Kapsul Crew Dragon SpaceX Bawa Astronaut NASA Tiba di ISS, Begini Keadaannya

Teknologi.id . June 01, 2020

Foto: NASA/SpaceX via Syfy Wire


Teknologi.id - Setelah melewati 19 jam perjalanan, kapsul Crew Dragon Endeavour milik SpaceX yang membawa dua astronaut NASA akhirnya berhasil tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Minggu (31/5).

Sebelumnya kapsul Crew Dragon diluncurkan pada Sabtu (30/5) pukul 15.22 (1922 GMT) di Kennedy Space Center di Florida, Amerika Serikat (AS) menggunakan Roket Falcon 9.

Dua astronaut NASA yang mengendarai kapsul Crew Dragon adalah Robert 'Bob' Behnken dan Doug Hurley. Setibanya di ISS, mereka disambut oleh tiga crew yang lebih dulu berada disana, yakni astronaut NASA Chris Cassidy, dan dua kosmonaut Rusia, Anatoly Ivanishin dan Ivan Vagner.

Misi Crew Dragon ini menjadi peristiwa bersejarah, dimana pertama kalinya peluncuran luar angkasa diakomodir oleh perusahaan swasta, yakni SpaceX.

Baca juga: 7 Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Android

Proses docking atau penyandaran kapsul Crew Dragon selesai pada pukul 10.16 waktu timur (ET) atau pukul 21.16 WIB, Minggu (31/5), yang lantas videonya dibagikan oleh SpaceX melalui unggahan media sosialnya.

Kapsul Crew Dragon dilengkapi sistem docking otomatis sehingga akan memudahkan astronaut atau crew ketika akan melakukan proses docking

Sedangkan NASA melalui akun media sosialnya juga mengunggah proses transfer dua astronaut dari Crew Dragon ke ISS.

Dua astronaut NASA tersebut bergabung dengan ketiga crew lainnya untuk menjalani misi di ISS. Tidak diketahui sampai kapan mereka akan pulang ke Bumi, namun diprediksi akan berada di ISS 1 hingga 4 bulan ke depan.


Baca juga: 7 Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lebih Lama

Misi membawa dua astronaut NASA ke ISS ini menambah catatan kesuksesan perusahaan SpaceX yang dipimpin Elon Musk tersebut.

SpaceX saat ini telah memiliki kontrak US$ 2,6 miliar dengan NASA untuk menyediakan enam penerbangan awak ke stasiun ruang angkasa.



(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler