ASUS Tawarkan Adaptor Efisien, Adol Gallium Nitride 65W

Annisa Fadillah . October 20, 2020

Foto : Gizmochina

Teknologi.id - Raksasa teknologi asal Taiwan, ASUS, telah meluncurkan adaptor Gallium Nitride baru yang disebut adaptor Adol GaN 5W. Adaptor pengisi daya ini dilengkapi dengan output daya maksimum 65W dan memiliki interface 2C 1A. Adaptor ini dipasarkan dengan harga 199 yuan atau sekitar $ 29 (Rp 427 ribuan).

Sama seperti pengisi daya GaN lainnya yang beredar di pasaran, pengisi daya ASUS Adol GaN 65W tersebut diproduksi menggunakan semikonduktor Gallium Nitride. Penggunaan bahan semikonduktor Gallium Nitride memiliki keunggulan konduktivitas super termal, tahan suhu tinggi, tahan asam dan alkali, dan sangat mengurangi ukuran pengisi daya.

Gallium Nitride (GaN) adalah senyawa semikonduktor celah pita lebar (wide-bandgap) yang menawarkan lebih banyak keunggulan ketimbang silikon yang pada umumnya digunakan secara konvensional. Penggunaan GaN sebagai transistor dalam aplikasi switching dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi faktor bentuk, dan memperpanjang rentang suhu pengoperasian. Hal ini membuat GaN sempurna untuk adaptor desktop dan aplikasi konversi daya lainnya yang menginginkan efisiensi tinggi dan faktor bentuk kecil.

Baca Juga : Bersama ASUS, Qualcomm Garap Smartphone Gaming Debutannya

Adaptor Adol GaN buatan ASUS hadir dengan desain tiga port yang mencakup port USB-C ganda dan port USB-A. Ini sama-sama mendukung protokol PD3.0 dan memiliki daya keluaran maksimum 65W. Dari segi desain, adaptornya menggunakan desain colokan yang bisa dilipat. Adaptor ini memiliki berat sekitar 120g dan memiliki dimensi 29 × 43 × 66mm.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX DESIGNER, PRODUCT RESEARCH, ESPORT BUSINESS CLASS, DIGITAL MARKETING, dan SALES & MARKETING PROFESSIONAL bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Foto : Gizmochina

Dikutip dari CUI, kelebihan adaptor yang terbuat dari Gallium Nitride lainnya adalah sebagai berikut :

  • Adaptor desktop GaN menawarkan opsi yang lebih ringan untuk aplikasi yang mengutamakan daya portabel dan estetika produk.
  • Dibandingkan dengan transistor silikon, GaN memiliki resistansi on-state yang lebih rendah. Ini meningkatkan efisiensi melalui pengurangan kerugian konduksi.
  • GaN juga memiliki gerbang dan biaya keluaran yang lebih rendah daripada transistor silikon. Sehingga, membuatnya lebih efisien.
  • Karena celah pitanya yang lebar (wide-bandgap), bahan GaN menawarkan konduktivitas termal yang lebih baik dibandingkan silikon. Hal ini dapat menjaga adaptor Anda tetap dingin dan aman dari kerusakan panas.

Baca Juga : Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

(af)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler