Jenis - Jenis Domain: Tips Memilih Nama Domain Terbaik 2022

Sagara Technology . November 24, 2021

Tidak semua domain berfungsi sama. Misalnya, beberapa domain dicadangkan untuk jenis situs tertentu, sementara beberapa domain ada yang memiliki konotasi unik. Ada beberapa cara untuk mengetahui domain mana yang sesuai untuk situs Anda, dan mana yang harus dihindari. Setelah Anda memahami berbagai bagian dan jenis nama domain, Anda dapat memilih salah satu yang akan meningkatkan User Experience (UX) dan branding situs Anda.

Gambaran Umum Nama Domain

Jika Anda ingin memulai situs web Anda sendiri, Anda harus terlebih dahulu memahami apa itu nama domain. Pada intinya, domain adalah alamat situs Anda dan apa yang akan digunakan public untuk menemukan domain Anda secara online. domain situs adalah URL utamanya (misalnya, example.com). Sebagai contoh,  sagaratechnology.com. Ini adalah situs web yang memiliki URL sederhana.




Dalam hal ini, domain dapat dipecah menjadi beberapa bagian. Bagian “sagara technology” adalah Second-Level Domain (SLD), sedangkan “mco.uk” disebut sebagai Top-Level Domain (TLD).

Sekilas Tentang Cara Kerja Domain

Dengan hanya mengetikkan URL atau memasukkan kueri penelusuran di Google, Anda dapat menemukan hampir semua yang Anda inginkan secara online. Proses ini biasanya terasa seketika, sehingga mudah untuk tidak menyadari apa yang terjadi di balik layar.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang sebenarnya terjadi saat Anda mengunjungi situs web, Anda dapat menganggap domain sebagai nomor telepon situs yang mudah diingat. Dalam beberapa kasus, bisnis akan menampilkan nomor telepon mereka sebagai huruf agar lebih mudah diingat, seperti 1-800-CALL-NOW.

Domain mengikuti prinsip dasar yang sama. Setiap situs web disimpan di server dengan alamat Protokol Internet (IP), seperti 69.63.191.255. Itu pada dasarnya nomor telepon untuk situs tersebut. Namun, alamat IP sulit untuk diingat, karena hanya berupa deretan angka.

Itu sebabnya, untuk membuat branding situs, sebuah merek akan menggunakan nama yang mudah diingat sebagai gantinya dengan Domain Name System (DNS). 

Apa Itu Domain Name System (DNS)? Sama seperti nomor telepon, nama domain juga diatur menjadi semacam "alamat situs". Ini adalah Domain Name System (DNS), terdiri dari jaringan server di seluruh dunia. DNS inilah yang menghubungkan orang-orang dengan situs web yang ingin mereka kunjungi. Dengan menggunakan alamat IP sebagai pengidentifikasi untuk menemukan situs tertentu yang Anda coba akses. Kemudian ia mengubah IP tersebut ke dalam format yang dapat dengan mudah kita pahami sebagai manusia: nama domain.

Memahami Bagaimana Domain dan Web Hosting Berhubungan

Sederhananya, domain dan web hosting bukanlah hal yang sama. Seperti yang telah kita lihat, domain menunjukkan jalan ke situs web khusus Anda.

Hosting web, di sisi lain, adalah tempat situs Anda sebenarnya berada. Host Anda menyediakan ruang dan sumber daya yang diperlukan untuk situs web Anda, menyimpannya di komputer khusus yang dikenal sebagai server.

Meskipun Anda dapat membeli nama domain secara terpisah (dari situs web pendaftar domain), Anda juga dapat memperolehnya melalui penyedia hosting web. Bahkan, beberapa host bahkan memberi Anda domain gratis sebagai bagian dari paket hosting Anda. Misalnya, domain dengan hosting bersama tahunan dan paket DreamPress, bersama dengan fasilitas lain seperti lalu lintas tidak terbatas, penyimpanan yang cukup , dan kecepatan halaman yang cepat.

Various hosting plan options at DreamHost.

Bersamaan dengan pendaftaran domain gratis, Anda akan mendapatkan privasi domain (yang memastikan bahwa orang lain tidak dapat mencari informasi pribadi Anda), sertifikasi Secure Sockets Layer (SSL/TLS), dan bahkan penggunaan subdomain Selain itu, Anda akan mempermudah diri sendiri dengan menyiapkan domain dan hosting secara bersamaan 


6 Jenis Domain yang Berbeda

Tentu saja, sebelum Anda dapat mendaftar untuk sebuah domain, Anda harus memahami berbagai opsi yang tersedia untuk Anda. Dengan mengingat hal itu, mari kita lihat berbagai terminologi terkait domain yang mungkin Anda temui.

  1. Top-Level Domains (TLDs)

Setiap URL situs web dapat dipecah menjadi beberapa bagian yang berbeda. Top-Level Domains (TLDs), kadang-kadang disebut ekstensi nama domain, adalah bagian yang muncul tepat setelah nama domain utama Anda (misalnya, .com di www.dreamhost.com).

Namun, ada banyak TLD lain selain hanya .com. Anda dapat memilih dari lusinan opsi, seperti .net, .blog, atau .io (yang awalnya merupakan kode negara tetapi telah digunakan untuk komunitas teknologi). 

  1. Domain Tingkat Atas Kode Negara (ccTLD)

Ada beberapa jenis TLD. Misalnya, Domain Tingkat Atas Kode Negara (ccTLD) dibatasi untuk digunakan di negara tertentu. Pertimbangkan Indonesia, misalnya. CCTLD-nya adalah .id dan merupakan salah satu yang paling aman untuk digunakan. Contoh lain adalah Inggris (.co.uk), Kanada dengan .ca, dan bahkan Amerika Serikat dengan .us. Ini semua bisa menjadi opsi yang bagus jika .com versi dari domain yang Anda pilih telah diambil. Namun, perlu diingat bahwa jika Anda membidik audiens internasional, TLD semacam ini bisa sedikit membatasi. Banyak bisnis sebenarnya menggunakan beberapa TLD untuk wilayah yang berbeda, seperti BBC, yang menggunakan bbc.co.uk untuk pemirsa rumah dan bbc.com untuk pengunjung internasionalnya.

  1. Generic Top-Level Domain (gTLD)

Selanjutnya adalah Generic Top-Level Domains (gTLDs). Sebenarnya, Anda sudah tahu apa itu, bahkan jika Anda belum pernah mendengar istilah itu. Ini adalah domain pendukung lama yang biasa kita lihat, seperti .com, .edu, .info, .org, dan .net.


  1. Domain Tingkat Kedua (SLD)

sebelumnya telah membahas bagian TLD dari nama domain situs Anda. Namun, bagaimana dengan sisa URL? Di situlah Domain Tingkat Kedua (SLD) ikut bermain. Mari kita lihat kembali URL kita sebagai contoh: www.sagaratechnology.com. Seperti yang telah kita lihat, .com adalah TLD. SLD adalah apa yang mendahuluinya, yang dalam hal ini adalah "sagaratechnology".

SLD adalah apa yang orang akan kaitkan dengan situs web Anda. Itulah mengapa penting untuk meluangkan waktu dan mempertimbangkan pilihan Anda. Anda akan ingin memilih sesuatu yang bermerek, misalnya, dan memberi pengunjung rasa fokus dan gaya situs Anda.

  1. Domain Tingkat Ketiga

Sekarang kita telah melihat dua dari tiga bagian utama dalam setiap nama domain. Yang terakhir dikenal sebagai domain tingkat ketiga. Seperti yang telah kita diskusikan, dalam www.sagaratechnology.com, TLD adalah .com, dan SLD adalah sagaratechnology. Itu meninggalkan kita dengan domain tingkat ketiga, atau bagian www. Secara default, domain tingkat ketiga adalah www. Namun, itu tidak selalu berhasil untuk perusahaan besar yang membutuhkan lebih banyak halaman web. Anda mungkin melihat www1 atau bahkan www2 sebelum SLD dalam nama domain.

  1. Domain Premium

Domain premium adalah istilah yang digunakan untuk menyebut nama domain yang sangat diincar karena memiliki karakter pendek atau mengandung kumpulan kata kunci merek. Harga domain premium biasanya lebih mahal daripada harga domain biasa.

Cara Memutuskan Nama Domain Mana yang Terbaik Untuk Situs Web Anda

Memilih nama domain dapat menjadi salah satu keputusan paling penting yang akan Anda buat sebagai pemilik situs web. jika Anda menjalankan bisnis atau berencana untuk mengembangkan situs web Anda, nama domain Anda dapat berdampak besar pada branding dan visibilitas Anda. Itulah mengapa ada baiknya untuk mengingat pertimbangan ini: 

  • Paling tidak, adalah bijaksana untuk menggunakan kata kunci yang sesuai dalam nama domain Anda. Misalnya, jika Anda adalah perusahaan information technology and services, Anda mungkin ingin menyertakan kata kunci tertarget yang relevan dengan lini bisnis Anda (seperti "technology" atau "tech"). Perencana Kata Kunci Google dapat membantu dalam penelitian kata kunci Anda.

  • Sama pentingnya untuk menjaga nama domain Anda tetap pendek dan sederhana karena juga harus mudah diingat. Biasanya lebih mudah untuk mengingat satu atau dua kata daripada seluruh frasa.

  • Selain itu, sangat penting bahwa nama domain apa pun yang Anda pilih tidak akan melanggar merek dagang apa pun. Lakukan riset untuk melihat apakah ada bisnis atau situs web lain dengan nama yang sangat mirip, karena ini dapat membantu memastikan Anda memulai dengan aman dengan situs Anda sendiri.

author0
teknologi id bookmark icon
author

Sagara Technology

Sagara Technology

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler