Project Sandcastle Bikin iPhone Bisa Jalankan Sistem Operasi Android

Teknologi.id . March 06, 2020

iphone os android

Foto: Forbes

Teknologi.id - Seperti kita ketahui, iPhone menjalankan sistem operasi iOS dari Apple. Namun, ternyata iPhone kini bisa dibuat menjalankan OS lain.

Dalam percobaan terbaru yang dilakukan oleh startup cybersecurity Corellian Team, dengan menggunakan exploit jailbreak ckecra1, iPhone 7 dan 7 Plus bisa menjalankan sistem operasi Android 10. 

Upaya menjalankan Android di ponsel Apple ini diberi nama "Project Sandcastle".

Baca juga: Miris, Developer Ini Ciptakan Mata Uang Digital "CoronaCoin" di Tengah Kekhawatiran Dunia

"Project Sandcastle bertujuan bersenang-senang membangun sesuatu yang baru dari hardware," ujar CEO Corellian Amanda Gorton dalam sebuah pernyataan.

"Apple membatasi pengguna iPhone dalam sebuah sandbox. Tapi mereka memiliki hardware ponsel dan seharusnya bisa memakai hardware itu sesuai kehendak," imbuh Gorton, dihimpun KompasTekno dari Forbes, Jumat (6/3/2020).

Baca juga: Twitter Mulai Uji Coba Fitur 'Fleets', Mirip Instagram Stories

Dengan menggunakan exploit jailbreak checkra1n, pengguna bisa memperoleh akses ke bootloader yang nantinya berguna untuk menginstal sistem operasi Android di perangkat iPhone.

Exploit chekra1n pertama kali dirilis pada 2019 lalu dan bisa digunakan di aneka model iPhone, mulai dari iPhone 4s hingga iPhone X. Karena sifatnya yang berada di hardware ROM, Apple tidak bisa menambal celah ini.

Walaupun sistem operasi Android dapat dijalankan di iPhone, tampaknya tidak semua fitur bisa bekerja dengan baik. Kabarnya, audio, seluler, bluetooth, GPU dan kamera tidak dapat berfungsi normal.

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler