5 Aplikasi Terbaik untuk Belajar Pemrograman Di Android

Teknologi.id – Menjadi programmer pastinya impian setiap orang yang menggeluti dunia IT. Namun, di era digital ini rasanya kemampuan pemrograman dan coding haruslah dimiliki oleh setiap orang.

Bukan hanya programmer saja, bidang lain juga dibutuhkan kemampuan coding. Apalagi, sekarang Android semakin populer dan semakin banyak orang ingin mempelajari bagaimana cara membuat aplikasi pada Android.

Kali ini Teknologi.id akan membahas beberapa aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk belajar coding, berikut adalah daftarnya!

Learn Java

Yang pertama ada Learn Java. Aplikasi ini dibuat oleh SoloLearn yang bertujuan sebagai panduan untuk mempelajari bahasa pemrograman populer di dunia. Dalam aplikasi ini pegguna akan mendapatkan peringkat, poin, sehingga dapat bersaing dengan orang di seluruh dunia.

Learn Java, memberikan pelajaran yang mencakup dasar dari bahasa Java seperti variable, operator, array, class, dan object hingga mempelajari mengenai thread dan lainnya.

Udacity

Udacity merupakan tempat kursus untuk mempelajari bahasa pemrograman HTML, CSS, Javascript, Python, Java, dan lain-lain. Beberapa materi ada yang disediakan secara gratis, tapi ada pula yang berbayar.

Udacity menyediakan pembelajaran plus mentor khusus. Tentunya, mentor-mentor ini adalah para ahli atau pakar dari Facebook, Google, Cloudera, dan MongoDB.

AIDE- IDE for Android Java C++

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat langsung bereksperimen melalui smartphone sehingga akan lebih mudah mengerti. AIDE merupakan aplikasi yang memberikan fitur lebih dalam mempelajari bahasa pemrograman Android atau Java.

Pada aplikasi AIDE ini terdapat beberapa kategori pembelajaran di antaranya Java Skill, Android Development, Game Development, dan Android Wear Development. Sayangnya, aplikasi ini hanya menyertakan dua materi yang bisa diakses secara gratis

Programming Hub

Selanjutnya ada, Programming Hub. Pada aplikasi ini terdapat materi untuk 15 bahasa pemrograman yang diantaranya adalah Java, Python, HTML, dan PHP.

Fitur terbaru dari aplikasi ini adalah live online compiler yang berguna ketika pengguna melakukan eksperimen langsung dalam mempelajari bahasa pemrograman. Aplikasi ini menyediakan kuis dan turnamen dunia terkait mempelajari bahasa pemrograman menggunakan aplikasi Programming Hub.

Codebox

Codebox adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk belajar coding yaitu bahasa c dan java. Codebox memberikan materi dari mulai dasar sehingga pengguna akan mengerti apa itu algoritma, sorting, perbandingan, pencarian, dan lain-lain.

Selain itu, terdapat ringkasan pendek untuk setiap masalah yang sedang dipelajari oleh pengguna sehingga pengguna akan lebih memahami pemrograman Android atau Java

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *