan siapa karakter AI bisa menjawab pesan. Jawaban dari kreator AI akan diberi label sehingga terdapat transparansi antara penggemar dan kreator.   

Meta menegaskan bahwa pihaknya memiliki kebijakan dan perlindungan bagi pengguna AI untuk menjaga keamannya. Selain itu, Meta akan pastikan AI digunakan secara bertanggung jawab sehingga mengobrol bersama AI terasa menyenangkan dan bermanfaat.

“Dengan AI Studio, kami mengambil langkah pertama dalam menciptakan dunia tempat siapa pun dapat memanfaatkan kemampuan kreatif AI, ini baru permulaan,” lanjut Meta dalam official website-nya.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(sap)

 

Share :

Berita Menarik Lainnya