Persiapan Meeting Lebih Oke Pakai "Green Room" Baru-nya Meet

Rima Fidayani Rizki . February 03, 2021

Foto: Android Police

Teknologi.id - Saat akan memulai rapat lewat video conference, terkadang rasanya sulit untuk memastikan apakah segala sesuatunya bekerja dengan baik. Misalnya, bagaimana pencahayaannya? Apakah jarak kita dengan kamera terlalu dekat/terlalu jauh? Apakah audionya berfungsi dengan baik?

Baca Juga: MediaTek Rilis Modem M80 5G, Cepat dan Hemat Daya

Nah, kini Google menghadirkan solusi untuk keresahan tersebut. Dilansir dari 9to5Google dan The Verge, Rabu (3/2), fitur "green room" terbaru pada Google Meet bisa memudahkan kita untuk memeriksa penampilan dan segala fungsi perangkat terlebih dahulu sebelum melakukan rapat lewat platform ini.

Saat akan memulai atau bergabung ke dalam suatu rapat, pada jendela “Ready to join?” yang biasanya muncul di awal akan terlihat tombol kecil di bawah video yang bertuliskan “Check your audio and video.” Cukup klik tombol tersebut, maka sebuah jendela pop-up akan muncul.

Jendela tersebut tidak hanya akan memunculkan video pengguna, tetapi pengguna juga bisa melihat (dan mengubah) mikrofon, speaker, dan kamera mana yang sedang berfungsi.

Foto: 9to5Google

Tombol "Next" pada jendela pop-up tersebut membuat pengguna bisa merekam video sampel berdurasi 6 detik sehingga pengguna bisa mengetahui bagaimana penampilan dan suaranya saat sedang berbicara di forum rapat. 

Pihak Google mengatakan jika klip video tersebut bersifat pribadi dan tidak akan tersimpan. Mikrofon, speaker, kamera, serta koneksi pengguna turut diperiksa oleh sistem dan akan mendapatkan tanda centang hijau jika semuanya berfungsi dengan baik.

Dibandingkan dengan jendela “Ready to join?” sebelumnya, fitur “green room” terbaru ini bisa jadi lebih berguna. Misalnya, pengguna bisa mencoba berbagai macam pencahayaan, mencoba apakah audio dari laptop lebih baik atau justru lebih buruk dibandingkan audio dari headset, serta memastikan apakah tampilan pengguna sebelum rapat dimulai sudah terlihat baik. 

Baca Juga: Nike FlyEase, Sebuah Terobosan Baru dalam Memakai Sepatu

Kini, fitur "green room" terbaru dari Google Meet sudah bisa dinikmati oleh para penggunanya. Kamu pun tak perlu lagi khawatir terlihat kurang oke sebelum meeting.

(rf)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler