Ingin Belajar Javascript? Yuk Coba Grasshopper, Game Mobile Buatan Google!

Geek Culture

Teknologi.id – Perkembangan teknologi informasi memunculkan berbagai jenis bahasa pemrograman baru. Bahasa pemrogaman di masa sekarang, sudah merupakan hal yang perlu untuk dipelajari.

Dengan mempelajari bahasa pemrograman, kita tidak hanya bisa membuat sebuah aplikasi maupun website, tetapi beruna juga untuk meningkatkan pola pikir kita secara logis.

Namun, bagaimana cara mempelajari bahasa pemrograman dengan menyenangkan? Google merilis sebuah game mobile yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Game dengan nama Grasshopper adalah sebuah game untuk mempelajari bahasa pemrograman javascript secara lebih menyenangkan.

Grasshopper merupakan game menyusun puzzle sambil belajar konsep pemrograman JavaScript. Game ini dapat dimainkan di Android maupun di iOS.

techcrunch

Dimainkan dengan cara menyusun puzzles berupa kumpulan code, dengan studi kasus tertentu tergantung dari tingkatan yang dilalui. Setiap tingkatan memiliki topik yang berbeda.

Selain itu game ini memiliki tahap quiz untuk menguji pengetahuan kita berdasarkan topik dari tingkatan tersebut. Dan di setiap tingkatan atau topik memiliki sebuah penjelasan singkat mengenai topik yang diangkat serta contoh dari code tersebut.

Grasshopper juga akan menawarkan serangkaian kursus, yang dimulai dengan tahap pertama yaitu “Fundamentals” di mana kita akan belajar bagaimana sebuah code bekerja.

Mulai dari variabel, string, fungsi, perulangan, array, conditional, operator dan objek yang akan dijelaskan secara bertahap.

Selanjutnya kamu akan belajar menggambar bentuk menggunakan library D3 dan membuat fungsi yang lebih kompleks menggunakan D3.

Grasshopper juga memiliki fitur dengan nama “Code Playground” dimana kita dapat membuat code kita sendiri. Dengan menginstal Grasshopper pada mobile kita, belajar bahasa pemrograman bisa menjadi hal yang menyenangkan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *