Video "Keke Bukan Boneka" Dikembalikan YouTube Setelah Hilang 15 Jam

Sutrisno Zulikifli . June 05, 2020
Tangkapan layar video "Keke Bukan Boneka" di YouTube



Teknologi.id - Rachmawati Kekeyi Putri Cantika atau yang lebih dikenal dengan nama Kekeyi memang mendadak jadi perbincangan belakangan ini. Terbaru, jagat maya dihebohkan dengan hilangnya video "Keke Bukan Boneka" di YouTube sejak Jumat (5/6/2020) dini hari.

Setelah 15 jam lenyap, entah mengapa, sekitar pukul 15.00 WIB, video nyanyian berdurasi 3 menit 26 detik itu kembali muncul di YouTube.

BACA JUGA: Setelah "Kitab Suci Aceh", Giliran "Kitab Suci Injil Minangkabau" yang Muncul di Play Store

Video yang diunggah pada 29 Mei lalu itu, saat ini telah dinonton lebih dari 29 juta kali dan masih menjadi video terpopuler pertama di kanal trending YouTube.

Pada saat hilang, pada link videonya, ada pemberitahuan video itu telah dihapus karena melanggar hak cipta.

Memang, video Kekeyi itu menjadi kontroversial karena dianggap mirip dengan lagu yang dinyanyikan oleh Rini Idol dengan judul yang persis: "Aku Bukan Boneka".

Rini yang mendapat kabar itu, langsung memberikan klarifikasi lewat akun instagramnya. Kata Rini, dihapusnya lagu Kekeyi oleh YouTube merupakan keputusan label Sony Music Indonesia selaku pemegang hak cipta lagu "Aku Bukan Boneka".

"Terkait dengan di take down-nya lagu Keke Bukan Boneka adalah di luar wewenang aku. Semua adalah keputusan label @sonymusicid @novi_umar81 selaku pemilik hak cipta dari Aku Bukan Boneka, yang di mana Sony Music sekarang bukan lagi label aku," tulis pemilik nama lengkap Rinni Wulandari itu.





Lihat postingan ini di Instagram









🙏🏻❤️

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rinni Wulandari Julian (@rinni_w) pada

BACA JUGA: Cara Mengatasi Google Play Store Error dan Terhenti Tiba-tiba

"Kenapa ada tulisan 'Copyright claim by Rini Idol - Aku Bukan Boneka'? Nah, video yang kena take down sama YouTube selalu mencatut judul lagu dan penyanyi aslinya. Jadi nama aku beserta judul lagunya tercantum di situ," jelasnya.

Belum ada keterangan resmi dari pihak YouTube soal pengembalian dan penghapusan video Kekeyi yang kembali heboh ini.

(sz)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya