Foto: Sasana Digital
Teknologi.id – Selain aplikasi chat, WhatsApp juga memiliki
aplikasi bernama WhatsApp bisnis yang difokuskan untuk pemilik usaha.
WhatsApp bisnis akan memudahkan
pengguna untuk menjalankan bisnis, berinteraksi dengan pelanggan, menjangkau
konsumen yang lebih luas, dan mendapatkan untung yang lebih banyak.
WhatsApp business memiliki logo
yang berbeda dengan WhatsApp biasa. WhatsApp bisnis berlogo B dengan ikon
gelembung hijau di bagian tengah.
Untuk menggunakannya, pemilik
usaha dapat mengunduh aplikasi tersebut via Play Store ataupun App Store.
Cara menggunakan WhatsApp bisnis
Foto: IDN Times
- Unduh aplikasi WhatsApp bisnis pada Play Store dan App Store.
- Setelah selesai, buka aplikasi tersebut dan baca ketentuan layanan terlebih dahulu.
- Kemudian pilih Setuju.
- Daftarkan nomor telepon toko kamu. Pendaftaran nomor berdasarkan kode negara atau format nomor telepon internasional.
- Lalu ketuk Selesai atau Lanjut kemudian ketuk lagi Oke.
- Setelah itu kamu akan menerima kode pendaftaran 6 digit yang dikirim melalui SMS atau panggilan telepon.
- Kemudian beri izin WhatsApp mengakses kontak dari buku alamat ponsel kamu untuk ditambahkan ke aplikasi WhatsApp bisnis.
- Langkah selanjutnya adalah pembuatan akun. Pembuatan akun mencakup nama toko, kategori bisnis, profil, foto toko, jam kerja toko, email, dan website toko. Kemudian simpan semua informasi tersebut.
- Pilih kontak untuk dikirimi informasi mengenai usaha kamu. Kamu bisa mengirim pesan secara berkala agar pengguna terus mendapatkan informasi terbaru dan meningkatkan peluang usaha kamu semakin cuan.
Baca juga: Mulai 15 Mei, Kebijakan Privasi Baru WhatsApp Diterapkan
Dikutip dari CNN Indonesia, WhatsApp
bisnis memiliki berbagai keunggulan, di antaranya sebagai berikut
- WhatsApp bisnis tetap bisa digunakan untuk bertukar pesan regular dengan pengguna lain.
- Pemilik usaha dapat menuliskan profil usaha, jam buka dan tutup toko, menyematkan alamat email dan situs web.
- Terdapat tanda centang hijau atau verifikasi pada akun bisnis. Centang hijau tersebut merupakan bukti bahwa nomor telepon toko kamu tidak diduplikasi.
- Pemilik usaha dapat memberikan informasi seputar diskon dan promo kepada konsumennya.
- Pemilik usaha bisa menganalisis efektivitas statistik pesan penjualan agar dapat mengetahui minat konsumen.
- Pemilik toko dapat memasang fitur penjawab otomatis bagi konsumen yang ingin bertanya pertanyaan umum.
- Pemilik toko dapat menyortir pesan baik grup, personal, dan lain sebagainya.
- Sortir obrolan dapat dibuat dalam bentuk label agar mudah dipantau.
Baca juga: Cara Balas Chat WhatsApp Tanpa Ketahuan Status Online
Setelah kamu mengetahui
keunggulan dan cara pakai WhatsApp bisnis, ada baiknya kamu mencoba memakainya
jika memiliki usaha.
Hal tersebut bisa membuat usaha
kamu meningkat keuntungannya dan bisa mempromosikan secara lebih efisien dan juga
murah.
(fpk)
Tinggalkan Komentar