Viral Mesin WiFi Koin di TikTok, Apa Itu?

Teknologi.id . May 25, 2022
Ilustrasi Mesin Wifi Koin. Foto: Liputan6


Teknologi.id - Semua tahu, bahwa internet menjadi salah satu kebutuhan esensial saat ini. Hal ini karena, segala sesuatu bisa diakses dengan bantuan internet.

Biasanya, orang mengakses internet menggunakan paket data atau wifi. Saat memakai paket data, kita bisa mengakses internet dimana saja tanpa terkendala tempat.

Berbeda dengan yang memakai wifi hanya bisa mengakses internet di tempat tertentu. Berbicara mengenai wifi, di TikTok saat ini tengah viral mengenai mesin wifi koin.

Apa Itu Mesin Wifi Koin?

WiFi koin merupakan layanan penyedia WiFi tanpa router dan kabel LAN. Mesin hotspot yang dioperasikan dengan koin ini dirancang untuk memberikan layanan internet berbayar menggunakan koin sebagai pembayaran.

Salah satu pengguna media sosial TikTok @rioongob2 diketahui membuka jasa sewa wifi di rumahnya menggunakan wifi koin.

@rioongob2 Tanpa di awasi duit terisi sendiri #wifikoin ♬ Yeahh Remix - sumbing46

Rekaman video itu memperlihatkan bahwa wifi koin ini bisa dijadikan sebagai ide bisnis yang menguntungkan.

"Tanpa diawasi duit terisi sendiri #wifikoin," keterangan video ini.

Di salah satu video @rioongob2, terlihat banyak anak kecil dan remaja yang duduk di depan atau dalam rumah untuk menikmati sewa wifi tersebut.

Cara Kerja Wifi Koin

Untuk mengakses layanan internet dari WiFi koin, pengguna harus memasukkan koin sesuai jumlah yang diminta ke kotak yang disediakan.

Lubang tempat memasukkan koin ini mirip dengan lubang koin yang ada di telepon umum. Di mana, ketika pengguna hendak menelepon, mereka harus memasukkan koin dan memencet nomor telepon yang mau dihubungi.

Nah, untuk WiFi koin ini, pengguna bisa memilih nama WiFi Koin sebagai layanan WiFi yang ingin dipakai untuk terhubung ke internet. Selanjutnya, pengguna akan diminta memasukkan koin.

Pada video di TikTok @rioongob2, tertera untuk menggunakan koneksi internet selama 2 jam, pengguna diminta memasukkan koin Rp 1.000. Begitu memasukkan koin sesuai yang diminta, pengguna mengklik tombol Selesai, lalu internet pun siap dipakai.

Baca juga: Dimana Lokasi Pasang Router WiFi Agar Sinyal Kencang? Di Sini!

Video yang diunggah pada 23 Mei 2022 itu sudah ditonton sebanyak 3 juta kali oleh pengguna TikTok. Video ini dibanjiri komentar dari warganet.

"saya mau lah buat nambah pemasukan," komentar salah satu warganet.

"keren," imbuh yang lain.

Tak sedikit warganet yang penasaran ingin membeli kotak mesin wifi koin tersebut.

"dmna beli tempat koin nya bang?" tulis seorang pengguna TikTok.

Baca juga: Laptopmu Tidak Dapat Mendeteksi WiFi? Berikut Cara Mengatasinya!

Mesin WiFi Koin Dijual di Marketplace

Berdasarkan penelusuran Teknologi.id di internet, mesin WiFi koin ini banyak dijual di marketplace, seperti di Tokopedia, Lazada Indonesia, hingga Shopee.

Harganya pun beragam, mulai dari Rp 2,2 juta, Rp 3 jutaan, hingga ada juga yang Rp 4,1 jutaan. Tertarik untuk membeli? Kamu bisa membeli mesin wifi koin di sini. 

Instalasi Mesin Wifi Koin

Untuk instalasi WiFi koin ini, pengelolanya harus menghubungkan perangkat WiFi koin ke penyedia layanan internet (Internet Service Provider).
Saat mengklik salah satu produk yang ada di marketplace, kolom deskripsi diisi oleh penjual dengan berbagai keterangan tentang peranti WiFi koin tersebut.

Misalnya si penyedia mesin WiFi koin menyediakan lisensi software yang berlaku selamanya, petunjuk dengan suara bahasa Indonesia, pengelola juga bisa mengatur tarif dan durasi pemakaian si pengguna, dan berbagai pengaturan lainnya.

Penjual juga mengklaim, instalasi dari peranti WiFi koin box ini mudah karena hanya perlu dikoneksikan ke sumber internet menggunakan kabel LAN. Selain itu, jumlah pengguna yang terkoneksi juga beragam, bahkan ada yang mengklaim bisa dihubungkan ke 500 user.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar