Mendikbud Gandeng Netflix, Upaya Tingkatkan Kualitas Perfilman Indonesia

Teknologi.id . January 09, 2020

Netflix

Foto: Uzone.id

Teknologi.id - Meski tengah dilanda berbagai masalah di pasar Tanah Air, Netflix justru mendapat kepercayaan untuk bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengungkapkan kerjasama resmi dengan Netflix salah satunya sebagai upaya meningkatkan kualitas perfilman Indonesia agar mampu unjuk gigi di belantika perfilman dunia.

"Partnership yang kita luncurkan hari ini adalah step awal yang memiliki fokus menunjukkan betapa hebatnya sineas Indonesia di kancah dunia," kata Nadiem di kantornya, Kamis (9/1/2020).

Baca juga: Samsung Kenalkan Neon, Proyek Avatar Digital yang Mirip Manusia

Menurut Nadiem, untuk dapat mewujudkan kualitas perfilman yang mendunia, dibutuhkan platform distribusi yang mendunia juga, dan Netflix dirasa menjadi pilihan tepat.

"Ini bisa memamerkan budaya Indonesia, industri perfilman Indonesia. Dibutuhkan platform distribusi seperti Netflix," terangnya.

Dalam kerja sama ini, Netflix berkomitmen untuk berinvestasi USD 1 juta (Rp 14 miliar). Nantinya, dana itu akan digunakan untuk seluruh kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama 12 bulan.

Baca juga: Samsung Buka Pre-Order Galaxy A51 di Indonesia, Harga Rp 4 Jutaan

Dalam tahap awal, Netflix akan mengundang insan film Indonesia untuk mengikuti program "Script to Screen" di Hollywood. Dalam program tersebut, para peserta akan berinteraksi dengan tim kreatif Netflix serta anggota komunitas kreatif global lainnya.

Kemudian nantinya pelatihan akan difokuskan pada pengembangan kemampuan kreatif yang meliputi penulisan kreatif (creative writing) dan pelatihan pasca-produksi.

Sebagai tahap akhir, Netflix dan Kemendikbud akan mengundang para peserta workshop untuk mengirimkan konsep cerita film pendek, dan pemenangnya akan memperoleh dana untuk memproduksi film mereka.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar