Penyebab dan Cara Mengatasi 'Akun Tidak Diizinkan karena Spam' di WhatsApp

Lusita Amelia . August 29, 2022

Teknologi.id - Baru-baru ini di media sosial ramai dengan pengguna aplikasi WhatsApp yang melaporkan tidak dapat masuk ke dalam akun dan muncul tulisan 'Akun ini tidak diizinkan untuk menggunakan WhatsApp karena spam.' Bagaimana hal ini dapat terjadi? Yuk, simak artikel berikut ini. 

Permasalahan ini dialami oleh seorang anonymous yang mengirimkan foto tangkapan layar tersebut di akun bot menfess. Seseorang tersebut menanyakan hal tersebut kepada pengguna lain dan bagaimana cara mengatasinya. Tangkapan layar tersebut menimbulkan berbagai tanggapan dan bahkan ada yang mengatakan bahwa pengguna tersebut menggunakan akun aplikasi WhatsApp bot. 

Sebagai informasi, WhatsApp menyatakan bahwa perusahaan melarang akun yang dianggap melakukan aktivitas di luar batas atau di luar ketentuan persyaratan aplikasi. “Misalnya, jika melibatkan spam, penipuan, atau jika hal itu membahayakan keselamatan pengguna,” dikutip dari laman WhatsApp.

Kendati demikian, WhatsApp akan tetap menindaklanjuti permasalahan tersebut dengan memberikan solusi. Berikut cara mengatasi akun yang terblokir karena dianggap spam.

Baca juga: Hati-Hati! Screenshot di Instagram Dapat Diketahui Orang Lain

Cara mengatasi akun WhatsApp terindikasi spam

1. Pengguna dapat memberikan laporan keberatan dengan menghubungi pihak WhatsApp melalui e-mail yang tertera pada situs resmi WhatsApp, yaitu https://www.whatsapp.com/contact/

foto: tangkapan layar pribadi/whatsapp.com

Apabila sudah berada di laman situs, pilih opsi “Hubungi” pada menu “Dukungan WhatsApp Messenger”. Lalu, kalian akan diarahkan untuk memasukkan data diri seperti nomor telepon yang digunakan untuk akun WhatsApp, alamat e-mail, dan perangkat untuk mengakses WhatsApp (android, iphone, web, dsb).

2. Isi kolom pesan yang ingin disampaikan

foto: tangkapan layar pribadi/whatsapp.com

Selanjutnya, kalian harus memasukkan laporan keberatan atas masalah akun WhatsApp yang diblokir karena “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam”. Kalian dapat menuliskannya dalam bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia. Sesuaikan dengan kebutuhan kalian. 

3. Kirim laporan tersebut dan tunggu maksimal tiga hari kerja hingga pihak WhatsApp memberikan tanggapan melalui e-mail.

Pengguna dapat segera mengajukan keluhan atau komplain melalui e-mail resmi WhatsApp. Pengguna dapat mengajukan pembukaan kembali akun yang diblokir. Cara lain adalah dengan mengklik bagian 'minta peninjauan' di aplikasi WhatsApp pada bagian pengaturan. 

Setelah mengetahui langkah-langkah cara mengatasi pemblokiran tersebut, kalian menjadi lebih tahu dan yakin akan tindakan yang akan dilakukan. Namun, kalian tidak perlu khawatir apabila terjadi pemblokiran terindikasi spam seperti ini. Selama kalian tidak pernah melakukan aktivitas yang mencurigakan menggunakan akun WhatsApp kalian, akun akan tetap aman dan tidak akan diblokir. Kalian harus berhati-hati apabila ada melakukan pengiriman broadcast pesan secara massal yang menyebabkan aktivitas kalian terindikasi spam. 

Baca juga: Scrolling Text WhatsApp, Apa Itu dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Dilansir dari KataData (2022), “Kami akan memeriksa kasus Anda,” kata perusahaan WhatsApp tersebut. “Kami akan menghubungi Anda kembali segera setelah menyelesaikan tinjauan.” Tinjauan dan pemeriksaan terblokirnya akun ini akan diselidiki secara mendalam apakah ini kesalahan dari server aplikasi atau pengguna memang terindikasi spam dalam penggunaannya.

Kalian juga tidak perlu khawatir data dan chat kalian akan hilang apabila terblokir. Hal ini lantaran semua chat dan data masih tersimpan dengan baik dalam perangkat aplikasi kalian. Hanya saja pengguna tidak dapat mengakses dan menghubungi orang lain melalui aplikasi WhatsApp.

Segala aktivitas yang berindikasi mengganggu kenyamanan dan keamanan pengguna, pastilah harus diselidiki dan dicari jalan keluarnya. Kalian pun harus memastikan dan membuktikan bahwa tidak pernah melakukan hal-hal yang mencurigakan apabila ada kesalahan yang dibuat oleh server aplikasi.

Baca juga: Tips Cerdas Agar Memori HP Tidak Dipenuhi oleh Chat WhatsApp

Dengan cara-cara di atas, kalian akan lebih mudah mengajukan keluhan atas kejadian tidak mengenakan yang kalian alami. Dengan demikian, pihak WhatsApp pun dapat mengatasi dengan segera apabila memang ada kesalahan dan masalah dalam sistem aplikasi mereka. Tetap berhati-hati dan laporkan pada pihak resmi apabila ada yang tidak benar dalam penggunaan suatu aplikasi.

(LA) 

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar