Samsung Kenalkan Neon, Proyek Avatar Digital yang Mirip Manusia

Teknologi.id . January 08, 2020

Neon

Foto: Neon via CNet


Teknologi.id - Samsung kembali membuat kejutan di ajang CES 2020 dengan memperkenalkan proyek avatar digital bernama Neon, Selasa (7/1). 

Dikembangkan bersama STAR Labs, Samsung menyebut bahwa Neon bukanlah kecerdasan buatan layaknya Bixby, asisten personal yang dikembangkan Samsung sejak 2017 lalu. Karena, Neon tidak mengetahui semua pengetahuan layaknya asisten pintar.

"Neon bukan asisten AI. Neon lebih seperti kita, makhluk hidup yang mandiri, tetapi virtual, yang dapat menunjukkan emosi dan belajar dari pengalaman. Tidak seperti asisten AI, Neon tidak tahu semuanya, dan mereka bukan antarmuka ke internet untuk meminta pembaruan cuaca atau untuk memainkan musik favoritmu,” jelas STAR Labs.

Baca juga: Samsung Buka Pre-Order Galaxy A51 di Indonesia, Harga Rp 4 Jutaan

Samsung menggambarkan Neon sebagai "makhluk virtual yang diciptakan secara komputasi yang terlihat dan berperilaku seperti manusia nyata, dengan kemampuan untuk menunjukkan emosi dan kecerdasan.”

Meskipun Neon hanya avatar digital yang dihasilkan melalui komputer, Samsung mengklaim bahwa Neon dapat melihat, bertindak, dan belajar seperti manusia pada umumnya dengan adanya teknologi bernama Spectra.

Selain itu, dengan adanya teknologi Core R3 (reality, realtime, dan responsive) dapat membuat Neon bereaksi dalam waktu hitungan milidetik dan bertindak layaknya manusia sungguhan.

Multi peran

Masing-masing unit Neon nantinya juga akan memiliki kepribadian dan namanya sendiri-sendiri, seperti Frank, Natasha, atau Hana. Avatar digital ini dapat diproyeksikan untuk beberapa peran, seperti aktor film, pramugari, guru, dokter, hingga penyiar berita di TV.

“Dalam waktu dekat, seseorang akan dapat melisensikan atau berlangganan Neon sebagai perwakilan layanan, penasihat keuangan, penyedia layanan kesehatan, atau petugas penjaga pintu. Seiring waktu, Neon akan berfungsi sebagai pembawa acara TV, juru bicara, atau aktor film; atau mereka bisa menjadi teman dan sahabat,” sambung STAR Labs.

Sayangnya, Teaser dan skenario yang diperlihatkan di CES 2020 hanyalah simulasi menggunakan actor dan bukannya hasil komputer. Simulasi tersebut hanya bertujuan untuk ilustrasi saja. Oleh karena itu, belum diketahui bagaimana penampakkan Neon sebenarnya akan terlihat dan bertindak.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar