Jika Terjadi Perang Dunia, Negara Ini Aman untuk Ditinggali

Muhammad Iqbal Mawardi . February 16, 2021

Foto: Pinterest

Teknologi.id – Tentunya, tidak ada seorang pun yang menginginkan terjadinya perang kembali di dunia yang sudah tergolong damai ini. Seluruh penduduk di dunia pastinya berharap setiap negara dapat menyelesaikan konflik yang tengah mereka alami dengan cara diplomatik guna tidak mengharuskan terjadinya perang atas konflik tersebut.

Walaupun demikian, sebagian dari kita tentu bertanya-tanya, negara manakah yang terbilang aman apabila terjadi perang dunia kembali di dunia? Oleh karenanya, berikut 5 negara paling aman jika dunia dilanda kembali peperangan.

Islandia

Foto: Unsplash

Islandia dikenal sebagai negara yang damai dan sangat jarang terlibat perselisihan karena memang letak negara ini yang tidak memiliki perbatasan darat dengan negara lain.

Islandia juga terletak cukup jauh dari negara lainnya dan daerah pegunungannya akan membuat negara lain sangat sulit untuk melancarkan invasi ke Islandia.

Swiss

Foto: Unplash

Negara ini cenderung mengambil posisi netral pada setiap konflik bersenjata. Akan tetapi, negara yang dilintasi Pegunungan Alpen ini juga memiliki angkatan bersenjata kelas kakap dan bunker yang tersebar di sejumlah titik di negaranya.

Hadirnya Pegunungan Alpen juga menjadi nilai plus bagi Swiss sebagai destinasi berlindung jika Perang Dunia kembali berlangsung.

Baca juga: 10 Karir Masa Depan Menjanjikan di 2021

Selandia Baru

Foto: New Zealand

Selandia Baru merupakan salah satu tempat yang paling mandiri di dunia dalam bidang pertanian dan pangan. Karena begitu terpencil, Selandia Baru menjadi negara yang jarang diserbu karena sulitnya perjalanan ke tempat ini.

Selain itu, tidak adanya satwa liar yang berbahaya dan minimnya kasus kekerasan dan terorisme membuat Selandia Baru salah satu pilihan negara yang aman untuk ditinggali.

Tuvalu

Foto: Timeless Tuvalu

Kelebihan utama negara ini adalah lokasinya yang teramat jauh, yakni di tengah Samudera Pasifik. Meski begitu, negara dengan ibu kota Funafuti tersebut memiliki bahan pangan yang berlimpah.

Selain itu, populasinya yang kecil dan tingkat keterlibatan politik internasional yang rendah menjadikan Tuvalu sebagai negara yang aman dari dampak jika terjadinya Perang Dunia.

Kanada

Foto: Unsplash

Meskipun Kanada adalah bagian dari kelompok NATO, negara ini merupakan negara yang sangat besar. Menurut World Regional Geography, 90 persen warga Kanada tinggal dalam radius 150 mil (241 km) dari perbatasan Amerika Serikat. Ini membuat kawasan lainnya kosong atau memiliki populasi yang rendah.

Ada suatu daerah yang disebut Yukon yang memiliki sedikit penduduk dan sangat bergunung-gunung. Hal tersebut menjadikan tempat ini menjadi tempat yang tepat untuk bersembunyi. Kanada juga memiliki persediaan lebih dari 30 persen air tawar dunia sehingga menjadi tempat yang tepat untuk dihuni dan bercocok tanam.

(MIM)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler