Kamu tentunya nggak akan pernah menduga bahwa kehidupan di tahun 2020 akan jadi tahun yang sangat berbeda total dari tahun-tahun sebelumnya. Pandemi menyerang tanpa pandang bulu. Alhasil, hampir seluruh aktivitas di berbagai bidang berlangsung secara online, interaksi langsung jadi lebih berkurang, dan perekonomian terombang-ambing.
Satu tahun berlalu, dan kondisi masih tak jauh berbeda. Di masa seperti ini, para pebisnis, mungkin termasuk kamu, baik yang berskala kecil maupun besar, masih harus berjuang memutar otak untuk mempertahankan setiap bisnisnya. Di masa seperti ini juga, ada begitu banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa didapat dan dipelajari agar kamu dan para pebisnis lainnya bisa berjuang melawan kondisi pandemi. Apa saja pelajaran yang bisa diambil?
1. Selalu Bersiap untuk Kejutan
Masa pandemi membuat ketidakpastian dalam dunia bisnis menjadi lebih nggak pasti lagi. Kejutan bisa muncul dari berbagai arah dan dalam bentuk apapun. Kamu yang kurang waspada dan siap pastinya akan kewalahan dalam menghadapinya.
Selalu persiapkan rencana utama dan cadangan. Cari tahu apa yang bisa dilakukan dan tidak dilakukan di masa seperti ini. Ulas setiap keputusan dengan matang yang ada sebelum diterapkan. Tekan pengeluaran sebisa mungkin untuk menunjang operasional bisnis dan siapkan dana darurat jika sewaktu-waktu ada pengeluaran tidak terduga.
2. Manfaatkan Teknologi Seoptimal Mungkin
Ketika interaksi langsung berkurang drastis, maka sudah saatnya kamu manfaatkan teknologi sebagai jembatan interaksi dan komunikasi kamu. Cari tahu kekuatan terbesar dari setiap media dan teknologi adalah kunci bagi kamu dan bisnismu untuk tetap bertahan, beroperasi, dan berkomunikasi dengan customer, pemasok, dan pihak-pihak lain yang ada hubungannya dengan bisnismu.
Untuk kamu yang berjualan produk fisik, kamu bisa gunakan platform toko online untuk lebih memaksimalkan penjualan. Jangan lupa juga untuk menggunakan beragam fitur iklan agar orang-orang bisa menaruh perhatian dan membeli produkmu. Sediakan juga jasa pengiriman barang untuk customer kamu agar mereka tidak perlu repot-repot mengambil produkmu di toko secara langsung. Keberadaan teknologi jadi memungkinkan kamu untuk menjangkau semua dengan lebih mudah dan cepat.
3. Jaga Kebahagiaan Pekerja
Menjaga kebahagiaan pekerja jadi aspek yang perlu kamu lebih perhatikan di masa pandemi. Jaga komunikasi rutin dan lebih dekat dengan para pekerjamu. Selalu tanyakan apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Yang terpenting, pastikan agar lingkungan kerja tetap positif. Kamu sebagai pemilik atau pemimpin di dalam bisnismu wajib menaruh perhatian penuh dengan hal-hal ini. Pekerja yang tidak bahagia atau dalam kondisi tertekan dan stress akan memengaruhi lingkungan kerja dan bisa menurunkan performa dan kualitas perusahaan.
4. Tetaplah Adaptif
Di tengah ketidakpastian yang makin menggila, bisnismu harus tetap fleksibel dan luwes dalam menghadapi tiap kondisi dan peristiwa yang berubah-ubah. Memilih tetap ngotot dengan suatu keputusan yang mandek hanya akan membawa bisnismu terjun bebas. Ikuti perkembangan terkini dan pahami keputusan dan kebijakan apa yang kamu perlu terapkan. Jangan sampai kamu kehilangan kendali dan arah di dalam arus ketidakpastian yang melanda bisnismu.
Pandemi mengajarkan kita banyak hal, utamanya dalam bisnis. Semakin kamu belajar dari situasi dan pengalaman yang kamu alami selama pandemi, semakin kamu bisa bertahan dengan kondisi yang ada. Meski kita semua tidak tahu kapan semua ini akan berakhir, yuk tetap berjuang untuk bertahan!
Tinggalkan Komentar