Manfaat Aplikasi Sister untuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Muhammad Mufid Luthfi . January 05, 2021

Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti meluncurkan aplikasi baru yang diberi nama aplikasi SISTER. Pembuatan aplikasi ini diharapkan akan mampu menjadi portal untuk para Perguruan Tinggi.

Sedangkan aplikasi SISTER ini sendiri merupakan singkatan dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi yang digunakan untuk layanan pendidikan. 

Adapun layanan yang bisa didapatkan di aplikasi SISTER adalah data-data dan informasi pendidik seperti portofolio, perubahan data dosen serta segala proses lain yang memang terkait dengan kepangkatan juga karir dari para dosen.

Dengan dikeluarkannya surat Edaran nomor 649/D1 Tahun 2018 tanggal 23 Februari 2018 yang berisi tentang Implementasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) oleh Direktorat Jendral Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, akan membuat aplikasi ini menjadi aplikasi yang berguna banyak. Baik untuk untuk membantu para tenaga pendidik dan pengajar dari semua perguruan tinggi yang bisa mempertanggungjawabkan keabsahan semua data diri mereka yang di dalam sistem SISTER.


Fungsi aplikasi SISTER (Kemenristekdikti)

Jumlah tenaga pengajar di Indonesia yang terdata adalah 271.280 dosen yang tentuya akan menyulitkan mengingat data dan informasi dari setiap dosen tidak dikelola maupun di tata dengan rapi dalam suatu sistem yang dapat diakses. Aplikasi SISTER hadir dan diciptakan agar semau potensi setiap tenaga pengajar ini dapat di data dengan tersusun.

Mengingat para tenaga pendidik di perguruan tinggi di Indonesia sejumlah 271.280 dosen yang tentu akan menyulitkan apabila data yang dimiliki masing-masing dosen tidak dikelola dan ditata ke dalam suatu sistem yang bisa diakses.

Oleh karena itu, SISTER hadir agar potensi yang dimiliki oleh para dosen tersebut dapat dikelola dengan baik. Ini menjadikan tujuan dan fungsi SISTER untuk membantu meningkatkan kualitas dari data- data yang ada di SDM IPTEK dan DIKTI . Semua ini dalam rangka pembuatan kebijakan untuk pengembangan SDM yang relevan, terpercaya dan akurat.

Disamping itu, aplikasi SISTER juga difungsikan untuk dapat mengintegrasikan seluruh layanan karir serta juga kompetensi SDM di Kemristekdikti. Dengan begitu akan memungkinkan pada stakeholder dan pemegang kepentingan untuk menerima kepastian yang baik dalam pelayan karir para tenaga pengajar tersebut.


Penyedia Aplikasi SISTER (Kemenristekdikti)

Tercatat beberapa kampus dan perguruan tinggi telah mempergunakan aplikasi SISTER untuk para dosen mereka. Selain itu mereka yang ingin menggunakan aplikasi SISTER ini juga dapat menyimpannya dengan fasilitas dan dukungan dari penyedia web hosting Indonesia yakni IDCloudHost. Disini, untuk dapat mendapatkan dukung fasilitas dengan memakai dukungan server VPS.

Setidaknya, sampai Maret 2018 lalu tercatat sudah ada 613 Perguruan Tinggi yang telah melakukan instalasi aplikasi SISTER dan masih akan terus bertambah setiap tahun. Sejak mulai bulan Juli 2018, layanan SISTER akan kemudian digunakan pada sistem untuk membantu kenaikan pangkat dari Lektor ke Lektor Kepala. Oleh karenanya diharapkan setiap dosen yang bekerja di semua perguruan tinggi di Indonesia agar dapat mengisi data dan informasi mereka.


Layanan Server Aplikasi Sister dari IDCloudHost

Ada yang menarik dari IDcloudhost dimana pengguna dapat menggunakan aplikasi sister dari Kemenristekdikti dengan Mudah, Proses instalasi dapat bekerja dengan cepat dengan memanfaatkan fitur App Catalog yang memungkinkan pengguna dapat menginstall aplikasi sister dengan hanya sekali klik melalui layanan Private Cloud.

Layanan Private Cloud IDCloudHost merupakan layanan Full Cloud pertama di Indonesia yang mempermudah Anda untuk meluncurkan server Full Cloud dan dapat ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan server Anda dengan dukungan Control Panel yang User Friendly, Praktis, dan Fleksibel serta didukung dengan harga yang terjangkau dengan bantuan tim Teknis yang berpengalaman.

Bagi Anda yang tertarik, bisa mengunjungi halaman https://idcloudhost.com/private-cloud/ atau mengakses https://console.idcloudhost.com/

teknologi id bookmark icon
author

Muhammad Mufid Luthfi

IDCloudhost

Berita Terpopuler