Tips Beriklan di Instagram untuk Mendatangkan Pembeli

Luthfiana Mifta . August 12, 2020


Foto: Jasa SEO


Teknologi.id - Instagram Ads sangat cocok sebagai media promosi dengan budget yang minim. Kalian dapat melakukan iklan menggunakan Instagram Ads mulai dari budget Rp 10.000 saja. Dengan jumlah pengguna yang mencapai 500 juta tentu saja sayang sekali jika tidak menggunakan Instagram Ads sebagai media promosi bisnis kalian.

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kalian persiapkan sebelum memulai promosi dengan Instagram Ads:

Baca juga: Apa Itu Headless Server? Apa Manfaatnya?

1. Membuat Profil Bisnis Instagram


Foto: Blog Sribu


Berikut tahapan untuk membuat akun Instagram menjadi akun bisnis:

  • Masuklah ke akun Instagram kalian terlebih dahulu
  • Bukalah bagian profile
  • Tekan tombol setting dan pilih ubah ke profil bisnis
  • Kalian akan dihubungkan dengan Facebook Page
  • Lalu pilihlah kategori yang sesuai dengan profil bisnis kalian
  • Kalian diberikan perintah untuk melengkapi informasi di Pengaturan Profil Bisnis
  • Pilihlah kalimat atau kata-kata yang dapat memudahkan konsumen ketika mereka ingin menghubungi

Ketika akun Instagram kalian sudah beralih menjadi akun bisnis maka tidak bisa lagi diatur privat (pribadi). Saat ini akun Instagram kalian hanya bisa terhubung dengan satu akun Facebook Page saja.

2. Memilih Konten


Foto: entrepreneursquad.id


Pilihlah salah satu konten produk di Instagram yang paling menarik dan siap untuk kalian iklankan. Jika kalian rasa belum ada konten yang sesuai maka kalian bisa membuatnya terlebih dahulu lalu menguploadnya ke akun Instagram bisnis kalian. Jangan lupa, perhatikan copywriting agar pembaca tertarik untuk melakukan interaksi dengan iklan kalian. Setelah memilih konten yang akan diiklankan lalu klik tombol “Promosikan” pada bagian kanan bawah.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Flashdisk Minta Diformat

3. Menentukan Goals


Foto: Wulan Kenanga


Setelah menekan tombol “Promosikan”, kalian akan dibawa kepada halaman setting Instagram Ads yang pertama. Ada 3 pilihan tempat untuk menggiring pengunjung yaitu profile, situs web, dan etalase. Ketika memilih “Profile” maka pengunjung akan diarahkan ke akun Instagram kalian agar mereka dapat melihat-lihat konten yang telah kalian upload. 

Jika memilih "Situs Web" maka pengunjung akan diarahkan ke website kalian. Kalian bisa menggunakan iklan berbentuk potongan artikel atau tips agar mereka tertarik untuk berkunjung ke website kalian.

Pilihan terakhir adalah “Etalase” yang bertujuan agar pengunjung langsung melakukan interaksi dengan iklan seperti telepon sekarang, beli sekarang dan lain-lain. Pilihan ini sangat cocok jika tujuan kalian beriklan adalah untuk langsung mendapatkan calon customer.

4. Biaya Iklan di Instagram Ads


Foto: Niagahoster


Kalian bisa memilih anggaran dana mulai dari 10.000 per hari hingga 10.000.000 per hari. Kalian juga bisa menentukan jumlah durasi iklan tayang selama berapa hari, mulai dari 1 hari hingga 30 hari. Jumlah anggaran yang dikeluarkan akan sangat mempengaruhi jumlah pengunjung yang akan melihat iklan kalian.

Misalnya, kalian memberikan anggaran 10.000 /hari maka total pengunjung yang dapat di jangkau berkisar 1.300 hingga 3.400 orang. Namun, bila kalian memberikan anggaran 50.000 /hari maka total pengunjung yang bisa dijangkau berkisar 7.900 hingga 21.000 orang.

Kalian juga akan diminta memilih metode pembayaran yang digunakan. Saat ini, ada dua pilihan metode pembayaran yang telah disediakan oleh Instagram yaitu menggunakan kartu kredit atau debit.

5. Mereview Hasil Preview Iklan


Foto: Niagahoster


Halaman ini akan menampilkan secara detail hasil setting iklan kalian. Sebelum menjalankan iklan kalian bisa melihat terlebih dahulu tampilan dari konten iklan yang nantinya akan berjalan. Pilih “Tampilan Contoh Promosi” lalu kalian akan di arahkan pada pilihan kabar berita dan story. Kalian akan melihat bagaimana tampilan konten saat berada pada kabar berita dan story. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mereview ulang sebelum iklan dijalankan.

Baca juga: Tak Lagi GoViet, Nama Gojek Resmi Dipakai di Vietnam

(lm)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler