Elon Musk Geram Scammer Kripto Jual Namanya di Twitter

Muhammad Iqbal Mawardi . February 17, 2022

Foto: Wallpaper Cave

Teknologi.id – Elon Musk, CEO dari Tesla dan SpaceX mengungkapkan amarahnya terhadap  akun-akun spam uang kripto yang berjamuran di media sosial Twitter. 

Sejumlah penipuan uang kripto yang dilakukan para akun Twitter yang mengatasnamakan dirinya berhasil menyulut amarah salah satu orang terkaya di dunia tersebut.

Hal ini disampaikan langsung Musk kepada pendiri dari Dogecoin Billy Markus pada sebuah komentar di Twitter. 

Sebelumnya, Markus yang memposting Tweet yang berisi screenshoot atas penipuan giveaway dari akun yang mengguakan nama Elon Musk, dan bahkan foto profilnya yang memakai akun milik Musk.

Elon Musk mengatakan bahwa pihak Twitter telah berjuang guna memperbaiki hal tersebut untuk waktu yang lama. Namun akun-akun spam serta penipuan kripto ini masih berkeliaran untuk melakukan kejahatan.

Baca juga: GIP Mobile, Aplikasi Trading Kripto Pertama Mirip E-Commerce

Elon Musk juga rupanya pernah berseteru dengan scammer uang kripto. Di tahun 2018, Musk sempat meminta pihak Twitter untuk mengawasi robot spam yang mengatasnamakan Ethereum.

Seorang ahli komputer Paul Graham mengomentari permasalahan tersebut. Dia mengatakan mungkin terlalu sulit bagi Twitter untuk mendeteksi spam.

Sedangkan pada Oktober lalu, Musk juga pernah mengolok-olok para scammer yang berkicau tentang Dogecoin. Penipuan uang kripto yang dilakukan oleh akun-akun palsu tersebut menjanjikan jumlah koin yang berlipat dari jumlah sebelumnya, dengan syarat si calon korban harus terlebih dulu mengirimkan uang kepada mereka. Namun sang miliarder menyerang balik para scammer dengan menawarkan kesepakatan yang merugikan para penipu tersebut.

Selain itu, pada bulan Juli 2020 lalu, sejumlah nama-nama berpengaruh seperti Bill Gates, Kim Kardashian, termasuk Elon Musk, serta tokoh-tokoh terkenal lain dipergunakan namanya untuk penipuan Bitcoin.

Menurut data yang dikeluarkan Komisi Perdagangan Federal tahun lalu, scammer kripto yang meniru akun Twitter Elon Musk sukses meraup sekitar 2 juta dolar AS. 

Akun scammer yang meniru Musk diketahui melancarkan aksinya tak hanya di Twitter, tetapi di Facebook dan Instagram juga. 

Bahkan penipu tersebut sempat membuat channel YouTube untuk meyakinkan korbannya dengan membuat live streaming dengan tipuan berupa hadiah Bitcoin yang disertai gambar dari Elon Musk.

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar