Foto: Freepik
Teknologi.Id - Peran teknologi dalam work life balance adalah untuk membuat tugas lebih efisien bagi karyawan sehingga mereka dapat mencapai tujuan mereka secara efektif. Teknologi mengurangi kebutuhan mereka untuk bekerja lembur, dan sebagai hasilnya, meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja.
Apa Itu Work Life Balance?
Work-life balance adalah keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi seseorang. Meskipun rasio semua orang berbeda, tetapi tujuannya adalah untuk memiliki keseimbangan yang sehat dari kedua prioritas tersebut. Pentingnya keseimbangan kehidupan kerja sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.
Baca juga: Top 7 Software House Terbaik di Indonesia Tahun 2023
Berikut adalah tips menggunakan teknologi untuk memastikan anda menjaga keseimbangan kehidupan kerja dimana saja.
1. Mengatur Email
Solusi untuk tidak ketinggalan pemberitahuan email yang penting tanpa menyalakan semua notifikasi email adalah anda dapat mengaktifkan pemberitahuan untuk alamat email tertentu. Dengan cara ini, Anda tidak akan melewatkan email dari pengirim penting.Menggunakan Gmail sebagai contoh, berikut cara menggunakan fitur ini:
Ikuti langkah-langkah ini di iPhone, iPad, atau Android Anda:
- Pertama, buka aplikasi Gmail.
- Ketuk Menu > Setelan.
- Pilih akun Anda.
- Lalu, ketuk Notifikasi email > Hanya prioritas tinggi.
Solusi untuk memberi label email agar kotak masuk Anda mudah dibaca. Berikut cara :
- Buka aplikasi Gmail .
- Buka pesan.
- Di kanan atas, tap Lainnya Lainnya.
- Tap Ubah label.
- Tambahkan atau hapus label.
- Tap Oke.
2. Otomatiskan waktu fokus Anda
Teknologi digunakan untuk membuat kita menjadi produktif. Anda dapat menggunakan berbagai fitur otomatis untuk mengatur waktu fokus anda ketika ingin beristirahat. Dengan cara menjadikan Kalender Google Anda sebagai penjaga terhadap rekan kerja yang mengganggu dengan Waktu Fokus, yang secara otomatis akan menolak rapat jika seseorang mengundang Anda ke salah satunya selama jam-jam Anda benar-benar mencoba menggali dan menyelesaikan sesuatu.
Waktu Fokus memungkinkan Anda mengatur waktu di mana undangan rapat akan ditolak secara otomatis.Di Microsoft, Anda dapat menyetel hingga empat jam sehari di mana notifikasi dan pesan akan dibisukan melalui rencana fokus di dasbor MyAnalytics perangkat lunak.
3. Gunakan Fungsi Bicara Untuk Mengetik Pada Komputer Anda
Perangkat lunak pengenal ucapan dapat mempercepat cara Anda membuat catatan, menyiapkan garis besar, dan banyak lagi. Anda dapat menggunakan fungsi bicara untuk mengetik di komputer Anda untuk mendiktekan email atau dokumen lainnya. Meskipun perangkat lunak pengenalan suara telah berkembang pesat, itu tidak sempurna. Sebaiknya gunakan fitur ini untuk draf pertama, catatan, dan curah pendapat.
4. Gunakan pengelola kata sandi yang aman
Jika Anda pernah menjalankan langkah-langkah untuk mengatur ulang kata sandi, Anda tahu betapa memakan waktu. Pengelola kata sandi dengan fungsi isi otomatis memungkinkan Anda masuk dengan aman dan otomatis. Sebagian besar terintegrasi dengan browser apa pun, menghemat waktu berjam-jam untuk menebak atau terkunci dari apa yang Anda butuhkan untuk sehari!
5. Cara mengatur pengingat di iPhone Anda
Penting untuk mengetahui cara menyetel pengingat jika Anda ingin meningkatkan produktivitas. Aplikasi "Pengingat" di iPhone Anda memungkinkan Anda membuat dan mengatur pengingat untuk melacak acara, aktivitas sehari-hari, daftar belanja, proyek, dan tugas lain yang ingin Anda ingat. Selain itu, "Pengingat" memungkinkan Anda membuat subtugas, menyertakan lampiran, menyoroti tenggat waktu penting, mengatur waktu dan petunjuk berbasis lokasi, dan bahkan mengingatkan Anda tentang sesuatu saat menghubungi orang tertentu.
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengatur pengingat di iPhone Anda:
- Buka aplikasi "Pengingat".
- Ketuk tab "Hari Ini".
- Ketuk "Pengingat Baru" di layar berikutnya.
- Ketik apa yang ingin diingatkan oleh iPhone Anda.
- Klik ikon "Detail", lalu opsi "Ingatkan saya pada suatu hari" atau "Ingatkan saya pada suatu waktu" dan ketuk "Alarm".
- Pilih tanggal dan waktu yang Anda inginkan agar iPhone memicu alarm dari menu drop-down "Alarm".
- Pilih "Selesai" untuk menyimpan pengingat ini.
Baca juga: Fresh Graduate, Yuk Kuasai 5 Skill Bidang Teknologi Ini agar Lebih Mudah Dapat Kerja
Meskipun penting untuk menyadari cara-cara teknologi berpotensi mengarah pada tingkat pekerjaan yang tidak sehat, ada baiknya juga untuk mengingatkan diri kita sendiri tentang kebebasan dan peluang yang diberikannya. Ini semua tentang mengendalikan waktu Anda, dan memanfaatkan nya.
Berkat teknologi modern, kita dapat mempermudah hal hal menyangkut pekerjaan dan produktifitas.
(ra)
Tinggalkan Komentar