Teknologi di Era Industri 4.0 Menurut Para Ahli Teknologi Indonesia

Teknologi di Era Industri 4.0 Menurut Para Ahli Teknologi Indonesia
Foto: skybest.com.ph

Teknologi.id – Beberapa waktu lalu, topik revolusi industri 4.0 ramai diperbincangkan ketika diangkat sebagai materi debat Capres Cawapres RI.

Namun pada pembahasan kali ini tidak akan dibahas tentang materi debat tersebut. Teknologi.id akan mengulik lebih dalam tentang apa saja teknologi yang penting diaplikasikan dalam dunia bisnis agar generasi millenial dapat bersaing di era Industri 4.0.

Kenapa generasi millenial?

Ya, generasi milenial wajib tahu mengenai topik ini, mengingat revolusi Industri 4.0 ini juga ‘’hidup’’ serta berkembang di zaman mereka. Dan tentunya generasi millenial-lah yang nantinya akan meneruskan hal tersebut sehingga negara ini bisa bersaing atau bahkan melampaui negara-negara lain.

Revolusi Industri ini mampu menggeser tren perkembangan teknologi sehingga perusahaan teknologi digital mampu merajai sistem perekonomian di dunia.

Baca juga: Keterampilan yang Perlu Kamu Miliki untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Contohnya, perusahaan berbasis teknologi seperti Facebook, Google, dan banyak lagi lainnya yang dulu dipandang sebelah mata, kini mampu menjadi penguasa ekonomi dunia.

Selain itu, nilai sebuah perusahaan pun bukan hanya menyangkut fisik seperti bangunan atau tanah. Sekarang ini, sebuah data sudah menjadi aset yang sangat berharga bagi suatu perusahaan.

Hal ini membuktikan bahwa teknologi memiliki peran penting dalam dunia bisnis di era industri 4.0.

Nah, kali ini Teknologi.id akan membagikan informasi mengenai teknologi apa saja yang penting untuk diaplikasikan di era Industri 4.0 menurut dua ahli teknologi pilihan, yakni Suitmedia dan Sangkuriang.

Suitmedia

Suitmedia adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang konsultan teknologi dan pemasaran digital terpadu. Kegiatan usaha Suitmedia meliputi strategi digital, desain dan pengembangan situs, pengembangan aplikasi seluler, pemasaran media sosial, serta periklanan digital.

Suitmedia juga aktif melakukan penelitian dan pengembangan, serta telah menghasilkan beberapa perusahaan Internet baru di bidang perdagangan elektronik (e-commerce). Contohnya yaitu BukaLapak.com dan HijUp.com.

Sangkuriang

PT Sangkuriang Internasional merupakan perusahaan penyedia produk dan layanan solusi teknologi dan informasi yang sangat cocok untuk diterapkan dalam berbagai jenis organisasi dan dapat diintegrasikan ke dalam setiap kerangka sistem informasi organisasi. Sangkuriang membantu bisnis dengan selalu mengedepankan kepuasan pelanggan melalui produk dan layanan dengan standar kualitas internasional.

Mari kita langsung lihat saja pendapat dari dua ahli teknologi ini. Berikut selengkapnya.

1. Macam Teknologi apa saja yang penting diaplikasikan di industri 4.0?

Suitmedia

  • Beberapa teknologi yang akan diaplikasikan pada masa revolusi industri 4.0 diantaranya adalah big data, industrial internet of things, augmented reality, cloud computing, artificial inteligence, dan lain-lain. Pemanfaatan teknologi-teknologi tersebut diharapkan mampu meningkatkan efisiensi berbagai industri dalam proses pembuatan barang dan jasa dengan kualitas tinggi dan biaya yang rendah. Sejak beberapa tahun ke belakang, Suitmedia sudah mulai bekerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta dalam project-project yang menerapkan teknologi tersebut.

Sangkuriang

  • Cloud, internet of things, distributed system integration, big data, machine learning, dan autonomous robots.
  • Dengan semakin umum dan murahnya teknologi cloud, Internet of Things bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan dan bisa saling terintegrasi dengan sistem-sistem lainnnya baik internal maupun eksternal. Hal ini akan memberikan efek penambahan data secara eksponensial, yang dengan diaplikasikan teknologi big data, bisa memberikan insight-insight yang sangat berdampak pada bisnis, khususnya untuk efektivitas dan efisiensi proses bisnis. Langkah inovasi selanjutnya, teknologi big data dimanfaatkan untuk mengaplikasikan machine learning yang bermanfaat untuk mengotomasi lebih jauh lagi, hingga menggunakan robot khusus untuk melakukan proses bisnis.

2. Mindset yang cocok untuk menyambut dan mensupport industri 4.0?

Suitmedia

  • Mindset yang penting dimiliki dalam menyambut masa revolusi industri 4.0 adalah kemauan untuk berubah dan berinovasi ke arah yang lebih baik. Dengan mindset seperti itu maka SDM kita akan lebih mampu bertahan mengatasi tantangan dari perkembangan zaman.

Sangkuriang

  • Terus bergerak untuk mensolusikan permasalahan dan mencari performa yang lebih baik, karena ‘mata uang’ dari invosi adalah solusi dari permasalahan atau peningkatan performa.
  • Fokuskan solusi teknologi pada persoalan yang berpola dan repetitif, dan fokuskan SDM pada persoalan yang membutuhkan kreativitas dan sentuhan kemanusiaan

3. Bagaimana cara mendorong perubahan mindset dalam menyambut industri 4.0?

Suitmedia

  • Menyesuaikan kurikulum pendidikan dari mulai level pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.
  • Perlu adanya sinergi antara institusi pendidikan dan industri. Contoh sinergi yang sudah dilakukan Suitmedia, adalah memberikan kuliah lepas atau knowledge sharing ke kampus-kampus di Indonesia.
  • Perlu diadakan sosialisasi dengan pemahaman yang lebih utuh dan mendalam mengenai industri 4.0 kepada semua elemen masyarakat

Sangkuriang

  • dari masyarakat, mulai proaktif untuk memberikan manfaat pada komunitasnya (bisa warga, industri, atau bahkan negara) yang berfokus pada persoalan, bukan pada posisi
  • dari pemerintah, memastikan manfaat industri 4.0 bisa didapat oleh semua kalangan
  • dari industri, berkolaborasi lebih luas lagi untuk bisa berkembang dan maju bersama
  • dari pendidikan, bisa dengan mulai mengaplikasikan prinsip-prinsip industri 4.0 pada dunia pendidikan, baik tenaga pendidiknya atau yang dididiknya

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *