Anda bekerja keras untuk membuat bisnis Anda sukses karena Anda menyukai apa yang Anda lakukan — bukan karena Anda suka melakukan pembukuan dan membuat laporan keuangan. Tetapi akuntansi dalam bisnis adalah hal yang sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda, terutama jika Anda baru memulai sebuah usaha.
Berikut adalah tiga tips akuntansi penting agar Anda berhasil mengelola keuangan pada bisnis yang baru Anda kelola atau Anda bangun.
Pahami Alur Keuangan pada BIsnis Anda
Saat Anda melihat laporan keuangan dalam bisnis, Anda harus tahu apa yang ada di balik setiap angka. Anda tidak perlu mengambil kursus akuntansi lanjutan. Tapi, akan berguna bagi Anda selaku pemilik bisnis untuk memiliki pemahaman yang baik tentang praktik dan terminologi akuntansi dasar. Setidaknya, Anda harus memahami tiga laporan keuangan berikut:
- Neraca: suatu laporan keuangan yang didalamnya terdapat beberapa informasi mengenai akun-akun aktiva, serta hal-hal yang menjadi kewajiban perusahaan dalam satu periode.
- Laporan Laba Rugi: menunjukkan kemajuan bisnis selama periode waktu tertentu.
- Laporan Arus Kas: menunjukkan bagaimana perubahan dalam Neraca dan pendapatan mempengaruhi kas Anda
Anda tidak harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk memeriksa semua laporan keuangan diatas. Dengan alat yang tepat, seperti solusi akuntansi cloud dari software akuntansi Accurate Online, mengelola pembukuan Anda bisa cepat dan sederhana — sehingga Anda dapat fokus pada pengembangan bisnis Anda.
Simpan Setiap Catatan Transaksi
Bisnis dengan catatan transaksi yang lengkap akan jauh lebih baik dalam membuat keputusan yang tepat dan terencana berdasarkan fakta dan data terkini.
Oleh karena itu, Anda harus mengalokasikan waktu setiap minggu untuk memperbarui catatan pembukuan Anda dan melakukan rekonsiliasi pada setiap angka di pembukuan.
Dengan software akuntansi Anda hanya perlu menghabiskan lebih dari beberapa menit sehari, tetapi akan berdampak besar pada kemajuan bisnis Anda.
Menjaga catatan Anda tetap up to date membantu Anda membuat dan mempertahankan gagasan kemajuan yang solid dan andal — membuatnya lebih mudah untuk melihat apakah Anda dapat membayar diri sendiri dan karyawan Anda bulan ini.
Anda perlu mencatat pendapatan, biaya bisnis, dan pengeluaran yang diperbolehkan saat itu terjadi. Beberapa menit sehari dapat menghemat waktu berjam-jam selama setahun.
Buat dan Gunakan Anggaran dengan Baik
Cobalah merencanakan pendapatan dan pengeluaran yang diharapkan di masa depan sehingga Anda dapat memperkirakan arus kas.
Membuat anggaran bulanan hingga akhir tahun keuangan saat ini — dan kemudian melacak dan memperbarui angka sementara Anda dengan angka yang sebenarnya saat masuk akanmembantu Anda memantau kemajuan terhadap rencana Anda, dan menyesuaikan rencana Anda untuk meningkatkan kinerja di masa depan.
Dan jangan lupa untuk menjalankan keseluruhan anggaran Anda untuk seluruh periode keuangan saat ini (biasanya satu tahun) sehingga pengeluaran non-reguler — seperti premi asuransi tahunan, perpajakan, atau biaya layanan berkala juga bisa Anda perhitungkan.
Anda juga bisa membaca artikel tentang tips dalam membuat anggaran untuk bisnis kecil pada tautan ini.
Tinggalkan Komentar