Marketing Sales Pantang untuk Mengucapkan Kalimat Ini

Muhammad Iqbal Mawardi . April 08, 2021

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Menjadi seorang marketing sales membutuhkan skill komunikasi yang baik guna dapat mengelola para customernya. Itu artinya, terdapat beberapa teknik dan cara dalam menyampaikan pesan agar dapat mengambil hati customer.

Pahami 5 kalimat yang haram untuk kamu ucapkan kepada customer. Alih-alih menggunakan kalimat tersebut, baiknya kamu ganti dengan kalimat-kalimat ini.

“Saya tidak dapat mendapati nama anda tercatat sebagai pembeli”

Luncuran kalimat ini terkesan sederhana tetapi cukup mampu membuat customer yang datang naik darah. Alih-alih menggunakan kalimat itu, coba ganti  bahasanya dengan bahasa yang lebih lembut. Kamu bisa menggantinya menjadi:

“Apakah anda melakukan pemesanan dengan menggunakan nama atau nomor telepon serta alamat yang berbeda? Sambil saya periksa daftar data pembeli, kira-kira ada yang bisa saya bantu?”

 

“Maaf, saya minta maaf, sekali lagi minta maaf”

Tentunya kita pasti sudah paham bahwa customer datang dengan sebongkah permasalahan yang sudah menjadi kewajiban kita untuk membantu menyelesaikannya. Jangan pernah mengucapkan kalimat maaf tanpa disertai solusi. Karena Lontaran kalimat maaf tanpa disertai kalimat solusi hanya akan membuat customer merasa dipermainkan. Ganti kalimat maaf diatas menjadi seperti ini:

Baca juga: 5 Cara Temukan Ide Kreatif Nan Gila untuk Bisnis Kamu

“Saya meminta maaf atas kurang maksimalnya pelayanan yang kami berikan. Tetapi, jangan khawatir, kami akan segera memperbaikinya. Boleh saya minta data lengkapnya?”

 

“Mohon maaf, itu merupakan kesalahan anda dan bukan tanggung jawab kami”

Jawaban seperti diatas dijamin akan membuat customer pergi dan tidak akan pernah datang kembali. Jangan memberikan kesan bahwa kamu lari dari pertanyaan tersebut. Ganti kalimat diatas dengan kalimat ini:

“Baik Ibu/Bapak, saya akan coba membantu permasalahan yang Anda hadapi saat ini. Boleh saya dibantu untuk….”

 

“Saat ini tim kami sedang melayani customer lain. Silahkan untuk menghubungi kami kembali setelah 30 menit”

Semua customer tidak akan ada yang suka dengan jawaban seperti ini. Maksud hati ingin permasalahan segera selesai, justru berujung diminta untuk menunggu dan menghubungi kembali. Ganti kalimat tersebut menjadi kalimat yang lebih menenangkan:

“Baik, Bapak/Ibu, terkait permasalahan yang Anda hadapi saat ini, saya akan alihkan kepada departemen yang bersangkutan. Mohon untuk tidak mematikan telepon/chatnya.”

 

“Mohon maaf bisa ulangi kembali?”

Jangan sesekali menggunakan kalimat tersebut kepada customer. Karena tentu saja customer tidak akan suka dengan kalimat tersebut. Ganti kalimat tersebut dengan:

“Mohon maaf Bapak/Ibu, foto yang Anda berikan tidak terbaca pada sistem. Bisa tolong untuk diulang kembali?”

 

Selain kalimat-kalimat tersebut, masih banyak aspek yang mesti diperhatikan oleh seorang marketing sales. Untuk menambah ilmu serta pengetahuan kamu terkait hal ini, Teknologi.id mengadakan kelas premium bertajuk “Sales & Marketing Professionals” guna meningkatkan pengetahuan serta skill kamu di bidang sales marketing.

Hanya dengan Rp.129.900 perbulan saja, kamu sudah dapat mengikuti kelas premium dengan pembicara yang kompeten di bidangnya yakni Dedi Irawan Sinuhaji selaku Sales Director di Global Telecommunicational Company, dan Shidqy Riyasa selaku Sales Group Manager di RCTI.

Selain itu, kamu juga akan mendapat berbagai keuntungan dari kelas premium ini seperti:

  • Akses join terlebih dahulu dari jadwal (jadwal semestinya 12 April 2021)
  • 2 kali sesi Zoom per bulan
  • 4 sumber terkait kelas yang dapat di download per bulannya
  • Akses penuh untuk QnA
  • Penugasan di bidang terkait

Bagaimana? Jika kamu tertarik, daftarkan langsung diri kamu di link berikut.

(MIM)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler