Video Terlalu Panjang? YouTube Hadirkan Fitur Skip Video

Alda Yuriska . May 29, 2020

Foto: The Verge

Teknologi.id - Baru-baru ini YouTube dilaporkan menghadirka fitur terbarunya yang bernama video chapters. Fitur ini disiapkan YouTube untuk mempermudah penonton mencari bagian-bagian video dan bisa lebih mudah meloncati (skip) bagian yang tidak diinginkan untuk langsung menuju bagian yang ingin ditonton. 

Tak hanya itu, YouTube juga memberikan pembaruan untuk mempermudah penonton agar bisa mengulang-ulang bagian yang ingin ditonton dengan mudah. Pasalnya, fitur baru ini juga akan membawa satu pembaruan tambahan bernama timestamps (penanda waktu) yang berguna untuk menandai setiap bagian video dengan judul pembahasan. YouTube memberikan pembaruan ini untuk mempermudah penggunanya  berpindah ke bagian lain tanpa harus mempercepat, rewind, atau menebak-nebak menit bagian yang ingin ditonton.

Baca Juga: Collab, Aplikasi Buatan Facebook yang Tiru TikTok

Pembagian timestamps dan pembahasan video mengacu pada deskripsi video yang diisi oleh kreator. Timestamps ini berwujud garis patah-patah yang ada di di bagian control bar. Cukup arahkan kursor ke salah satu garis tersebut, maka judul pembahasan akan muncul. Namun, fitur chapters ini tidak akan muncul apabila kreator tidak menulis pembagian dalam videonya. 

Sebelumnya, fitur ini telah diuji coba YouTube beberapa waktu lalu. Namun kini, fitur ini resmi dirilis YouTube secara permanen mulai 28 Mei 2020 dan akan tersedia di YouTube versi web dan mobile baik Android maupun iOS.

Baca Juga: CEO Twitter Tanggapi Kemarahan Donald Trump Soal Cuitannya

(ay)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar